Folikulitis Bikin Gatal dan Nyeri? Dokter Ini Paham Pengobatannya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Mei 2024

“Folikulitis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada folikel rambut. Hubungi dokter di Halodoc untuk bantu beri perawatan pada folikulitis.”

Folikulitis Bikin Gatal dan Nyeri? Dokter Ini Paham PengobatannyaFolikulitis Bikin Gatal dan Nyeri? Dokter Ini Paham Pengobatannya

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Folikulitis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada folikel rambut, yaitu struktur kecil dalam kulit tempat rambut tumbuh. 

Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, atau bahkan iritasi fisik. Gejalanya mirip dengan jerawat dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau gatal.

Terdapat berbagai jenis folikulitis, masing-masing dengan penyebab, organisme penyebab, dan dampak yang berbeda pada kulit. 

Folikulitis bisa dipicu oleh aktivitas sehari-hari seperti bercukur, mandi air panas, dan berkeringat berlebihan saat berolahraga atau bekerja di luar.

Folikulitis pun bisa muncul di area tubuh manapun yang memiliki rambut. Lokasi yang umum meliputi wajah, lengan, punggung bagian atas, dan kaki bagian bawah.

Rekomendasi Dokter Kulit Untuk Bantu Atasi Folikulitis

Jika kamu atau orang terdekatmu mengalami masalah folikulitis yang mengganggu, hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis tepercaya untuk konsultasi dan perawatan mengatasi folikulitis.

Nah, berikut ini adalah dokter spesialis kulit di Halodoc telah berpengalaman dalam mengatasi berbagai masalah kulit serta mendapat rating positif dari pasien yang pernah mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Kamu dapat menghubungi dr. Dyah Ayu Nirmalasari, Sp.D.V.E, seorang dokter yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 2013 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2022. 

Saat ini, ia aktif berpraktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan merupakan anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman 10 tahun sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dyah Ayu Nirmalasari, Sp.D.V.E, dapat memberikan konsultasi melalui Halodoc untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk folikulitis.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jika kamu menemukan Muncul Benjolan Merah di Kepala, Waspada Folikulitis.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Selanjutnya, ada dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E., yang menyelesaikan pendidikannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2011 dan Universitas Udayana pada tahun 2017. 

Saat ini, ia berpraktik medis di Denpasar, Bali, dan merupakan anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E, menyediakan layanan konsultasi di Halodoc untuk merawat berbagai masalah kulit, termasuk folikulitis.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kamu juga dapat menghubungi dr. Dina Febriani, Sp.D.V.E., yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada tahun 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 2023. 

Saat ini, dr. Dina Febriani aktif berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman 14 tahun, ia menyediakan layanan konsultasi di Halodoc untuk berbagai macam masalah kulit, termasuk iritasi kulit dan folikulitis. 

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Pilihan dokter berikutnya adalah dr. Frieda, Sp.D.V.E., yang merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada tahun 2015 dan mendapatkan gelar spesialis dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 2022. 

Saat ini, ia aktif berpraktik di Bogor, Jawa Barat, dan merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman 8 tahun, dr. Frieda, Sp.D.V.E, menyediakan layanan konsultasi di Halodoc untuk berbagai masalah kulit, termasuk folikulitis.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Punya masalah rambut rontok? Simak 6 Cara Alami Merawat Rambut Rontok berikut ini.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dr. Ryski Meilia Novarina, Sp.D.V.E., yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2010 dan Universitas Airlangga pada tahun 2016. 

Saat ini, dr. Ryski Meilia Novarina berpraktik medis di Gresik, Jawa Timur, dan merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina menyediakan layanan konsultasi di Halodoc yang tepercaya untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk folikulitis.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai rekomendasi dokter spesialis yang dapat dihubungi melalui Halodoc untuk mendapatkan konsultasi dan perawatan terkait folikulitis.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Yuk, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Folliculitis: Appearance, Causes, Symptoms & Treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Folliculitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan