Catat, Ini Langkah Mengobati Kanker Kulit

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Mei 2023

“Kanker kulit adalah jenis kanker yang memiliki persentase kesembuhan yang tinggi jika didiagnosis secara cepat. Namun, tetap ada kemungkinan bahwa kanker kulit bisa membahayakan jika tidak cepat diobati.”

Catat, Ini Langkah Mengobati Kanker KulitCatat, Ini Langkah Mengobati Kanker Kulit

Halodoc, Jakarta – Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi. Meskipun termasuk jenis kanker yang kemungkinan sembuhnya tinggi, tetap saja ada risiko komplikasi yang membahayakan nyawa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai langkah mengobati kanker kulit bagi pengidapnya. Simak apa saja cara pengobatannya berikut ini!

Berbagai Cara Mengobati Kanker Kulit

Ada cukup banyak pilihan cara untuk pengobatan kanker kulit. Dokter akan menyarankan langkah yang berbeda tergantung dengan letak kanker kulit, ukurannya, dan kesehatan pengidap pada waktu pengobatan.

Ada beberapa pengobatan yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain:

1. Obat-obatan krim

Pengidap kanker kulit stadium awal bisa melakukan metode pengobatan dengan krim Imiquimod. Krim ini termasuk imunoterapi yang bisa menyerang lapisan kulit bagian atas dengan cara mengeluarkan zat kimia bernama sitokin.

Tujuan dari pengobatan ini adalah mendorong sistem imun tubuh untuk memproduksi zat-zat yang bisa melawan kanker kulit. Biasanya, obat ini bisa kamu gunakan sebelum tidur dengan cara mengoleskannya ke kulit yang terinfeksi.

Namun, kamu tidak boleh membilas krimnya hingga delapan jam kemudian. Krim ini umumnya berbentuk kemasan atau tabung.

2. Pembedahan

Operasi atau pembedahan bisa dokter lakukan untuk mengangkat jaringan kanker dari kulit. Tetapi, jenis operasi untuk kanker kulit juga ada beberapa tipe berbeda tergantung dengan ukuran dan kedalaman kanker. 

Jenis operasi yang pertama adalah operasi Mohs. Ketika operasi ini, kulit yang terinfeksi kanker akan dokter angkat. Selain itu, kulit sehat di sekitarnya juga bisa mengalami pengangkatan dalam jumlah yang seminimal mungkin untuk memastikan bahwa tidak ada lagi sel kanker di dalam tubuh.

Cara pengobatan ini sering dokter gunakan untuk kanker kulit yang berada di area yang kulitnya harus dipertahankan, seperti hidung.

Untuk kanker kulit non-melanoma yang tidak terlalu besar, dokter juga bisa melakukan biopsi eksisi. Teknik ini mirip dengan operasi Mohs karena harus membedah area yang terinfeksi, namun biasanya biopsi eksisi ini dokter gunakan untuk kanker yang ukurannya kecil dan tidak dalam.

3. Radioterapi

Prosedur pengobatan ini bertujuan untuk menghilangkan sel kanker dari kulit dengan memaparkan radiasi. Menggunakan sinar X, sel kanker akan mati dan tidak lagi merusak tubuh. Teknik ini hanya bisa dokter sarankan jika kanker kulit telah menyebar ke bagian tubuh lain dan pembedahan sudah tidak bisa menjadi pilihan.

Kamu juga bisa mencari tahu lebih lanjut tentang Jenis Radioterapi yang Bantu Sembuhkan Kanker.

4. Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi menggunakan obat anti kanker atau sitotoksik untuk membunuh sel kanker. Pemberian obatnya bisa secara oral atau suntikan, dan pada kanker kulit yang ada di permukaan juga bisa ahli medis berikan, seperti losion pada kulit. Biasanya, kemoterapi dengan cara topikal atau pengolesan ini merupakan jenis kemoterapi yang paling umum untuk kanker kulit.

5. Krioterapi

Pada pengobatan dengan cara krioterapi atau bedah krio, sel kanker pada tubuh pengidap akan hancur dengan memakai nitrogen cair. Cara kerjanya adalah nitrogen ini bisa menghasilkan suhu yang dingin sehingga sel kanker bisa mati.

Pengobatan ini juga hanya bisa kamu lakukan pada kanker stadium awal. Selain itu, cara ini juga bisa untuk pengidap dengan  ukuran kanker yang kecil dan tidak dalam. 

Selain itu, adanya benjolan lunak yang mengilat bisa menjadi gejala dari kanker kulit. Nah, apabila Gejala Kanker Kulit Muncuk, Segera Hubungi 5 Dokter Ini.

6. Kuretase

Kuretase merupakan cara mengobati kanker kulit dengan melakukan pengangkatan jaringan kanker dengan alat khusus bernama kuret. Cara kerjanya adalah pertama dokter akan menyuntikan anestesi di area yang terinfeksi.

Setelah itu, kulit akan dokter angkat dengan kuret sebelum membakar sel kanker yang tersisa dengan jarum listrik hingga tidak tersisa. Biasanya proses ini dokter lakukan satu sampai dua kali dalam sekali prosedur.

7. Terapi fotodinamik

Terapi fotodinamik bisa membunuh sel kanker dengan mengombinasikan sinar laser dan juga obat-obatan yang membuat sel menjadi sensitif pada cahaya terang.

Obat ini bisa kamu kenal juga sebagai obat photosensitizing. Tipe obat dan cahaya yang dokter gunakan akan berbeda tergantung dengan letak kanker pada tubuh pengidap. 

Itulah langkah untuk mengobati kanker kulit yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki memiliki pertanyaan tentang prosedur-prosedur di atas atau keluhan seputar kanker kulit, jangan ragu melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Cancer Research UK. Diakses pada 2023. Treatment for skin cancer
MayoClinic. Diakses pada 2023. Skin cancer
American Cancer Society. Diakses pada 2023. Curettage and Electrodesiccation
Macmillan Cancer Support. Diakses pada 2023. Cryotherapy for skin cancer

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan