Cek Manfaat Asam Borat yang Digunakan untuk Telinga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 September 2022

“Asam borat bisa digunakan untuk mengobati infeksi telinga berkat efek asamnya. Cara kerjanya dengan menciptakan lingkungan yang asam, sehingga menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur di telinga.”

Cek Manfaat Asam Borat yang Digunakan untuk TelingaCek Manfaat Asam Borat yang Digunakan untuk Telinga

Halodoc, Jakarta – Asam borat atau yang dalam rumus kimia bernama H3BO3 adalah kombinasi senyawa seperti oksigen, boron, dan hidrogen. Jenis asam ini memiliki bentuk fisik berupa kristal tidak berwarna atau bubuk putih yang mudah larut dalam air.

Asam borat memiliki sifat antivirus, antiseptik, dan antijamur. Kandungan ini digunakan secara luas di berbagai bidang, antara lain medis, insektisida, industri, tenaga nuklir, dan sebagai bahan pembuat kembang api. 

Dalam bidang medis, asam borat sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi telinga. Yuk, simak manfaat asam borat untuk telinga lebih jauh di sini.

Manfaat Asam Borat untuk Telinga

Asam borat bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi telinga, baik pada manusia maupun hewan peliharaan. Salah satu jenis infeksi telinga yang bisa diobati oleh asam ini adalah infeksi saluran telinga luar atau otitis eksterna. Infeksi tersebut paling sering terjadi pada perenang, sehingga dijuluki juga telinga perenang. 

Saat kamu berenang, kamu berisiko terkena infeksi bila air kolam renang yang terkontaminasi tidak sengaja masuk ke dalam telinga. Selain itu, sisa air yang tertinggal di dalam telinga sehabis berenang, juga bisa menyebabkan kondisi saluran telinga menjadi lembab. Kondisi tersebut berpotensi membuat bakteri atau jamur mudah untuk bertumbuh. 

Gejala utama otitis eksterna adalah kemerahan di telinga bagian luar yang disertai dengan rasa hangat dan nyeri. Nah, masalah pada telinga tersebut bisa diatasi dengan asam borat.

Asam borat bekerja dengan cara menciptakan lingkungan asam yang tidak disukai oleh mikroba, sehingga akan menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur, serta mematikan mereka. Asam borat juga bisa dikombinasikan dengan isopropil alkohol yang bermanfaat sebagai zat pengering, yang menghilangkan kelembaban dalam telinga yang mendorong pertumbuhan mikroba.

Selain mengobati otitis eksterna, manfaat asam borat juga bisa mengatasi otitis media supuratif kronis (OMSK). Ini adalah peradangan pada telinga tengah atau rongga mastoid yang persisten (terjadi terus menerus). 

OMSK merupakan penyakit menular dan paling sering menyerang anak-anak. Bila tidak diobati, penyakit telinga tersebut bisa menyebabkan banyak komplikasi, seperti pertumbuhan kulit secara tidak terkendali di belakang telinga, mastoiditis (infeksi bakteri pada tulang mastoid), petrositis (infeksi pada tulang temporal), dan labirintitis (radang telinga bagian dalam).

Sebenarnya komplikasi OMSK bisa dicegah dengan menggunakan antibiotik. Namun, penggunaan antibiotik secara terus menerus dalam waktu lama bisa menyebabkan resistensi organisme terhadap obat yang biasa digunakan.

Nah, larutan asam borat bisa menjadi alternatif antibiotik yang efektif dalam mengobati OMSK, berkat efek asamnya. Dari berbagai referensi mengenai kemanjuran asam borat dalam pengobatan OMSK, ditemukan bahwa asam borat relatif efektif dalam mengobati penyakit telinga tersebut, terutama pada konsentrasi tinggi. Penggunaan jenis asam tersebut juga sudah terbukti aman dalam penelitian pada hewan.

Waspadai Efek Sampingnya

Meski bermanfaat untuk mengatasi infeksi telinga, asam borat perlu digunakan dengan hati-hati. Pasalnya, konsentrasi tinggi dari asam tersebut bisa menyebabkan sejumlah efek samping merugikan, seperti sensasi terbakar, iritasi, alergi, hingga gangguan fungsi pendengaran. 

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan asam borat hanya bila dianjurkan dokter dan ikuti petunjuk pemakaiannya. Hindari menggunakan asam tersebut pada anak-anak.

Referensi:
Star Health. Diakses pada 2022. What is Boric Acid? – Benefits and Side Effects.
RX List. Diakses pada 2022. How Does Otic Boric Acid/Alcohol Work?.
Korean Journal of Family Medicine. Diakses pada 2022. Efficacy of Boric Acid as a Treatment of Choice for Chronic Suppurative Otitis Media and Its Ototoxicity
Repository Universitas Hasanudin. Diakses pada 2022. Studi Literatur Mengenai Tingkat Kejadian Komplikasi Terhadap Karakteristik Penderita Otitis Media Supuratif Kronik.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan