Cek Fakta: Jahe Mampu Atasi Nyeri Asam Lambung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2022

“Bukan hanya mengatasi mual akibat penyakit asam lambung, kamu bisa mengurangi nyeri asam lambung menggunakan jahe. Berbagai kandungan dalam jahe mampu menurunkan gejala asam lambung yang kamu alami.”

Cek Fakta: Jahe Mampu Atasi Nyeri Asam LambungCek Fakta: Jahe Mampu Atasi Nyeri Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Asam lambung atau GERD adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa terbakar atau panas pada bagian dada. Selain itu, saat penyakit asam lambung kambuh, kondisi ini bisa memicu nyeri perut, mual, dan muntah.  

Mengatasi asam lambung bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan obat-obatan hingga penggunaan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan mengatasi gejala asam lambung adalah jahe. 

Yuk, simak ulasan mengenai manfaat jahe yang dinilai mampu mengatasi nyeri asam lambung dalam artikel ini!

Manfaat Jahe untuk Nyeri Asam Lambung

Ada banyak gejala yang dialami oleh pengidap asam lambung, seperti mual, muntah, dan nyeri perut. Gejala ini bisa menyebabkan gangguan makan dan mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak segera diatasi dengan baik. 

Berbagai obat-obatan bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala ini, ini rekomendasi obat asam lambung di apotek:

Namun, tentu tidak ada salahnya menggunakan bahan alami yang juga aman dalam mengatasi nyeri asam lambung. 

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri asam lambung.  Jahe memiliki kandungan fenolik yang mampu meredakan iritasi gastrointestinal dan mengurangi kontraksi lambung.

Hal ini menurunkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menurunkan risiko munculnya heartburn.

Selain itu, jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol. Kedua senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi nyeri perut akibat asam lambung. 

Kedua kandungan senyawa tersebut juga menyebabkan jahe terasa pedas sehingga baik untuk mengatasi gejala mual dan muntah. Bukan hanya pada pengidap asam lambung, tetapi jahe juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengatasi morning sickness di awal kehamilan.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merasakan manfaat jahe dalam mengatasi nyeri asam lambung. Kamu bisa menambahkan jahe ke dalam masakan sehari-hari, mengonsumsi rebusan air jahe yang ditambahkan madu, atau dimakan secara langsung. 

Jadi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi jahe untuk mengurangi nyeri asam lambung yang kamu rasakan. Namun, pastikan kamu mengonsumsi jahe dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan. 

Selain itu, mengonsumsi jahe berlebihan dapat menyebabkan kamu diare, perut kembung, hingga iritasi pada mulut. Untuk menghindari ini, cari tahu jumlah yang tepat dengan bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc.

Selain Jahe, Bahan Alami Ini Bisa Atasi Nyeri Asam Lambung

Jika nyeri asam lambung yang kamu rasakan masih terbilang ringan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi berbagai bahan alami lainnya yang bisa membantu mengatasinya, seperti:

1. Yogurt

Cobalah untuk mengonsumsi yogurt ketika kamu mengalami nyeri asam lambung. Namun, pilihlah yogurt tanpa tambahan pemanis atau gula. Yogurt dinilai menjadi salah satu makanan yang baik untuk atasi nyeri asam lambung atau gejala lain dari penyakit asam lambung, seperti heartburn.

Simak manfaat yogurt lainnya bagi kesehatan tubuh di artikel ini: “Kandungan Nutrisi dan 7 Manfaat Konsumsi Greek Yoghurt bagi Tubuh”.

2. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang bisa membantu menetralkan asam lambung dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Hal ini bisa membantu kamu untuk atasi nyeri asam lambung yang dialami.

3. Susu Almond

Jika kamu mengalami gejala asam lambung, sebaiknya hindari mengonsumsi susu yang memiliki kandungan lemak di dalamnya. Sebagai gantinya, susu almond bisa menjadi salah satu pilihan susu untuk dikonsumsi. Ini karena kandungan alkali pada susu almond bisa membantu menetralkan asam lambung.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk atasi nyeri asam lambung. Jika gejala dirasakan semakin memburuk dan tidak membaik dalam beberapa hari, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapatkan solusi pengobatan yang tepat.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2024. Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?
Medical News Today. Diakses pada 2024. What to Drink If You Have Acid Reflux?
National Center for Complementary and Integrative Health. Diakses pada 2024. Ginger.
Journal Food Science and Nutrition. Diakses pada 2024. Ginger in Gastrointestinal Disorders: A Systematic Review of Clinical Trials.
University of Rochester Medical Center. Diakses pada 2024. Ginger.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan