Catat, Ini 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 November 2021
Catat, Ini 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan TubuhCatat, Ini 5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan Tubuh

“Siapa sangka jika buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kesemek menjadi sumber energi, mengandung antioksidan, dan banyak vitamin. Dengan memakannya, kamu bisa merasakan manfaat untuk kesehatan mata, jantung, otak, hingga mencegah kanker usus besar.”

Halodoc, Jakarta – Pernah makan buah kesemek? Kesemek adalah buah jeruk berbentuk tomat dan termasuk buah yang berasal dari Jepang dan Cina. Jika kamu belum pernah makan buah kesemek sebelumnya, mungkin kamu penasaran dengan rasanya. Tergantung pada varietasnya, buah kesemek bisa bersifat astringen atau non-astringen.

Jika kamu cenderung menyukai rasa manis yang ringan, buah kesemek bisa jadi salah satu pilihan yang sehat. Buah kesemek juga diketahui memiliki sumber energi yang kaya dalam bentuk karbohidrat dengan jumlah serat yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan, sehingga cocok jadi tambahan yang sehat untuk pola makan yang sehat pula. 

Baca juga: Inilah 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Makan Buah Bit

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh

Buah kesemek telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi. Melansir dari Very Well Health, penelitian ilmiah kontemporer mendukung beberapa manfaat buah kesemek. Di antaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah kesemek mengandung tingkat lutein dan zeaxanthin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut adalah bentuk beta karoten yang menumpuk di retina. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan, melindungi mata dari kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula terkait usia. Selain itu, vitamin C dan vitamin E dalam kesemek juga melindungi mata dari kerusakan oksidatif. 

  1. Mendukung Kesehatan Otak

Kesemek mengandung senyawa alami yang disebut fisetin, antioksidan dengan beberapa manfaat otak. Fisetin dapat meningkatkan memori jangka panjang, mencegah disfungsi saraf, dan melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. 

Fisetin juga dapat ditemukan dalam apel, stroberi, dan akar teratai. Senyawa tersebut diketahui dapat mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke iskemik. Dengan meningkatkan kadar serotonin, fisetin juga memberikan efek antidepresan.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Dalam hal kesehatan jantung, buah-buahan dan sayuran adalah menu makanan yang utama. Nah, kalium dalam kesemek dapat mengurangi tekanan darah, sementara folat dan vitamin C di dalamnya membantu mencegah stroke dan serangan jantung. 

Baca juga: Ini 3 Buah yang Enak Dikombinasikan dengan Bit

  1. Mencegah Kanker Usus Besar

Buah-buahan dalam kategori oranye dan kuning (termasuk kesemek), terbukti mengurangi tingkat kanker usus besar pada wanita. Kandungan beta karoten dipercaya dapat membantu mengendalikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat buah-buahan tersebut. 

Di samping itu, buah kesemek juga sumber serat yang baik, penting untuk pencernaan yang baik dan pembuangan racun dari tubuh secara teratur. 

  1. Membantu Mengurangi Risiko Osteoporosis

Daun kesemek kaya akan senyawa tanaman bermanfaat yang dianggap membantu berbagai penyakit. Menurut penelitian, ditemukan bahwa polisakarida dalam daun kesemek mampu menghambat ekspresi genetik osteoklas, sel-sel yang bertanggung jawab untuk  kerusakan tulang. 

Temuan ini menunjukkan kemungkinan manfaat dalam pencegahan osteoporosis pascamenopause, serta periodontitis dan rheumatoid arthritis. 

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Kesemek

Kebanyakan orang bisa makan kesemek tanpa merasakan efek samping apapun. Akan tetapi, buah ini bisa saja menimbulkan dampak pada kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Nah, berikut beberapa efek samping yang perlu diwaspadai. 

  • Bezoars

Menelan buah kesemek dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pembentukan bezoar. Perlu diketahui, bezoar adalah massa keras yang dapat menyebabkan obstruksi lambung. 

Diospyrobezoar  adalah efek samping terlalu banyak makan kesemek. Tanin dan kandungan serat yang tidak dapat dicerna bergabung dengan asam lambung untuk membentuk massa yang keras. Namun, untungnya diospyrobezoars jarang terjadi. 

  • Reaksi Alergi

Meski jarang menimbulkan reaksi alergi, tapi hal ini mungkin saja terjadi pada sebagian orang. Efek alergi akibat buah kesemek biasanya bersifat ringan, seperti sakit perut atau mual. Namun, dalam beberapa kasus alergi akibat buah kesemek dapat menyebabkan syok anafilaksis.

Baca juga: 7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Nah, kesimpulannya kesemek adalah buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Namun, beberapa orang perlu berhati-hati jika makan terlalu banyak dalam sekali makan. Hal ini karena mengonsumsi mengonsumsi kesemek dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek negatif. 

Pada dasarnya, mengonsumsi apa pun sebaiknya tidak berlebihan. Jika kamu mengalami efek yang mengkhawatirkan akibat mengonsusmi makanan apa pun, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Jika dokter meresepkan obat pereda efek samping, kamu juga bisa cek kebutuhan medis di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Persimmon Nutrition Facts and Health Benefits
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the health benefits of persimmon fruit?
Healthline. Diakses pada 2021. Top 7 Health and Nutrition Benefits of Persimmon

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan