Digigit Kelabang, Ini Penanganan yang Bisa Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2022

“Jika tidak ada komplikasi, penanganan digigit kelabang fokus pada menghilangkan gejala dan dapat diobati di rumah. Salah satu caranya adalah dengan memaparkan suhu panas pada gigitan secepat mungkin.”

Digigit Kelabang, Ini Penanganan yang Bisa DilakukanDigigit Kelabang, Ini Penanganan yang Bisa Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Kelabang atau lipan adalah serangga karnivora yang memiliki banyak kaki. Alhasil, serangga ini kerap kali disebut sebagai kaki seribu oleh kebanyakan orang. Sebenarnya serangga ini cenderung tidak berbahaya dan tidak agresif terhadap manusia. Namun, sayangnya kelabang berpotensi menggigit manusia jika tidak sengaja terinjak atau merasa terancam. 

Nah, digigit kelabang sebenarnya tidak mengancam keselamatan jiwa. Namun, hal ini dapat menimbulkan sensasi menyakitkan dan ketidaknyamanan. Lantaran kelabang memiliki bisa yang dapat melumpuhkan tubuh mangsanya, yaitu serangga seperti cacing. 

Karena itu, penting untuk mengetahui penanganan yang dapat dilakukan jika digigit oleh serangga ini. 

Kenali Dulu Gejalanya

Gigitan kelabang dapat diidentifikasi dengan dua bekas tusukan di mana serangga tersebut menyuntikkan racunnya ke dalam kulit. Nah, area di sekitar gigitan tersebut bisa menjadi merah dan bengkak. Sementara itu, jumlah rasa sakit yang dirasakan akan ditentukan oleh jumlah racun yang disuntikkan ke dalam gigitan.

Kelabang yang lebih kecil menghasilkan racun yang sangat sedikit. Gigitan mereka mungkin sebanding dengan sengatan lebah dalam hal rasa sakit. Namun, kelabang yang lebih besar dapat menghasilkan lebih banyak racun, sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Rasa sakit, kemerahan, dan bengkak akan segera muncul pasca gigitan. Gejala-gejala ini dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung dari ukuran dan jenis kelabang yang menggigit.

Selain itu, ada juga beberapa gejala lain yang dapat terjadi dan mengindikasikan reaksi alergi yang parah, termasuk:

  • Demam.
  • Panas dingin.
  • Mual.
  • Pembengkakan ekstrem di lokasi gigitan.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Adanya palpitasi jantung.
  • Kulit area gigitan terasa gatal.

Baca lebih lengkap: 11 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit

Penanganan Digigit Kelabang

Gigitan kelabang mungkin terlihat mirip dengan gigitan serangga lain yang lebih berbahaya. Jika kamu tidak yakin dengan apa yang dialami, segera temui dokter, terutama jika gejala yang dirasakan parah. Jika tidak ada komplikasi, pengobatan untuk gigitan kelabang fokus pada menghilangkan gejala, dan dapat diobati di rumah:

  • Paparkan suhu panas pada gigitan secepat mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan membenamkan luka dalam air panas atau menggunakan kompres panas. Tujuannya untuk mengencerkan racun yang masuk ke dalam aliran darah.
  • Kamu juga dapat menggunakan kompres es untuk mengurangi pembengkakan.
  • Gunakan obat untuk mengurangi rasa sakit, reaksi alergi, dan peradangan. Obat-obatan ini termasuk antihistamin, anestesi, dan obat antiinflamasi.
  • Gigitan kelabang adalah luka, sehingga penting untuk menghindari risiko infeksi yang dapat terjadi. Pastikan untuk menggunakan antibiotik topikal dan jaga agar situs tetap bersih dan tertutup.

Jika gejala sangat parah atau tidak membaik dalam beberapa hari, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sebab, luka gigitan serangga ini mungkin sudah memerlukan kortikosteroid yang diresepkan untuk meredakannya.

Selain gigitan kelabang, gigitan ular juga tak kalah berbahaya. Mau tahu cara pertolongan pertamanya? Baca di artikel ini: “Ketahui Pertolongan Pertama saat Tergigit Ular Cobra

Adakah Komplikasi yang Dapat Terjadi?

Komplikasi dari gigitan kelabang dapat terjadi akibat infeksi atau kerusakan pada kulit dan jaringan tempat gigitan terjadi. Dokter mungkin akan memberikan suntikan tetanus pada seseorang yang digigit kelabang. Dokter juga akan meresepkan antibiotik jika infeksi dicurigai terjadi akibat gigitan kelabang.

Di samping itu, komplikasi lain berupa reaksi alergi yang semakin parah juga dapat terjadi. Misalnya seperti rasa gatal yang hebat, pusing, gatal-gatal, atau ruam yang menyebar. 

Itulah beberapa penanganan yang dapat dilakukan jika kamu digigit kelabang. Jika gigitan kelabang membuatmu mengalami pembengkakan pada bibir, tenggorokan, mulut, atau lidah, segeralah hubungi dokter di Halodoc. Sebab, penanganan yang dilakukan sedari dini melalui tindakan medis tentunya dapat membantu meminimalkan risiko komplikasi. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Identifying and Treating a Centipede Bite. 
WebMD. Diakses pada 2022. How to Care for Centipede Bites. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan