Catat, Ini Aturan Penggunaan Misoprostol yang Aman

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Mei 2023

“Misoprostol adalah obat yang efektif mencegah tukak lambung akibat penggunaan obat antiinflamasi non-steroid. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan meminimalisir risiko, obat ini perlu digunakan dalam dosis yang tepat."

Catat, Ini Aturan Penggunaan Misoprostol yang AmanCatat, Ini Aturan Penggunaan Misoprostol yang Aman

Halodoc, Jakarta – Misoprostol adalah obat yang sering digunakan untuk mengatasi tukak lambung yang terjadi akibat konsumsi obat tertentu. Obat ini bekerja dengan cara memicu produksi lendir untuk melapisi dinding lambung, serta menghambat produksi asam lambung.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal dan meminimalkan risiko, penting untuk memahami dan mengikuti aturan penggunaan yang aman. Yuk, simak ulasannya di sini!

Aturan Penggunaan Misoprostol yang Aman

Misoprostol adalah obat yang mengandung senyawa yang mirip dengan prostaglandin dalam tubuh. Obat ini bermanfaat untuk mencegah tukak lambung ketika kamu mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti aspirin, ibuprofen, naproxen. Terutama bila kamu berisiko mengalami tukak lambung atau memiliki riwayat penyakit tersebut. Obat ini juga bisa mengurangi risiko tukak lambung yang serius, seperti perdarahan saluran pencernaan.

Namun, sebelum mengonsumsi misoprostol, perhatikan dulu aturan penggunaannya berikut ini:

1. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter

Sebelum menggunakan obat apapun, termasuk misoprostol, selalu bicarakan dulu dengan dokter dan apoteker yang memiliki pengetahuan tentang obat ini. Mereka bisa memberikan informasi yang tepat tentang dosis, jadwal penggunaan, dan instruksi penggunaan lainnya sesuai dengan kondisi medis kamu.

2. Minum misoprostol sesuai dosis

Dosis misoprostol yang diresepkan dapat bervariasi tergantung pada kondisi medis dan tujuan penggunaan. Penting untuk mengikuti dosis yang sudah ditentukan dokter atau sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label kemasan.

Untuk mencegah tukak lambung pada orang dewasa, minumlah dua butir tablet misoprostol 200 mcg dua kali sehari saat makan. Ingat, jangan mengonsumsi obat tersebut lebih banyak atau lebih sering dari yang dianjurkan. Sebab, hal itu bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

3. Perhatikan waktu konsumsi misoprostol yang tepat

Sebelum menggunakan misoprostol, bacalah petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dengan cermat. Bila kamu tidak yakin dengan cara penggunaannya, tanyakan pada dokter atau apoteker. 

Konsumsilah tablet misoprostol setelah makan dan menjelang tidur atau sesuai petunjuk dokter. Telan obat bersama makanan untuk mencegah diare. Bila lupa mengonsumsi misoprostol, segera konsumsi obat tersebut begitu teringat. Namun, bila jeda waktu dengan jadwal minum obat berikutnya sudah dekat, abaikan dosis yang terlewat dan jangan menggandakan dosis.

Hindari mengonsumsi antasida yang mengandung magnesium saat menggunakan misoprostol. Hal itu karena antasida bisa memicu atau memperburuk diare. Jika kamu perlu mengonsumsi antasida, bicarakan dengan dokter untuk membantu memilih produk.

Teruksan meminum obat ini selama kamu menggunakan OAINS. Hal itu bermanfaat untuk mencegah tukak lambung. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Ingatlah untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.

Selain minum obat, kamu juga perlu Pencegahan yang Tepat Agar Terhindar dari Tukak Lambung.

4. Dapatkan pantauan medis

Selama penggunaan misoprostol, penting untuk tetap memeriksakan diri ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui efektivitas obat dan menyesuaikan kembali dosis obat sesuai kondisi medis. 

Perlu diketahui, misoprostol bisa menyebabkan mual, kram perut atau diare pada awal penggunaannya. Bicarakan dengan dokter bila efek samping tersebut tidak hilang setelah seminggu mengonsumsi obat. Segera pergi temui dokter bila kamu mengalami efek samping yang serius, seperti perdarahan berat atau nyeri perut yang tidak tertahankan.

5. Tindak lanjut pasca penggunaan

Setelah menggunakan misoprostol, penting untuk mengikuti anjuran dokter pasca penggunaan obat. Ini mungkin termasuk kunjungan tindak lanjut, tes, dan perawatan lanjutan. Memahami dan mengikuti aturan penggunaan yang tepat adalah kunci untuk memastikan keamanan dan efektivitas penggunaan misoprostol.

Jadi, kesimpulannya, misoprostol adalah obat yang aman dan efektif jika digunakan sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh dokter yang berkompeten. Mengikuti dosis yang tepat, waktu dan metode pemberian yang benar, serta mendapatkan pengawasan medis yang memadai, adalah langkah penting dalam penggunaan yang aman.

Bila kamu mengalami gejala-gejala tukak lambung, coba periksakan saja ke dokter atau kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Misoprostol – Uses, Side Effects, and More.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Misoprostol (Oral Route)

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan