Cari Tahu Manfaat Fosfat bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Agustus 2022

“Fosfat adalah kandungan kimia yang mengandung mineral fosfor. Ada banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti mengatasi konstipasi hingga mengatasi gangguan pencernaan.”

Cari Tahu Manfaat Fosfat bagi Kesehatan TubuhCari Tahu Manfaat Fosfat bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ada banyak jenis nutrisi yang perlu kamu pastikan terpenuhi untuk kebutuhan tubuh, salah satunya adalah fosfat. Ini merupakan zat kimia yang mengandung mineral fosfor. Saat fosfor masuk ke dalam pencernaan, tubuh akan menyerap fosfor dan bercampur dengan oksigen membentuk fosfat.

Kamu bisa mendapatkan fosfat dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung fosfor tinggi. Saat kamu dapat memenuhi kebutuhan fosfat, maka kamu bisa merasakan sendiri manfaatnya bagi tubuh. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat fosfat bagi kesehatan tubuh berikut ini!

Manfaat Fosfat untuk Kesehatan Tubuh

Fosfat adalah nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Fosfat memiliki peran untuk menjaga kesehatan gigi, tulang, otot, hingga menyeimbangkan penggunaan jenis vitamin tertentu. Sekitar 85 persen kandungan fosfat dapat ditemukan dalam tulang dan gigi, sementara sisanya dapat ditemukan pada jaringan tubuh.

Ada berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan fosfat di dalamnya, seperti susu, telur, biji-bijian, daging ayam, hingga keju. Dengan memenuhi kebutuhan harian fosfat, maka kamu dapat merasakan manfaat fosfat bagi kesehatan tubuh, seperti:

  1. Mengatasi Konstipasi

Kandungan fosfat dapat membantu kamu mengatasi konstipasi atau sembelit yang dialami. Kandungan ini mampu membuat feses menjadi lunak sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan. 

Namun, pada suplemen pencahar yang mengandung fosfat, sebaiknya jangan digunakan lebih dari satu kali dalam satu hari. Kamu bisa memastikan dosisnya pada dokter agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik.

  1. Menurunkan Gejala Gangguan Pencernaan

Sejumlah antasida yang mengandung fosfat bisa menjadi obat untuk mengatasi gangguan pencernaan atau heartburn. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung fosfat untuk membantu menurunkan gejala gangguan pencernaan yang dirasakan.

  1. Mencegah Osteoporosis

Memenuhi kebutuhan fosfat dalam tubuh membantu kamu dalam menjaga kesehatan tulang. Hal ini membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada tulang, seperti osteoporosis.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Saraf

Fosfat menjadi salah satu nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan saraf. Dengan menjaga kesehatan saraf, maka seluruh fungsi tubuh dapat berjalan dengan optimal. Alhasil, ini akan membuat kualitas hidup kamu akan menjadi lebih baik.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Saat tubuh kekurangan fosfat, kamu berisiko mengalami gangguan kesehatan pada gigi. Salah satu fungsi fosfat adalah menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Oleh karena itu, saat kamu mengalami kekurangan fosfat, kamu berisiko mengalami pengeroposan gigi atau gangguan kesehatan gigi lainnya.

Itulah beberapa manfaat fosfat bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit ketika kamu mengalami berbagai gangguan kesehatan. Kamu bisa buat janji pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc agar pemeriksaan yang dilakukan dapat berjalan baik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Kamu juga harus memastikan fosfat yang kamu konsumsi sesuai dengan kebutuhan dan dosis sehari-hari. Jangan mengonsumsi suplemen fosfat berlebihan karena dapat memicu gangguan kesehatan ada tubuh.

Saat tubuh dalam kondisi sehat, kelebihan fosfat akan dibersihkan oleh ginjal dan dibuang keluar tubuh. Namun, jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, ini dapat membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga akan muncul gangguan fungsi ginjal. 

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Phosphate?

Medline Plus. Diakses pada 2022. Phosphorus in Diet.

Web MD. Diakses pada 2022. Phosphorus in Your Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan