Cegah Bau Mulut, Ini Cara Membersihkan Lidah yang Benar

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 November 2022

“Selain gigi dan gusi, lidah juga perlu dibersihkan. Caranya bisa menggunakan alat pembersih khusus lidah, sikat gigi atau obat kumur.”

Cegah Bau Mulut, Ini Cara Membersihkan Lidah yang BenarCegah Bau Mulut, Ini Cara Membersihkan Lidah yang Benar

Halodoc, Jakarta – Bakteri dalam mulut bukan hanya berasal dari gigi dan gusi saja, tapi juga berasal dari permukaan lidah. Sayangnya, lidah salah satu bagian yang sering luput untuk dibersihkan. Padahal, plak-plak yang menempel berisiko menyebabkan infeksi di dalam mulut.

Plak terbentuk ketika campuran liur dan bakteri di lidah akan menempel satu sama lain. Lapisan ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan berkumur saja. Sebab, berkumur hanya membersihkan lapisan terluar plak, sedangkan bakteri di bawahnya masih tetap menempel di sela-sela permukaan lidah.

Ketika permukaan lidah cenderung retak atau berlekuk, plak bisa mengendap dan bakteri mudah bersembunyi di antara retakan tersebut. Bakteri juga bisa menempel di reseptor pengecap lidah yang bertekstur seperti kuncup berukuran sangat kecil. Itu sebabnya, kamu perlu membersihkan lidah secara rutin untuk menghilangkan bakteri tersebut.

Cara Tepat Membersihkan Lidah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan lidah, yaitu:

1. Menggunakan alat pembersih lidah

Melansir dari Healthline, penelitian mengungkapkan kalau pembersih lidah lebih efektif daripada sikat gigi untuk mengurangi senyawa belerang memicu bau mulut. Berikut langkah-langkah membersihkan lidah dengan alat pembersih khusus:

  • Pilih alat penggores lidah yang plastik atau logam. Alat ini umumnya dapat ditekuk menjadi dua membentuk V atau memiliki pegangan dengan ujung membulat di bagian atas.
  • Julurkan lidah sejauh mungkin.
  • Letakan alat pembersih ke arah belakang lidah
  • Tekan dan gerakkan ke arah depan lidah sambil sedikit ditekan.
  • Atur tekanan untuk mencegah refleks muntah.
  • Bilas alat di bawah air hangat untuk membersihkan kotoran dan bakteri. Keluarkan air liur yang mungkin menumpuk selama menggesekkan lidah.
  • Ulangi dua sampai lima kali sesuai kebutuhan.

Setelah selesai, bersihkan dan simpan dengan baik. Idealnya, kamu perlu membersihkan lidah satu sampai dua kali sehari. Jika kamu muntah selama proses membersihkan, sebaiknya lakukan sebelum makan pagi untuk mencegah hal tersebut.

2. Menggunakan sikat gigi

Meskipun menggunakan tidak seefektif alat pembersih lidah,  sikat gigi dianggap lebih mudah digunakan. Berikut cara membersihkan lidah dengan sikat gigi:

  • Pilih sikat gigi berbulu lembut.
  • Julurkan lidah sejauh mungkin.
  • Posisikan sikat gigi di bagian belakang lidah.
  • Sikat ringan ke depan dan ke belakang di sepanjang lidah.
  • Buang air liur saat menyikat dan bilas sikat gigi dengan air hangat.
  • Bersihkan lidah setiap menyikat gigi.

Jika lidah mengalami perubahan warna, kamu bisa merendam sikat gigi ke campuran air dan hidrogen peroksida. Pastikan berkumur dengan air setelahnya.

3. Obat kumur (mouthwash)

Obat kumur sebenarnya bisa membantu membersihkan lidah asalkan dikombinasikan dengan menyikat gigi. Pilih obat kumur terapeutik yang mengandung bahan aktif. Jenis obat kumur ini efektif menghancurkan bakteri yang memicu bau mulut dan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

Jenis obat kumur ini mudah kamu dapatkan di apotek maupun swalayan. Kamu juga dapat meminta dokter gigi untuk meresepkannya. Selalu ikuti petunjuk pada label kemasan atau anjuran dokter.

Jika kamu butuh obat kumur, segera cek di toko kesehatan Halodoc saja. Tak perlu repot ke luar rumah, kamu bisa mendapatkannya hanya dari smartphone kamu. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What’s the Most Effective Way to Clean Your Tongue.
Self. Diakses pada 2022. Your Tongue Is Probably Filthy, Here’s How to Clean It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan