Gelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana Mengobatinya

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Mei 2024

“Gelisah yang terjadi secara berulang berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Hubungi psikolog di Halodoc jika kamu terlalu sering mengalami gelisah.”

Gelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana MengobatinyaGelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana Mengobatinya

DAFTAR ISI

  1. Cara Sederhana untuk Mengatasi Rasa Gelisah
  2. Hubungi Psikolog di Halodoc Jika Sering Merasa Gelisah

Halodoc, Jakarta – Gelisah tanpa sebab merupakan hal yang sah-sah saja dialami oleh semua orang. Namun, jika kondisi ini sering terjadi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya kamu perlu berhati-hati. Kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. 

Cara Sederhana untuk Mengatasi Rasa Gelisah

Apabila kamu sering merasa gelisah, berikut langkah sederhana untuk mengatasinya:

1. Hilangkan beban pikiran

Ketika gelisah datang, seseorang akan merasa sulit menemukan kedamaian pada diri sendiri. Untuk meredakan gelisah yang kamu alami, hal yang bisa dilakukan adalah membuang pikiran yang tidak perlu. 

Pasalnya, tidak semua orang dapat memberikan energi positif, banyak dari mereka yang menyebarkan energi negatif yang berujung pada gelisah.

Dari sini, kamu harus bisa lebih bijak bertindak dan memilih lingkungan pertemanan yang baik.

2. Berdiam diri

Ketika gelisah yang datang tidak disertai dengan alasan yang jelas, sebaiknya kamu berdiam diri sejenak. Hal ini dilakukan untuk mengontrol hati dan pikiran dengan memusatkan perhatian dan mencari apa yang menjadi penyebab kegelisahan. 

Bisa jadi penyebab gelisah yang kamu alami bukanlah hal yang harus dipikirkan.

3. Jauhi lingkungan yang negatif

Rasa gelisah bisa saja datang dari lingkungan yang buruk. Untuk mencegahnya, salah satu cara mengobati gelisah dapat kamu lakukan dengan membentengi diri sendiri dari orang-orang yang merugikan. 

Dengan menjauhi orang-orang jenis ini, kamu akan terhindar dari rasa gelisah yang berkepanjangan.

4. Pelajari yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gelisah atau panik yang kerap kali muncul secara tiba-tiba. 

Dengan melakukan yoga, kamu akan mendapatkan ketenangan pikiran dan hati, sehingga kamu akan lebih santai dalam menghadapi masalah-masalahmu. Selain yoga, berikut 10 Teknik Relaksasi untuk Membantu Meredakan Gelisah yang kamu alami. 

5. Sukuri banyak hal

Menanamkan rasa syukur dapat kamu lakukan untuk menciptakan rasa tenang dalam diri. Hal ini dilakukan dengan cara memikirkan hal-hal baik yang sudah kamu peroleh, nikmat kesehatan, atau banyaknya orang-orang terkasih yang berada di sekitarmu.

6. Cari tahu penyebabnya

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mencari tahu tentang hal-hal apa yang menjadi penyebab rasa gelisah.

Ketika kamu mengetahuinya, kamu dapat mengatasi dan juga mengontrol perasaan yang bisa saja datang di saat yang tidak terduga.

7. Alihkan pikiran

Saat dilanda rasa gelisah, sebaiknya kamu mengalihkan pikiran dengan hal-hal positif lain, seperti yoga, mendengarkan musik, menonton film favorit, atau membaca buku. 

Pasalnya, rasa gelisah biasanya hadir karena ada suatu perasaan yang membuat kamu terus-menerus memikirkan hal yang sama.

8. Fokus selesaikan masalah

Kamu harus memiliki pikiran bahwa masalah yang kamu alami akan selesai dengan berjalannya waktu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan fokus mencari jalan keluar dengan baik.

9. Kontrol pikiranmu sendiri

Rasa gelisah datang dari sebuah pikiran yang tidak sehat. Hal tersebut menjadi masalah utama terjadinya rasa gelisah. 

Untuk mengatasinya, ketika kamu merasa gelisah secara tiba-tiba, sebaiknya jangan pernah membiarkan pikiran tersebut menguasai dirimu. Susah Mengalihkan Pikiran Negatif, Lakukan Hal Ini untuk mengatasinya. 

Masalah dapat terjadi pada siapapun, rasa khawatir dan gelisah juga wajar terjadi akan hal ini. Namun, jika gelisah sering muncul tanpa sebab, bisa jadi ada yang salah dengan kesehatan mentalmu

Hubungi Psikolog di Halodoc Jika Sering Merasa Gelisah

Kamu juga bisa konseling dengan psikolog di Halodoc apabila sering sekali merasa gelisah. Pasalnya, gelisah yang terjadi ini bisa memicu gangguan kecemasan jika terjadi berkepanjangan.

Gangguan kecemasan adalah masalah kesehatan mental yang bisa menghambat kehidupan kamu. Nah, psikolog di Halodoc dapat memberikan dukungan, penilaian, dan terapi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Berikut ini dokter jiwa dan psikolog berpengalaman yang bisa kamu hubungi. Mereka telah mendapatkan penilaian baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani

1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog

Kamu bisa menghubungi Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog. Ia merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana pada 2014 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada 2019.

Ia saat ini berpraktik di Tangerang Selatan, Banten. Ia juga masuk sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 4 tahun, beliau mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc cara mengatasi gelisah.

Ia bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, pekerjaan dan karier, adiksi, gangguan kecemasan, stres, dan depresi. 

Chat Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 80.000,- di Halodoc.

2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog lain yang bisa kamu hubungi, yaitu Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog. Ia adalah alumnus Fakultas Psikologi Universitas Brawijaya pada 2013 dan Universitas Indonesia YAI pada 2018.

Kini, ia berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Ia memiliki pengalaman 6 tahun sebagai psikolog, sehingga kamu bisa berdiskusi seputar tips mengatasi rasa gelisah di Halodoc.

Tak hanya itu, beliau juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, pengasuhan dan anak, gangguan mood, serta gangguan kecemasan.

Chat Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi

kamu bisa menghubungi Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma pada 2020 dan 2014.

Ia kini berpraktik di Depok, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 4 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling di Halodoc tentang cara mengatasi gelisah.

Beliau dapat memberikan konsultasi seputar masalah kesehatan mental lainnya, seperti keluarga dan hubungan, trauma, stres, gangguan kecemasan, pengasuhan dan anak, serta depresi. 

Chat Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. Adisti Natalia M.Psi, Psikolog

Adisti Natalia M.Psi, Psikolog merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma pada 2015 dan 2020.

Ia saat ini berpraktik di Bekasi, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis selama 4 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling di Halodoc terkait gelisah.

Ia bisa memberikan konsultasi seputar pengembangan diri, stres, gangguan kecemasan, depresi, gangguan mood, serta keluarga dan hubungan.

Chat Adisti Natalia M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

5. Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog

kamu dapat menghubungi Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2015 dan Universitas Gadjah Mada pada 2019.

Ia berpraktik di Semarang, Jakarta Pusat dan Depok. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, kamu bisa melakukan sesi konseling di Halodoc terkait cara mengatasi rasa gelisah.

Ia bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, gangguan kecemasan, pekerjaan dan karir, pengembangan diri dan gangguan mood.

Chat Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai psikolog yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang tips mengatasi gelisah.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Konsultasi di Halodoc juga aman dan privasi kamu pastinya terjaga.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2024. 8 Mood-Boosting Tips to Help Soothe Seasonal Affective Disorder.
Healthline. Diakses pada 2024. Do You Live with Anxiety? Here Are 11 Ways to Cope.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan