Catat, Ini Cara membuat Kue Sus yang Praktis, Lezat, dan Tidak Kempes

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Juli 2023

“Kue sus menjadi salah satu kue dengan cita rasa manis dan lezat. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat.”

Catat, Ini Cara membuat Kue Sus yang Praktis, Lezat, dan Tidak KempesCatat, Ini Cara membuat Kue Sus yang Praktis, Lezat, dan Tidak Kempes

Halodoc, Jakarta – Kue sus terkenal sebagai kue yang lezat dan populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kue ini sering menjadi camilan atau hidangan penutup dalam berbagai acara atau perayaan. 

Rasanya yang lembut dan krim yang manis membuat kue sus menjadi favorit banyak orang, dan menjadi hidangan yang menggugah selera. Kamu bisa mencoba untuk membuat sendiri kue ini di rumah menggunakan resep di bawah ini!

Resep Kue Sus yang Praktis dan Lezat

Kue sus, atau sering juga disebut kue soes, adalah salah satu jenis kue yang terbuat dari adonan dasar yang terdiri dari air, mentega, tepung terigu, telur, dan garam. Kue ini memiliki tekstur yang lembut di dalam dengan permukaan yang renyah. Bentuknya biasanya bulat dengan ukuran yang relatif kecil.

Kue sus dapat kamu isi dengan berbagai macam isian, seperti krim custard, krim kacang, krim cokelat, atau krim buah. Isian tersebut kamu masukkan ke dalam kue sus melalui lubang pada bagian bawahnya setelah kue selesai proses panggang dan menjadi suhu ruang.

Setelah terisi dengan isiannya, kue sus siap kamu sajikan dan bisa berikan hiasan seperti gula bubuk atau cokelat parut.

Berikut resep yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan-bahan:

  • 200 ml air.
  • 100 gram mentega.
  • 125 gram tepung terigu.
  • 4 butir telur.
  • Sejumput garam.
  • Keju parut (opsional, sebagai topping).

Cara membuat:

  1. Siapkan panci kecil, masukkan air, mentega, dan garam. Panaskan dengan api sedang sambil terus aduk hingga mentega benar-benar meleleh dan campuran mendidih.
  2. Setelah mencapai titik didih, matikan api dan masukkan tepung terigu. Aduk cepat hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kental.
  3. Nyalakan kembali api dengan api kecil, masak adonan sambil terus aduk selama 1-2 menit hingga adonan matang dan membentuk gumpalan yang tidak lengket di panci. Angkat dan biarkan adonan mendingin sebentar.
  4. Kocok telur satu per satu, masukkan ke dalam adonan sambil terus aduk hingga telur benar-benar tercampur rata dan adonan menjadi lebih lembut.
  5. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  6. Siapkan loyang datar yang sudah terlapisi dengan sedikit mentega atau teralasi kertas baking.
  7. Ambil adonan dengan menggunakan dua sendok atau pastry bag, lalu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil di atas loyang, dengan jarak yang cukup antara satu sama lain.
  8. Jika menginginkan, taburi bagian atas kue sus dengan keju parut.
  9. Panggang kue sus dalam oven selama 20-25 menit atau hingga kue mengembang dan berwarna keemasan.
  10. Setelah matang, keluarkan kue sus dari oven dan biarkan menjadi suhu ruang sebelum kamu sajikan.

Kamu juga bisa cek beberapa resep untuk membuat kue, seperti:

Jangan lupa juga untuk melihat resep menarik lainnya, seperti Resep Sehat: Kue Putu untuk Camilan saat Diet

Bahan Alternatif yang Lebih Sehat untuk Membuat Sus

Mentega menjadi salah satu bahan yang kamu perlu untuk membuat kue sus. Namun, terlalu banyak mengonsumsi mentega dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan. Contohnya seperti obesitas, kolesterol, hingga kenaikan berat badan.

Nah, mentega pada resep kue ini dapat kamu ganti dengan beberapa bahan yang lebih sehat. Berikut beberapa pilihan pengganti mentega yang lebih sehat:

  1. Minyak zaitun. Mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung dan kesehatan. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega dalam proporsi yang sama.
  2. Margarin rendah lemak. Jika kamu ingin tetap menggunakan bahan berbentuk padat, pilihlah margarin rendah lemak sebagai pengganti mentega. Pastikan untuk memilih margarin yang rendah lemak dan bebas trans lemak.
  3. Yoghurt. Yoghurt rendah lemak bisa menjadi pengganti mentega yang sehat dalam resep ini. Penggantian ini akan memberikan kelembutan pada kue.

Pilihan pengganti mentega di atas akan memberikan kue sus yang lebih rendah lemak jenuh dan lebih sehat untuk dikonsumsi. Pilihlah salah satu pengganti yang sesuai dengan selera dan preferensimu. Selamat mencoba!

Selain dengan konsumsi makanan sehat, jaga kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Brilio Food. Diakses pada 2023. 13 Cara Membuat Kue Sus Antikempes Berbagai Rasa, Lezat dan Praktis.
Taste of Home. Diakses pada 2023. 8 Substitutes for Butter in Cookies and Other Baked Goods.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan