Catat, Ini Obat-obatan yang Harus Ada di Kotak P3K

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Agustus 2024

“Ada obat-obatan yang harus tersedia di kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang diperlukan saat kondisi darurat. Di antaranya adalah obat pereda nyeri, obat alergi, obat sakit perut, hingga obat batuk."

Catat, Ini Obat-obatan yang Harus Ada di Kotak P3KCatat, Ini Obat-obatan yang Harus Ada di Kotak P3K

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan kotak P3K, bukan? Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) merupakan kotak berisi obat-obatan penting untuk disediakan baik di rumah, kantor, maupun di mobil.

Kotak P3K yang isinya lengkap bisa membantu kamu mengatasi cedera umum dan memberi perawatan pertama, pada kondisi darurat secara efektif. Sayangnya, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan isi kotak P3K mereka, sehingga obat-obatan yang ada di dalamnya hanya seadanya, bahkan sudah habis atau kedaluwarsa.

Jadi, sebenarnya obat-obatan apa saja sih yang harus ada di kotak P3K? Simak ulasannya berikut ini!

Obat-obatan yang Harus Ada di Dalam Kotak P3K

Berikut obat-obatan yang harus ada di dalam kotak P3K:

1. Obat pereda nyeri atau penurun demam

Obat pereda nyeri dan penurun demam adalah obat paling dasar yang perlu kamu sediakan di dalam kotak P3K. Obat-obatan ini dipersiapkan untuk bantu mengatasi sakit ringan hingga sedang, yang terjadi saat darurat.

Ada beberapa obat pereda nyeri yang bisa kamu sediakan, misalnya acetaminophen, aspirin, dan ibuprofen. Selain meredakan nyeri, obat-obatan tersebut juga bisa bantu menurunkan demam. 

Di pasaran, ada beragam jenis obat pereda nyeri dan penurun demam. Beberapa rekomendasinya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut ini: 

Penting untuk memilih jenis obat pereda nyeri yang aman bagi lambung. Mengapa demikian? Simak alasannya dalam artikel: Pentingnya Pilih Pereda Nyeri yang Aman untuk Lambung.

2. Obat alergi

Alergi adalah kondisi kesehatan yang umum dan bisa timbul tanpa terduga, disebabkan oleh banyak faktor seperti makanan, obat-obatan, serbuk sari, hingga gigitan serangga. 

Ketika menyerang seseorang, kondisi ini rentan mengakibatkan ketidaknyamanan yang signifikan. Biasanya alergi ditandai dengan munculnya ruam kemerahan pada kulit, gatal, bersin, batuk, hidung berair, mata merah, mual, muntah, diare, hingga sesak napas.

Penting untuk selalu memiliki obat alergi di dalam kotak P3K seperti diphenhydramine, loratadine, dan epinephrine. Beberapa rekomendasi obat alergi lainnya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut ini: 5 Daftar Obat yang Mengandung Antihistamin untuk Pereda Alergi. 

3. Obat antidiare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa muncul tanpa peringatan. Kondisi ini ditandai dengan durasi buang air besar lebih dari 3 kali sehari, disertai dengan tekstur feses yang cair. 

Ada beberapa faktor yang bisa memicu diare seperti keracunan makanan, intoleransi makanan, hingga infeksi bakteri dan virus. 

Harus bolak-balik toilet tentu bisa membuat kamu tersiksa dan juga mengganggu aktivitas. Karena itu, obat anti-diare seperti loperamide, bismut subsalisilat, dan diphenoxylate wajib ada di kotak P3K kamu.

Obat-obatan lainnya bisa kamu cek di sini: Ini 7 Pilihan Obat Diare yang Ampuh untuk Orang Dewasa.

4. Obat sakit perut

Konsumsi makanan berlemak, berminyak, atau pedas bisa membuat kamu mengalami gangguan pencernaan. Begitu juga jika kamu makan terlalu banyak atau terlalu cepat. 

Hal ini tak jarang membuat perut terasa nyeri, kram, muncul sensasi mulas, BAB cair, perut terasa bergas, hingga demam. Itulah mengapa, menyediakan obat sakit perut seperti antasida di kotak P3K sangat penting.

Obat-obatan sakit perut bisa kamu temukan di artikel ini: “Ini 7 Pilihan Obat Sakit Perut Melilit yang Ampuh di Apotek”.

5. Krim kulit hidrokortison

Obat lainnya yang perlu ada di kotak P3K kamu adalah krim kulit hidrokortison. Krim hidrokortison memiliki sifat anti inflamasi serta anti alergi, yang berguna untuk meredakan rasa gatal dan kemerahan pada kulit. 

Kondisi ini biasanya terjadi jika kamu atau keluarga mengalami alergi atau digigit serangga. Krim hidrokortison umumnya digunakan secara topikal atau dioles pada kulit yang mengalami gatal atau iritasi.

Rekomendasi krim iritasi kulit, bisa kamu cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini: 7 Rekomendasi Salep yang Ampuh Hilangkan Gatal di Kulit

6. Obat batuk

Batuk yang tidak kunjung berhenti di malam hari, tidak hanya bisa mengganggumu, tapi juga seisi rumah. Jadi, menyediakan obat pereda batuk seperti dekstrometorfan di dalam kotak P3K, bisa menjadi penyelamat. 

Namun, bila jenis batuk yang kamu alami adalah batuk berdahak, ekspektoran seperti guaifenesin merupakan obat yang paling efektif untuk meredakannya.

Ada beberapa tips untuk memilih obat batuk. Simak informasinya dalam artikel: 3 Tips Memilih Obat Batuk Berdasarkan Jenisnya

7. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa menjadi penyelamat bila kamu mengalami luka bakar ringan. 

Namun, bila warna kulit menghitam atau kamu tidak bisa merasakan luka bakar, jangan mengoleskan apa pun dan segera konsultasikan diri ke dokter.

Perlengkapan Kotak P3K Lainnya

Tak hanya obat-obatan, kamu perlu melengkapi kotak P3K kamu dengan beberapa perlengkapan dasar. Mulai dari plester, perban steril, kain kasa gulung dalam berbagai ukuran, pita perekat, bola kapas, peniti, gunting kecil, pinset, hingga salep antibiotik. 

Selain itu, pastikan juga untuk melengkapi kotak P3K dengan cairan pencuci mata, termometer, sarung tangan steril sekali pakai, petroleum jelly, tisu pembersih bebas alkohol dan hand sanitizer.

Itulah beberapa obat dan perlengkapan yang harus ada di dalam kotak P3K kamu. Obat-obatan untuk isi kotak P3K, kini bisa kamu beli dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc. Tersedia berbagai produk kesehatan yang dapat melengkapi kebutuhan kamu dan keluarga.

Bila cedera atau gejala kesehatan yang kamu alami cukup parah, segera hubungi dokter. Agar mudah, yuk cek rekomendasi dokter terbaik melalui aplikasi Halodoc. 

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2024. 7 First Aid Kit Must Haves For Your Medicine Cabinet.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. First-aid kits: Stock supplies that can save lives.
Smith Caldwell. Diakses pada 2024. Items That Should Be in Your First Aid Kit Checklist.
Verywell Health. Diakses pada 2024. How to Stock First Aid Kit Medications.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan