Catat, Ini Berbagai Gejala Gangguan Kecemasan yang Umum Terjadi

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Mei 2024

“Gangguan kecemasan umum atau anxiety disorder adalah kondisi saat seseorang merasa cemas atau khawatir secara berlebihan terhadap suatu hal. Ditandai dengan rasa khawatir berlebih, sakit kepala, hingga mudah kelelahan.”

Catat, Ini Berbagai Gejala Gangguan Kecemasan yang Umum TerjadiCatat, Ini Berbagai Gejala Gangguan Kecemasan yang Umum Terjadi

DAFTAR ISI

  1. Gejala Umum Gangguan Kecemasan
  2. Rekomendasi Psikiater/Psikolog untuk Atasi Gangguan Kecemasan
    1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog
    2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog
    3. dr. Mariati Sp.KJ
    4. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ
    5. dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ

Halodoc, Jakarta – Gangguan kecemasan umum atau anxiety disorder adalah rasa cemas atau khawatir berlebihan terhadap sesuatu. Gangguan ini dapat memengaruhi siapa pun, lebih sering terjadi pada orang dewasa yang berusia 30 tahun ke atas.

Mayoritas pengidap gangguan ini sulit mengungkapkan apa yang sedang dirasakan atau dipikirkannya sehingga menimbulkan perasaan khawatir atau cemas yang berlebihan. 

Gejala Umum Gangguan Kecemasan

Gejala gangguan kecemasan umum sering kali merupakan gabungan dari gejala  gangguan mental lainnya, seperti gangguan panik, fobia, gangguan stres pasca trauma, dan kecemasan sosial.

Pada pengidap gangguan kecemasan umum, rasa cemas bisa muncul dalam berbagai situasi sehingga membuat mereka kesulitan untuk merasa rileks. Perasaan cemas ini bisa muncul hampir setiap hari, tergantung tingkat stres yang dialami. 

Gejala gangguan kecemasan umum meliputi:

  • Rasa khawatir atau cemas yang berlebihan.
  • Sulit tidur atau insomnia.
  • Nyeri otot.
  • Sakit kepala.
  • Berkeringat secara berlebihan.
  • Sesak napas.
  • Mudah merasa lelah.
  • Kondisi emosional menjadi sensitif, seperti mudah marah atau tersinggung.
  • Jantung berdebar kencang atau palpitasi.

Berbagai gejala tersebut tentu tidak boleh dibiarkan. Sebab, hal tersebut dapat memicu dampak yang lebih buruk, seperti masalah pencernaan hingga gangguan kesehatan jantung.

Jika mengalami salah satu dari gejala gangguan kecemasan umum, segera hubungi psikiater atau psikolog untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Jika kamu sering mengalami Gelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana Mengobatinya.

Rekomendasi Psikiater/Psikolog untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala gangguan kecemasan umum yang tak kunjung hilang, segera hubungi psikiater atau psikolog di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Kamu bisa bercerita mengenai hal apa saja yang membuat kamu merasa cemas. Dengan begitu, berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog dapat menurunkan tingkat stres yang kamu alami sehingga rasa cemas pun menjadi berkurang.

Psikiater dan psikolog di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut psikiater atau psikolog di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog pertama yang bisa kamu hubungi adalah Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Universitas Mercu Buana pada 2014 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada 2019. 

Saat ini, Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog melakukan praktik di Tangerang Selatan, Banten. 

Dengan pengalaman selama 4 tahun, kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi di Halodoc jika kamu mengalami gejala gangguan kecemasan umum.

Chat Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 80.000,- di Halodoc.

Catat, Ini 5 Tips Jitu Mencegah Gangguan Kecemasan Umum yang bisa kamu lakukan.

2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog

Selanjutnya, kamu dapat menghubungi Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi. Ia merupakan lulusan Universitas Brawijaya pada tahun 2013 dan Universitas Indonesia pada tahun 2018.

Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, berpraktik di Bekasi, Jawa Barat, dan merupakan anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai seorang psikolog klinis selama 6 tahun, kamu dapat menjadwalkan sesi konseling dengan Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, melalui Halodoc terkait gangguan kecemasan umum.

Ia juga dapat memberikan konsultasi mengenai berbagai topik seperti masalah keluarga dan hubungan, pengasuhan anak, dan gangguan mood.

Chat Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Mariati Sp.KJ

Selain psikolog, kamu juga bisa menghubungi psikiater. Nah, psikiater pertama yang bisa kamu menghubungi adalah dr. Mariati Sp.KJ. 

Dokter Mariati Sp.KJ merupakan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh pada 2013 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Saat ini, dr. Mariati Sp.KJ melakukan praktik di Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. 

Ia juga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dokter Mariati Sp.KJ telah berpengalaman sebagai dokter jiwa selama 8 tahun sehingga kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi di Halodoc terkait berbagai gangguan mental, termasuk gangguan kecemasan umum.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar depresi, gangguan kepribadian, gangguan mood, trauma, pengembangan diri maupun masalah kesehatan mental lainnya.

Chat dr. Mariati Sp.KJ dari Rp 75.000,- di Halodoc.

Nah, Ini Penyebab Gangguan Kecemasan yang Perlu Diketahui.

4. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ

Pilihan psikiater selanjutnya yang dapat kamu hubungi adalah dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia pada 2013 dan Universitas Udayana pada 2022.

Dokter Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ saat ini berpraktik di Brebes, Jawa Tengah dan tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Berbekal pengalaman menjadi dokter kejiwaan selama 10 tahun, kamu bisa berkonsultasi dengannya di Halodoc terkait masalah gangguan kecemasan.

Chat dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ

Kamu juga bisa menghubungi dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2012 dan 2023.

Saat ini, ia dokter Anastasia Kharisma Sp.KJ melakukan praktik di Denpasar, Bali dan tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dokter Anastasia Kharisma Sp.KJ telah berpengalaman sebagai dokter jiwa selama 11 tahun sehingga kamu bisa berkonsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah mental, termasuk gangguan kecemasan umum.

Chat dr. Anastasia Kharisma Sp.KJ dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Selain itu, jika melakukan konsultasi dengan psikiater, kamu mungkin akan diresepkan obat yang tujuannya agar gejala-gejala tertentu yang mengganggu aktivitasmu bisa berkurang atau bahkan hilang.

Jangan khawatir, obat yang diresepkan di Halodoc pastinya aman dan tidak akan menyebabkan ketergantungan apabila kamu menggunakannya sesuai dengan dosis yang psikiater berikan. 

Itulah beberapa psikiater dan psikolog yang bisa kamu hubungi untuk bantu tangani gangguan kecemasan umum. Jangan ragu untuk segera menghubungi psikiater atau psikolog untuk segera atasi gangguan kecemasan yang kamu alami.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tenang saja, privasi kamu pasti terjaga dengan aman di Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Anxiety and Depression Association of America. Diakses pada 2024. Generalized Anxiety Disorder (GAD).
NHS Choices UK. Diakses pada 2024. Generalized Anxiety Disorder in Adults.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Generalized Anxiety Disorder.
Healthline. Diakses pada 2024. An Overview of Generalized Anxiety Disorder.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan