Cek Fakta: Kacang Hijau Berkhasiat untuk Penyakit Asam Lambung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2023

“Kacang hijau jadi salah satu bahan makan kaya nutrisi, yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit asam lambung. Namun bagi kamu pengidap sindrom iritasi usus, kandungan dalam kacang hijau bisa memicu reaksi lambung yang lebih parah.”

Cek Fakta: Kacang Hijau Berkhasiat untuk Penyakit Asam LambungCek Fakta: Kacang Hijau Berkhasiat untuk Penyakit Asam Lambung

Halodoc, Jakarta –  Ketidakseimbangan asam pada lambung dapat menyebabkan penyakit asam lambung. Kondisi ini bisa terjadi salah satunya karena faktor makanan. Misalnya saja makanan tinggi kandungan lemak dan minyak, yang membuat lambung menghasilkan lebih banyak asam. 

Nah, mengonsumsi kacang hijau selama ini dipercaya bisa bantu mengatasi kondisi asam lambung. Sebab, kacang hijau mengandung serat, yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja optimal. 

Fakta mengenai penyakit asam lambung

Asam lambung atau GERD merupakan suatu kondisi di mana ada cairan asam yang naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh seperti nyeri di ulu hati, serta heartburn.

Sebenarnya asam lambung memiliki banyak fungsi, di antaranya memecah makanan agar proses pencernaan makanan jadi lebih mudah. Serta membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih mudah, terutama saat makanan bergerak di saluran pencernaan. 

Nah, faktanya, beberapa jenis makanan bisa mengganggu keseimbangan asam di lambung. Misalnya saja makanan berlemak dan berminyak, yang bisa merangsang produksi asam lambung dan memicu GERD. 

Jika kamu mengalami asam lambung hingga membuat tubuh tidak nyaman, segera atasi dengan mengonsumsi sejumlah obat. Beberapa rekomendasi obatnya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh di Apotek”.

Benarkah Kacang Hijau Berkhasiat untuk Penyakit Asam Lambung?

Selama ini banyak orang percaya bahwa, kacang hijau bisa jadi salah makanan yang mampu mengatasi asam lambung. Benarkah demikian? 

Kacang hijau banyak mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, flavonoid, quercetin, dan kaempferol. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi kerusakan sel, serta dinilai aman untuk lambung.

Selain itu, kacang hijau juga kaya akan serat larut, yang bisa bantu meningkatkan kesehatan jantung, salah satunya dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Serat dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. 

Namun di sisi lain, kandungan serat tertentu juga bisa memicu gangguan pencernaan. Ini mungkin saja dialami oleh orang yang memiliki gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus. 

Biasanya gejala yang muncul berupa sakit perut, perut kembung, buang gas terus menerus, serta rasa tidak nyaman di usus. 

Cara Aman Mengonsumsi Kacang Hijau

Buat kamu pencinta kacang hijau, berikut ini cara aman mengonsumsinya: 

  • Batasi konsumsi kacang hijau dan pilihlah bahan makanan lain yang aman untuk lambung. 
  • Rendam kacang hijau sebelum dimasak, agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. 
  • Hindari mengonsumsi kacang hijau yang belum matang, karena bisa mengandung racun bernama lectin, yang menyebabkan keracunan makanan. 
  • Hindari mengonsumsi kacang hijau yang telah basi, karena biasanya mengandung jamur atau bakteri berbahaya untuk tubuh. 

Makanan yang Aman untuk Asam Lambung

Kacang hijau memang dikenal mengandung banyak nutrisi, salah satunya serat yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan sistem pencernaan dan mengatasi asam lambung. 

Namun tak hanya kacang hijau, ada juga beberapa makanan lain yang dinilai aman untuk asam lambung, antara lain:

  • Biji-bijian utuh seperti oat, couscous, dan beras merah.
  • Umbi-umbian seperti ubi jalar, wortel, dan bit.
  • Sayuran hijau seperti asparagus dan brokoli.
  • Makanan tinggi alkali seperti pisang, melon, dan bunga kol.
  • Makanan tinggi kandungan air seperti seledri, mentimun, selada, atau semangka.

Perlu diingat bahwa, diet seimbang dengan sayuran, protein, dan buah-buahan menjadi kombinasi makanan terbaik untuk pengidap asam lambung.

Jika kamu mengalami asam lambung dan membutuhkan saran medis terkait kondisi tersebut, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi ke dokter di Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2024. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).
Maharishi Ayurveda. Diakses pada 2024. Live life to the fullest with an Acid reflux diet.
Sweetish Hill. Diakses pada 2024. Is Mung Beans Good For Acid Reflux?
Medical News Today. Diakses pada 2024. Health benefits of mung beans.
Healthline. Diakses pada 2024. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. GERD (Chronic Acid Reflux).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan