Gejala Kutil Kelamin Mengkhawatirkan? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Februari 2024

“Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seskual yang cukup berbahaya jika tak segera mendapat penanganan. Sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc untuk mengatasi masalah kutil kelamin.”

Gejala Kutil Kelamin Mengkhawatirkan? Segera Hubungi Dokter IniGejala Kutil Kelamin Mengkhawatirkan? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Perawatan Kutil Kelamin
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Kutil Kelamin
    1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E
    2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E
    3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    4. dr. Frieda Sp.D.V.E
    5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Kutil kelamin adalah salah satu jenis Infeksi Menular Seksual (IMS) yang umum dan disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Kutil ini biasanya menyerang jaringan lembap di area genital dan mungkin tampak berupa benjolan kecil berwarna kulit. 

Dalam banyak kasus, kutil terlalu kecil untuk terlihat tanpa pembesaran. Tak perlu khawatir akan penyakit ini, karena terdapat berbagai cara untuk penyembuhan kutil kelamin.

Perawatan Kutil Kelamin

Simak cara-cara perawatan kutil kelamin berikut ini: 

1. Pengobatan topikal

Metode ini melibatkan penggunaan krim atau cairan yang dioleskan langsung ke kutil secara teratur.

Kamu biasanya akan diminta dokter untuk memakainya beberapa hari selama rentang waktu tertentu menggunakan Beberapa Jenis Obat Kutil yang Aman untuk mengurangi ukuran dan keberadaannya.

2. Krioterapi

Metode krioterapi melibatkan penggunaan nitrogen cair yang diterapkan oleh seorang profesional kesehatan ke area kutil. 

Nitrogen cair menyebabkan pembentukan lepuh di sekitar kutil, yang akhirnya mengering dan rontok setelah beberapa sesi. 

3. Elektrokauter

Metode elektrokauter melibatkan penggunaan arus listrik setelah pemberian anestesi lokal. Anestesi dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pasien.

Ahli kesehatan menggunakan aliran listrik untuk menghilangkan kutil dengan menghancurkan jaringan yang terinfeksi. 

4. Pembedahan

Seringkali pembedahan menjadi opsi yang perlu kamu lakukan. Sebelum memulai prosedur, seseorang akan diberikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit. 

Kemudian, ahli bedah akan menghilangkan kutil secara langsung melalui prosedur pembedahan. 

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Kutil Kelamin

Jika kamu mengalami gejala kutil kelamin, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter yang dapat dipercaya melalui Halodoc

Kamu dapat menerima perawatan yang sesuai serta mendapatkan tambahan informasi yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi kamu. 

Berikut adalah daftar dokter yang memiliki pengalaman luas dalam menangani kasus serupa dan telah menerima ulasan positif dari pasien sebelumnya yang mereka layani:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Kamu bisa berkonsultasi dengan dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E apabila mengalami gejala kutil di alat kelamin. 

Ia merupakan lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada (2013) dan Universitas Hasanuddin pada (2022).

Dokter Dyah Ayu Nirmalasari praktik di daerah Bima, Nusa Tenggara Barat dan berpengalaman 10 tahun sebagai Spesialis Kulit dan Kelamin.

Ia juga aktif tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Ia bisa memberi saran terkait penyakit kulit dan kelamin, termasuk kutil kelamin dan lainnya.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Rekomendasi selanjutnya ada Dokter Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (2011) dan Universitas Udayana (2017). 

Saat ini, beliau aktif melaksanakan praktik di Denpasar, Bali, dan merupakan anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E menawarkan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit, termasuk kutil kelamin.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Berikutnya adalah dokter Dina Febriani Sp.D.V.E yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta (2009) dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (2023). 

Saat ini, beliau berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan tengah aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit dan kelamin yang dapat diandalkan.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan konsultasi terkait keputihan. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masalah reproduksi, termasuk kutil kelamin. 

Selain itu, dr. Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

5. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kutil kelamin dan masalah reproduksi lainnya. 

Chat 5. dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit dan kelamin di Halodoc yang dapat kamu hubungi untuk mendapatkan saran perawatan terkait kutil kelamin.

Jangan khawatir jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, karena kamu masih bisa membuat jadwal konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc

Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. What to know about genital warts.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Genital warts.
Health Direct. Diakses pada 2024. Genital warts.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan