Cicip Berbagai Jenis Teh untuk Berbuka Puasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 April 2022

“Terdapat beberapa jenis teh herbal yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk berbuka puasa. Salah satunya seperti teh chamomile yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur, karena kandungan apigeninnya.”

Cicip Berbagai Jenis Teh untuk Berbuka PuasaCicip Berbagai Jenis Teh untuk Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Teh merupakan salah satu jenis minuman yang lazim dijadikan sebagai menu favorit berbuka puasa, khususnya di Indonesia. Sebab, minuman yang satu ini dapat disajikan dalam keadaan hangat atau dingin, tawar maupun manis. 

Nah, jika kamu merupakan salah satu pecinta teh dan sedang bosan dengan teh konvensional, ada beberapa jenis teh herbal yang dapat kamu coba untuk berbuka puasa. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini! 

Rekomendasi Teh untuk Berbuka Puasa

Teh dalam jenis-jenis tertentu memiliki kandungan antioksidan tinggi dan diyakini berkhasiat dalam membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mencegah kantuk. Beberapa manfaat ini kemungkinan merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai minum teh.

Berikut adalah jenis-jenis teh yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan saat berbuka puasa, antara lain: 

1. Teh Kamomil

Teh kamomil (chamomile tea) merupakan teh yang terbuat dari bunga kamomil yang telah dikeringkan. Teh tersebut memiliki rasa khas dengan aroma bunga yang menenangkan. Namun, tak hanya itu, teh ini juga diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan potensial jika dikonsumsi.  

Salah satunya seperti meningkatkan kualitas tidur, karena kandungan apigeninnya. Apigenin ini adalah antioksidan pengikat reseptor tertentu di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia, atau ketidakmampuan kronis untuk tidur. 

Di samping itu, teh ini juga bersifat anti inflamasi sehingga diyakini dapat melindungi terhadap diare, hingga sakit maag. Meski begitu, penelitian lebih mendalam mengenai manfaat teh kamomil masih diperlukan. Namun, tak ada salahnya untuk menggunakan teh ini sebagai salah satu minuman saat berbuka.  

2. Teh Jahe

Terkadang saat menjalani ibadah puasa, kamu suka merasa pusing atau masuk angin. Hal ini dapat disebabkan oleh tubuh yang tidak menerima asupan makanan dan minuman selama satu hari penuh. Nah, untuk mengembalikan tubuh kamu kembali segar dan bugar, kamu bisa mencoba menikmati teh jahe sebagai salah satu menu berbuka puasa kamu.

Jangan lupa pilih teh jahe yang hangat dan tambahkan madu untuk mendapatkan rasa manis. Selain bisa mengembalikan energi kamu, mual-mual yang kamu rasakan juga bisa hilang dengan mengonsumsi teh madu saat berbuka puasa.

 3. Teh Putih atau White Tea

Teh putih merupakan satu-satunya teh yang paling sedikit mengalami proses pengolahan. Alhasil, teh putih dianggap sebagai teh yang paling murni dan memiliki antioksidan yang lebih banyak dibanding jenis teh lainnya. Jenis teh yang satu ini juga memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis sehingga cukup banyak disukai oleh pecinta teh, khususnya untuk berbuka puasa.

Menariknya lagi, teh putih juga diduga kuat bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Maka dari itu, minuman yang satu ini cocok dijadikan sebagai pilihan saat berbuka puasa. 

4. Teh Oolong

Dibandingkan dengan teh hijau atau teh merah, teh oolong sepertinya belum terlalu dikenal di Indonesia. Padahal, jika dilihat dari manfaat untuk kesehatan, teh oolong memiliki manfaat yang tidak kalah dengan jenis teh lainnya. Sebab, teh oolong memiliki kadar antioksidan cukup banyak jika dibanding dengan teh hijau atau teh hitam. Selain itu, teh oolong merupakan salah satu teh yang cukup aman di lambung. 

Jadi, jika kamu memilih teh oolong sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa, kamu tidak perlu khawatir lambung kamu akan sakit atau nyeri. Pasalnya, dalam teh oolong ada kandungan antioksidan L-theanine yang dapat digunakan sebagai proteksi untuk dinding lambung. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat memperkecil terjadinya kembung akibat kelebihan produksi asam lambung.

Itulah beberapa jenis teh yang dapat dijadikan sebagai pilihan menu untuk berbuka puasa. Mulai dari teh kamomil, teh jahe, teh putih, hingga teh oolong. Setiap jenis teh tersebut tentunya memiliki manfaat dan aroma yang berbeda antara satu dengan lainnya. 

Namun apapun pilihanmu, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi teh saat berbuka puasa, ya. Sebab, kadar kafein dalam teh yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat lambung kamu yang kosong menjadi sakit. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar asupan sehat untuk berbuka puasa, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi untuk meminta saran medis yang tepat. Tentunya lewat fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 5 Ways Chamomile Tea Benefits Your Health.
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Ginger Tea?
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Impressive Benefits of White Tea.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Oolong Tea. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan