Cek Fakta: Masker Shea Butter untuk Kulit Glowing saat Lebaran

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 April 2022

“Menggunakan masker shea butter pada wajah ternyata dapat mengencangkan dan menenangkan kulit. Dengan begini, kulit glowing saat hari Lebaran pun bisa kamu dapatkan.”

Cek Fakta: Masker Shea Butter untuk Kulit Glowing saat LebaranCek Fakta: Masker Shea Butter untuk Kulit Glowing saat Lebaran

Halodoc, Jakarta – Selain makanan dan baju Lebaran, hati yang bersih juga perlu dipersiapkan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri esok hari. Nah, yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan diri agar penampilan kulit glowing saat Lebaran. 

Kamu bisa memilih shea butter sebagai masker wajah. Shea butter adalah lemak yang diekstraksi dari kacang pohon shea. Warnanya putih pucat atau putih gading dan memiliki konsistensi krim yang mudah menyebar dan meresap di kulit. Konsentrasi tinggi asam lemak dan vitamin membuat shea butter menjadi bahan perawatan kulit yang ideal untuk melembutkan kulit. 

Lantas, benarkah masker shea butter bisa membuat kulit glowing saat Lebaran? Ini faktanya!

Manfaat Masker Shea Butter untuk Kulit Glowing saat Lebaran

Shea butter nyatanya memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan. Penggunaan masker shea butter pada wajah dapat mengondisikan, mengencangkan, dan menenangkan kulit. Alhasil, kulit glowing saat lebaran pun bisa kamu dapatkan.

Nah, berikut ini manfaat masker shea butter yang perlu kamu ketahui:

1. Tidak membuat kulit berminyak

Walaupun memiliki konsistensi krim shea butter ternyata cocok untuk kulit berminyak. Shea butter mengandung asam linoleat dan asam oleat tingkat tinggi. Kedua asam ini saling menyeimbangkan. Karena inilah shea butter mudah diserap kulit dan tidak akan membuat kulit terlihat berminyak setelah diaplikasikan. 

2. Bersifat antioksidan

Shea butter memiliki kadar vitamin A dan E yang signifikan, yang berarti mampu meningkatkan aktivitas antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah agen antipenuaan yang penting. Mereka melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit yang tampak kusam.

3. Membantu mencegah jerawat

Shea butter kaya akan berbagai jenis asam lemak. Komposisi ini membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih pada wajah (sebum). Pada saat yang sama, shea butter akan mengembalikan kelembapan pada kulit dan menguncinya ke dalam epidermis.

Alhasil, kulit tidak mengering atau merasa kekurangan minyak alami. Hasilnya adalah pemulihan keseimbangan alami minyak di kulit, yang dapat membantu menghentikan jerawat sebelum muncul.

4. Membantu meningkatkan produksi kolagen

Masker shea butter juga mengandung triterpen. Senyawa kimia alami ini dianggap menonaktifkan penghancuran serat kolagen. Hal ini dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus dan menghasilkan kulit lebih kenyal. 

5. Melembapkan kulit kering

Tak hanya cocok untuk kulit berminyak, shea butter juga bisa dipakai untuk kulit kering. Kandungan asam lemak linoleat bersifat emolien sehingga tidak hanya menghidrasi kulit tapi juga menjaga kelembapan dalam kulit. Selain itu shea butter juga memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan akibat kulit kering.

6. Mendukung regenerasi sel

Sifat pelembab dan antioksidan dari shea butter bekerja sama untuk membantu kulit menghasilkan sel-sel baru yang sehat. Tubuh terus menerus membuat sel-sel kulit baru dan membuang sel-sel kulit mati. 

Dengan keseimbangan kelembapan yang tepat pada permukaan kulit, kamu akan memiliki lebih sedikit sel kulit mati dalam cara regenerasi sel baru di epidermis. 

7. Mengurangi munculnya garis halus dan kerutan

Dengan meningkatkan produksi kolagen dan mendukung regenerasi sel baru, shea butter dapat membantu mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus yang disebabkan oleh stres lingkungan dan penuaan pada kulit. 

8. Menenangkan eczema

Eczema merupakan kondisi kulit sensitif yang menyebabkan ruam merah dan gatal. Shea butter yang bersifat melembapkan dapat meringankan gejala eczema dan meningkatkan skin barrier. Shea butter juga tidak menimbulkan reaksi alergi sehingga aman untuk kulit sensitif.

9. Melindungi kulit dari sinar matahari

Shea butter tidak dapat digunakan sebagai tabir surya, tapi menggunakan shea butter pada kulit memang memberikan perlindungan tambahan dari bahaya paparan sinar matahari. Sebab shea butter diketahui mengandung SPF 3 hingga 4. 

Cara Membuat Masker Shea Butter di Rumah

Kamu bisa membuat masker wajah menggunakan shea butter dengan beberapa bahan lainnya. Sebelum itu, cuci muka terlebih dulu dengan krim pembersih atau air hangat. Untuk membuat masker shea butter sendiri, coba campurkan beberapa bahan, seperti:

  • 1 sendok makan (sdm) madu.
  • 3 hingga 4 tetes minyak biji anggur.
  • 1 sdm shea butter murni.

Aduk rata semua bahan ini dan oleskan ke wajah. Kemudian biarkan masker selama 10 hingga 12 menit, lalu bersihkan wajah dengan lembut menggunakan air hangat dan waslap untuk hasil terbaik.

Selain shea butter, kamu juga bisa mencoba resep masker alami lainnya agar wajah terlihat cerah saat lebaran, ketahui resepnya disini,  “Ingin Wajah Cerah? Coba Masker Alami Ini”.

Itulah manfaat shea butter yang dapat membuat kulit glowing. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan produk skincare dengan kandungan shea butter, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc kamu juga bisa mengakses produk skincare lainnya dengan mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, yuk download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Shea Butter for Your Face: Benefits and Uses
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the benefits of shea butter?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Shea Butter? 22 Reasons to Add It to Your Routine
Health.clevelandclinic. Diakses pada 2023. 6 Incredible Benefits of Shea Butter

Diperbarui pada 21 April 2023

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan