Fungsi Asam Lemak Esensial pada Ikan untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Februari 2023

“Asam lemak esensial sangat dibutuhkan tubuh untuk untuk fungsi sistem tubuh kita. Asam lemak bisa didapatkan dari mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega-3”.

Fungsi Asam Lemak Esensial pada Ikan untuk Kesehatan TubuhFungsi Asam Lemak Esensial pada Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Sejak kecil mungkin kita sudah tidak asing dengan asam lemak ikan, bahkan terkadang orang tua sering menyuruh anaknya untuk mengonsumsi lemak ikan. 

Asam lemak ikan juga sering dijumpai dalam vitamin dan kapsul yang dijual di pasaran, yang dipercaya bagus untuk pertumbuhan anak dan kesehatan jantung. Namun, sebenarnya apa sih asam lemak esensial dan fungsinya untuk kesehatan tubuh kita?  

Mengenal Asam Lemak Esensial

Asam lemak diperlukan manusia untuk menjalankan fungsi sistem dalam tubuh. Ada dua jenis asam lemak yaitu lemak esensial dan nonesensial. Perbedaan keduanya adalah asam lemak esensial hanya bisa didapatkan dari sumber makanan, sedangkan asam lemak nonesensial bisa diproduksi oleh tubuh. 

Tubuh kita dapat membuat asam lemak nonesensial dengan mengubah asam amino dalam makanan yang dikonsumsi, sedangkan asam esensial tidak bisa dibuat oleh tubuh manusia.

Terdapat dua jenis asam lemak esensial yaitu asam lemak omega-6 dan asam lemak yang sangat terkenal yaitu omega-3. Kedua omega ini sangat diperlukan untuk tubuh kita. Omega-3 dan omega-6 membuat senyawa yang disebut eikosanoid, tetapi eikosanoid dari omega-3 dan omega-6 memiliki fungsi dan berasal dari sumber makanan yang berbeda. 

Asam lemak omega-3 berfungsi meningkatkan kesehatan jantung dan biasanya didapatkan dari protein hewani seperti ikan. Sementara itu, eikosanoid dari omega-6 berfungsi meningkatkan respons kekebalan, peradangan, dan tekanan darah. Umumnya didapatkan dari sumber nabati seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

 Dalam omega-3 terdapat tiga jenis asam lemak yaitu:

  • EPA (asam eicosapentaenoic). EPA adalah “omega-3 laut” karena ditemukan pada ikan.
  • DHA (asam dokosaheksaenoat). DHA juga merupakan omega-3 laut yang ditemukan pada ikan.
  • ALA (asam alfa-linolenat). ALA adalah bentuk omega-3 yang ditemukan pada tanaman.

Fungsi Asam Lemak pada Ikan

Selama bertahun-tahun American Heart Association merekomendasikan agar orang mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu, sebagai sumber makanan sehat yang kaya akan lemak tak jenuh.

Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, sehingga tubuh dapat terlindung dari risiko penyakit jantung dan stroke. Nah, berikut fungsi lemak omega-3 dalam menjaga kesehatan jantung:

  • Menurunkan trigliserida.
  • Menurunkan sedikit tekanan darah.
  • Mengurangi pembekuan darah.
  • Menurunkan resiko stroke dan gagal jantung.
  • Meningkatkan kolesterol HDL.
  • Mengurangi detak jantung yang tidak teratur

Selain fungsinya yang sangat bagus untuk kesehatan jantung, omega-3 juga dapat membantu mengendalikan lupus, eksim, dan artritis rheumatoid. Menurut sebuah penelitian, omega-3 juga dapat berfungsi untuk mencegah penyakit usus, asma, dan beberapa kondisi kesehatan mental.

Jenis Ikan yang Mengandung Asam Lemak Esensial 

Sumber asam lemak esensial sebenarnya bisa didapat dari makanan hewani atau nabati. Akan tetapi, sebagian besar penelitian lebih sering merujuk sumber hewani terutama ikan, sebagai makanan yang kaya akan asam lemak esensial atau omega-3. Berikut jenis-jenis ikan dan kandungan omega-3 nya dalam setiap 3 ons:

  • Salmon = 1,7 gram
  •  Sarden = 0,8 gram
  • Makarel = 2,0 gram
  • Ikan Herring = 1,3 gram
  • Tuna = 0,5 gram

FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, merekomendasikan ikan sebagai bagian dari pola makan sehat untuk sebagian besar orang. Umumnya orang dewasa harus makan setidaknya 8 ons atau dua porsi ikan kaya omega-3 dalam seminggu.

Untuk ibu hamil atau ibu menyusui penting sekali mengonsumsi ikan agar kesehatan jantung tetap terjaga. Ibu bisa memilih ikan dengan kandungan merkuri yang lebih rendah seperti salmon dan udang. Sementara itu untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, juga disarankan mengonsumsi ikan. 

Namun perlu diperhatikan, sama seperti bumil dan busui, ikan yang dikonsumsi anak-anak harus yang memiliki kadar merkuri yang rendah. Anak-anak dapat mengkonsumsi ikan sekali atau dua kali dalam seminggu. 

Begitulah fungsi lemak esensial pada ikan yang sangat bagus untuk tubuh. Selain dari makanan bergizi seimbang, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk menunjang kesehatan tubuh. Yuk cek kebutuhan vitamin dan obat lewat Halodoc. Jangan lupa juga download Halodoc untuk info kesehatan lain yang lebih akurat. 

Referensi:
Medicalnewstoday. Diakses pada 2023. What to know about essential fatty acids.
Mayoclinic. Diakses pada 2023. Omega-3 in fish: How eating fish helps your heart.
Clevelandclinic. Diakses pada 2023. Omega-3 Fatty Acids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan