Fakta Menarik Mengenai Anjing Jack Russell Terrier

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 November 2021
Fakta Menarik Mengenai Anjing Jack Russell TerrierFakta Menarik Mengenai Anjing Jack Russell Terrier

“Sangat menyukai petualangan dan hal baru yang seru, begitulah anjing Jack Russell Terrier dikenal. Anjing ini punya karakter kuat, tetapi tetap membutuhkan latihan dan olahraga yang intens secara rutin. Ketahui banyak fakta menarik lainnya dari anjing ini.”

Halodoc, Jakarta – Tidak banyak yang tahu bahwa anjing Jack Russell Terrier merupakan anjing ras yang cukup populer di kalangan orang-orang yang memiliki kuda. Sebab, siapa sangka kalau anjing ini senang sekali menghabiskan waktu mereka di area sekitar kandang kuda dan mengikuti pemiliknya menunggang kuda keluar kandang dengan hewan tinggi besar ini. 

Anjing Jack Russell Terrier dipercaya sebagai salah satu trah anjing kecil yang paling tangkas dan aktif di seluruh dunia. Mulanya, anjing ini dikembangkan di Inggris, tepatnya pertengahan tahun 1800-an. Lalu, ras anjing ini hanya diakui sebagai anjing ras keturunan sejak tahun 2016 oleh UK Kennel Club. Pasalnya, anjing Jack Russell Terrier disebutkan sebagai jenis, bukan sebagai ras karena banyaknya jenis anjing yang disebutkan sebagai Jack Russell Terrier itu sendiri.  

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Fakta Unik Anjing Jack Russell Terrier

Namun, anjing ini tetap memiliki banyak hal menarik pada dirinya, baik kepribadiannya, karakteristiknya, maupun kebiasaan yang perlu diketahui oleh pemiliknya. Jadi, jika kamu berniat menjadikan anjing Jack Russell Terrier sebagai hewan peliharaan, ketahui berbagai fakta menarik berikut ini. 

  • Anjing Berkaki Pendek yang Bisa Melompat

Tahukah kamu kalau anjing Jack Russell Terrier bisa melompat hingga setinggi lima kaki? Bahkan, anjing ini juga dikenal baik karena punya kekuatan yang menakjubkan. Mereka bisa berlari jarak jauh, bahkan menggali di bawah tanah dan menunggu berhari-hari untuk mengejar mangsanya. Namun, sebenarnya ini tidak dianjurkan karena bisa berujung dehidrasi pada anjing. 

  • Rawan Mengalami Tuli Secara Genetik

Bulunya yang berwarna putih dikaitkan dengan gen pigmentasi yang berhubungan dengan gangguan pendengaran, yaitu tuli. Namun, benarkah semua anjing ras ini memiliki kecenderungan dan risiko yang sama besarnya untuk mengalami masalah kesehatan tersebut? Ternyata, belum tentu. 

Studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyebutkan, prevalensi ketulian pada anjing trah ini bahkan lebih rendah dari sebelumnya. Meski begitu, tetap perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin, terlebih pada kesehatan telinganya untuk mengetahui apakah anjing ini berisiko mengalami hilang pendengaran. 

Kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji berobat di rumah sakit atau klinik hewan terdekat. Jadi, jangan sampai lupa untuk download aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Cocok untuk Menemani Berolahraga

  • Keberanian yang Luar Biasa

Jack Russells Terrier biasanya hangat dan ramah dengan manusia, termasuk orang asing, dan sangat setia kepada pemiliknya. Namun, mereka justru sedikit kurang ramah dengan anggota spesiesnya sendiri alias sesama anjing. Jangan salah, anjing ini juga punya keberanian yang luar biasa. 

  • Anjing yang Mudah Bosan

Energi anjing Jack Russell Terrier yang tidak terbatas dan karakternya yang sangat aktif menuntut pemiliknya untuk selalu terlibat, penuh perhatian, dan pastinya sama aktif dengan anjing peliharaan mereka. Tidak adanya ruang dan waktu yang cukup untuk berlari dan menghabiskan energi membuat anjing ini cenderung menjadi cemas, depresi, bahkan destruktif. 

Selain itu, anjing cerdas ini juga membutuhkan banyak stimulasi untuk kesehatan mental mereka. Jadi, apabila kamu harus atau terpaksa terpisah dari anjing ini selama beberapa hari, pastikan ada orang lain yang merawatnya atau bisa kamu titipkan di penitipan hewan untuk menjaga mereka. 

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

  • Suka Menggali

Tahukah kamu kalau anjing kecil yang lincah ini sangat suka menggali? Seperti halnya jenis Terrier lain, Jack Russell sangat senang menggali dan membuat banyak lubang dalam waktu yang sangat singkat. Sayangnya, akan lebih mudah untuk melatih anjing ini menggali pada area tertentu, dibandingkan dengan menghentikan hobi mereka yang satu ini. 

Meski begitu, anjing ini juga rawan terserang beberapa jenis penyakit, termasuk tumor, radang sendi, alergi, infeksi telinga, dan hipotiroidisme. Jadi, selalu pastikan kamu membawanya ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

PetHealthZone. Diakses pada 2021. 5 Things You Didn’t Know About Jack Russell Terriers.

The Dog People. Diakses pada 2021. 6 Facts That Jack Russell Terrier Fans Know by Heart.

Royal Canin. Diakses pada 2021. Jack Russell Terrier.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan