Gaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Mei 2021
Gaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap DiabetesGaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Hidup dengan diabetes memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin dijalani. Jika pengidap diabetes ingin memiliki kualitas hidup yang baik dan terhindar dari berbagai komplikasi serius, kunci utamanya adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Disiplin dan konsisten adalah hal yang perlu dimiliki oleh pengidap diabetes dalam menjalani gaya hidup sehat. Namun, tak kalah penting untuk membekali diri dengan informasi seputar gaya hidup sehat seperti apa yang perlu dijalani. Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Amputasi pada Pengidap Diabetes Susah Sembuh, Benarkah?

Seperti Ini Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Diabetes

Secara umum, gaya hidup sehat biasanya mencakup pola makan bergizi seimbang, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup. Namun, bagi pengidap diabetes, ada beberapa hal penting yang perlu lebih diperhatikan, seputar pengaturan gaya hidup sehat. 

Berikut ini beberapa perubahan gaya hidup sehat yang perlu dijalani oleh pengidap diabetes:

1.Pola Makan Sehat 

Apa yang dikonsumsi, akan memengaruhi gula darah. Jadi, pengidap diabetes perlu benar-benar cermat memilih makanan. Pada dasarnya, tidak ada makanan yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi jika mengidap diabetes. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah porsinya, agar jangan berlebihan.

Berikut ini tips mengatur pola makan untuk pengidap diabetes:

  • Pilih karbohidrat yang lebih sehat. Misalnya biji-bijian seperti beras merah, gandum utuh, dan kacang-kacangan. Kurangi karbohidrat rendah serat seperti nasi putih dan roti putih.
  • Kurangi konsumsi garam. Asupan garam berlebih dapat memicu hipertensi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika sudah mengidap diabetes, kamu lebih berisiko terhadap semua kondisi tersebut. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi asupan garam tidak lebih dari 6 gram atau satu sendok teh dalam sehari. 
  • Kurangi daging merah dan olahan. Misalnya daging sapi, domba, ham, dan sosis, bisa meningkatkan risiko masalah jantung. Jadi, cobalah kurangi dan ganti daging merah dengan sumber protein lain, seperti unggas, telur, ikan, dan kacang-kacangan.
  • Makan buah dan sayur lebih banyak. Buah dan sayur membantu pengidap diabetes mendapatkan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. 
  • Pilih sumber lemak sehat. Sering dicap “jahat”, padahal tubuh perlu asupan lemak. Hanya saja, alangkah lebih baik jika mendapatkannya dari sumber yang lebih sehat, seperti biji-bijian, alpukat, ikan berminyak, minyak zaitun, atau minyak bunga matahari. 
  • Kurangi gula tambahan. Meski sulit, penting bagi pengidap diabetes untuk mengurangi asupan gula tambahan dari makanan dan minuman. Sebagai pilihan yang lebih sehat, kamu bisa mencoba pemanis rendah atau nol kalori yang banyak dijual di pasaran. 
  • Cerdas memilih camilan. Pengidap diabetes masih boleh mengonsumsi camilan, kok. Namun, pilihlah yang sehat, rendah gula dan lemak, seperti yoghurt, kacang tawar, biji-bijian, dan sayuran. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi camilan seperti keripik atau cokelat. 
  • Perhatikan konsumsi alkohol. Mungkin lebih mudah untuk mengontrol gula darah jika tidak terlalu banyak minum bir, anggur, dan minuman keras lainnya. Hal ini karena minuman beralkohol mengandung banyak gula. Jadi, sebisa mungkin hindari atau setidaknya batasi konsumsi minuman beralkohol, ya. 

Baca juga: 6 Tips untuk Mengobati Luka pada Pengidap Diabetes

2.Olahraga Rutin

Selain mengatur pola makan sehat, penting bagi pengidap diabetes untuk olahraga secara rutin. Namun, kamu tidak harus bergabung dengan gym dan melakukan cross-training. Cukup jalan kaki, bersepeda, yoga, atau mengikuti tutorial senam di internet.

Berolahragalah setiap hari, setidaknya 30 menit, untuk membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan gula darah. Bonusnya, kebiasaan baik ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi stres, lho. 

3.Kelola Stres 

Ketika sedang stres, kadar gula darah berisiko naik. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik jika mengidap diabetes. Temukan cara untuk menghilangkan stres, seperti latihan pernapasan dalam, yoga, atau melakukan hobi yang membuat rileks.

4.Berhenti Merokok 

Mengidap diabetes tetapi kamu adalah seorang perokok? Sebaiknya pertimbangkan untuk berhenti. Diabetes membuat pengidapnya lebih mungkin memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki. 

Jika kamu juga memiliki kebiasaan merokok, tentunya peluang untuk mendapatkan berbagai masalah kesehatan tersebut jadi meningkat dua kali lipat. Selain itu, merokok juga dapat mempersulit kemampuan untuk olahraga. Jadi, cobalah untuk mulai berhenti merokok.

Baca juga: Simak Cara Mencegah Amputasi pada Pengidap Diabetes

5.Lakukan Pemeriksaan Rutin 

Temui dokter untuk melakukan pemeriksaan setidaknya dua kali setahun. Diabetes meningkatkan peluang untuk terkena berbagai penyakit, sehingga cobalah untuk melakukan pemeriksaan lain selain gula darah, seperti pemeriksaan jantung, kolesterol, tekanan darah, dan mata. 

Periksa juga apakah terdapat luka di kaki. Sebab, pada pengidap diabetes, luka di kaki bisa jadi lama sembuhnya dan berisiko menimbulkan masalah serius. Jika ingin melakukan pemeriksaan, gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, agar mudah dan tidak perlu lama mengantri.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. 6 Lifestyle Changes to Control Your Diabetes.
American Heart Association. Diakses pada 2021. Living Healthy with Diabetes.
Diabetes UK. Diakses pada 2021. 10 Tips For Healthy Eating With Diabetes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan