Cara Tepat Gunakan Acne Spot Treatment untuk Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Oktober 2022

“Agar manfaatnya dirasakan optimal, sebaiknya ketahui cara penggunaan acne spot treatment yang tepat. Seperti misalnya, dalam kondisi wajah yang bersih dan tidak mengoleskan terlalu banyak.”

Cara Tepat Gunakan Acne Spot Treatment untuk WajahCara Tepat Gunakan Acne Spot Treatment untuk Wajah

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang dapat menyebabkan peradangan dan bekas pada kulit. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja dan bisa terjadi akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. 

Selain menjaga kebersihan kulit, kamu bisa melakukan beberapa perawatan untuk mengatasi jerawat. Jika jerawat yang kamu alami termasuk ringan, kamu bisa menggunakan acne spot treatment di rumah agar kondisinya segera membaik. Sebaiknya ketahui cara tepat menggunakan acne spot treatment agar kamu bisa merasakannya manfaatnya secara optimal.

Cara Tepat Menggunakan Acne Spot Treatment

Jerawat paling sering dikaitkan dengan kondisi perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini disebabkan hormon tertentu dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak alami pada kulit secara berlebihan. 

Munculnya minyak abnormal pada kulit membuat bakteri menjadi lebih agresif dan memicu peradangan. Perubahan hormon juga menyebabkan penebalan pada lapisan folikel rambut yang memicu penyumbatan pori-pori yang memicu jerawat.

Jika jerawat yang kamu alami termasuk dalam kondisi yang ringan, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan acne spot treatment. Tidak seperti perawatan jerawat lainnya, obat ini hanya dioleskan pada bagian jerawat. 

Dengan menggunakan obat ini, kamu bisa mengurangi kemerahan, pembengkakan, hingga nyeri. Agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik, sebaiknya ketahui cara tepat menggunakan acne spot treatment berikut ini:

  • Cuci tangan sebelum menggunakan obat ini.
  • Pastikan wajah dalam kondisi yang bersih dan lembap.
  • Letakkan obat pada ujung jari sesuai dengan kebutuhan.
  • Oleskan acne spot treatment pada jerawat.
  • Biarkan obat hingga mengering.

Beberapa jenis obat bisa digunakan pada siang hari, tetapi beberapa jenis lainnya hanya digunakan pada malam hari. Pastikan kamu mengetahui cara penggunaannya dengan tepat untuk menurunkan risiko efek samping. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa gunakan sebanyak 1-2 kali dalam satu hari.

Kesalahan dalam Penggunaan Acne Spot Treatment

Acne spot treatment bisa sangat membantu kamu dalam mengatasi jerawat ringan yang muncul pada kulit. Namun, kesalahan penggunaan obat ini membuat manfaatnya menjadi kurang dirasakan.

Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan, seperti:

  • Menggunakannya Terlalu Sering

Obat ini disarankan hanya digunakan maksimal dua kali pemakaian dalam satu hari. Terlalu sering menggunakan obat ini justru dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Kondisi ini memicu jerawat semakin memburuk.

  • Mengoleskan Terlalu Banyak

Sebaiknya oleskan obat ini dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan. Terlalu banyak memberikan obat ini dapat membuat kulit menjadi kering.

  • Menggunakan Bahan yang Tidak Sesuai

Jangan lupa untuk membaca dan mengenali setiap bahan yang terkandung dalam obat jerawat yang kamu gunakan. Menggunakan berbagai bahan yang tidak sesuai dapat memicu peradangan yang lebih buruk pada jerawat.

  • Tidak Menggunakan Perawatan Jerawat Lainnya

Dalam mengatasi jerawat, kamu juga perlu menggunakan perawatan lainnya untuk memaksimalkan kerja dari obat ini. Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter mengenai jenis perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat melalui Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Sebaiknya waspada terhadap efek samping yang bisa dialami akibat penggunaan acne spot treatment yang tidak sesuai. Hal ini bisa menyebabkan iritasi, sensasi panas, hingga gatal pada bagian yang terpapar obat ini. Segera hentikan pemakaian agar kondisi kulit dapat kembali membaik. 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Acne Spot Treatment Cream – Uses, Side Effects, and More.
Very Well Health. Diakses pada 2022. 4 Essential Ingredients for Acne Spot Treatment.
NHS. Diakses pada 2022. Acne.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan