Catat, 5 Penyakit Ini Bisa Sembuh dengan Konsumsi Mebhydrolin

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Juni 2023

“Mebhydrolin adalah obat yang bisa meredakan gejala alergi. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang disebabkan oleh alergi, seperti rhinitis, uritkaria, dan lain-lain.”

Catat, 5 Penyakit Ini Bisa Sembuh dengan Konsumsi MebhydrolinCatat, 5 Penyakit Ini Bisa Sembuh dengan Konsumsi Mebhydrolin

Halodoc, Jakarta – Mebhydrolin adalah obat golongan antihistamin yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi alergi. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh terkena zat alergen dan menimbulkan sejumlah gejala tidak nyaman. Beberapa gejala tersebut misalnya gatal-gatal, biduran, hidung berair, dan bersin.

Nah, mebhydrolin bisa meredakan gejala alergi tersebut. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi atau menghambat efek histamin, yaitu senyawa yang memicu timbulnya reaksi alergi. Bila kadar histamin dalam tubuh berkurang, maka gejala alergi tersebut pun akan ikut mereda.

Penyakit yang Bisa Diobati dengan Mebhydrolin 

Berikut adalah beberapa contoh penyakit yang terjadi akibat alergi yang bisa teratasi dengan konsumsi mebhydrolin :

1. Rinitis alergi 

Rhinitis alergi adalah peradangan yang terjadi di rongga hidung akibat reaksi alergi. Nah, bila kamu mengidap penyakit tersebut, mebhydrolin bisa membantu mengurangi gejala seperti hidung tersumbat, bersin, dan gatal-gatal pada hidung.

2. Urtikaria 

Urtikaria atau biduran adalah ruam kulit yang gatal yang muncul akibat konsumsi makanan atau obat-obatan tertentu. Kondisi tersebut biasanya hanya berlangsung sementara dan bisa kamu atasi dengan obat-obatan untuk alergi, salah satunya Mebhydrolin.

Obat tersebut bisa membantu meredakan ruam gatal dan bengkak yang terkait dengan kondisi urtikaria.

3. Rhinitis vasomotor

Disebut juga rhinitis non-alergi, rhinitis vasomotor tidak terjadi akibat paparan alergen, seperti serbuk sari, jamur, bulu hewan peliharaan, dan lain-lain. Kondisi ini juga tidak terjadi akibat virus atau bakteri.

Namun, kondisi membengkaknya jaringan di hidung tersebut bisa terjadi karena perubahan cuaca, bau tertentu, olahraga, obat-obatan, atau pemicu lain yang mengiritasi hidung kamu. Obat ini bisa kamu gunakan untuk meredakan hidung tersumbat dan gejala rhinitis vasomotor lainnya.

4. Dermatitis kontak 

Ini adalah ruam kulit yang muncul akibat kontak dengan zat tertentu. Zat tersebut bisa mengiritasi kulit atau memicu reaksi alergi.

Beberapa penyebab umum dermatitis kontak, antara lain, sabun, kosmetika, wewangian, dan perhiasan. Penyakit alergi ini bisa menimbulkan gejala berupa ruam merah setiap kali kulit bersentuhan dengan zat penyebab iritasi.

Obat ini bisa membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit yang teriritasi.

5. Reaksi alergi terhadap gigitan serangga 

Obat antihistamin ini juga bisa kamu gunakan untuk meredakan gejala alergi yang muncul akibat gigitan serangga, seperti nyeri, bengkak, dan gatal.

Penting untuk diingat bahwa mebhydrolin hanya membantu mengatasi gejala dari alergi, bukan alergi itu sendiri. Bila kamu atau Si Kecil mengalami tanda-tanda alergi, coba periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya agar bisa menghindarinya.

Kamu juga bisa menjalani 3 Tes Alergi yang Ampuh Mendeteksi Pemicu Alergi

Tips Aman Menggunakan Mebhydrolin

Meskipun efektif untuk mengatasi gejala alergi, tetap penting untuk mengonsumsinya dengan aman. Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi mebhydrolin dengan tepat:

1. Ikuti petunjuk dokter 

Pastikan kamu mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dokter berikan atau yang tertera pada label kemasan. Jangan melebihi dosis yang dokter rekomendasikan.

2. Baca label dengan teliti

Sebelum minum obat, baca label obat dengan cermat dan ikuti petunjuk penggunaan yang tertera. Bila ada yang tidak kamu mengerti, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

3. Hindari interaksi obat 

Beri tahu dokter atau apoteker tentang semua obat, suplemen, atau herbal lain yang sedang kamu konsumsi. Pasalnya, beberapa obat atau suplemen mungkin berinteraksi dengan Mebhydrolin dan bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

4. Perhatikan efek samping 

Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi mebhydrolin, antara lain kantuk, pusing, atau mulut kering. Jika efek samping tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari kamu, coba bicarakan pada dokter.

5. Jangan gunakan Mebhydrolin untuk anak di bawah usia tertentu tanpa rekomendasi dokter 

Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang sesuai untuk anak-anak dan jangan memberikan Mebhydrolin kepada anak di bawah usia tertentu tanpa membicarakannya dengan dokter terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan obat atau suplemen vitamin yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Jadi, tidak perlu repot-repot keluar rumah, kamu hanya perlu order lewat aplikasi dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam. 

Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Drug Info System. Diakses pada 2023. Mebhydrolin.
PubChem. Diakses pada 2023. Mebhydrolin H1-Antihistamine Action.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Vasomotor Rhinitis

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan