Cara Penggunaan dan Penyimpanan Obat Cefadroxil yang Benar

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Februari 2022

“Seperti halnya obat-obatan lain, cefadroxil juga tidak boleh digunakan sembarangan. Obat ini harus digunakan sesuai resep dan arahan dari dokter. Meski tidak ada aturan khusus, penyimpanan obat ini pun harus hati-hati.”

Cara Penggunaan dan Penyimpanan Obat Cefadroxil yang BenarCara Penggunaan dan Penyimpanan Obat Cefadroxil yang Benar

Halodoc, Jakarta – Cefadroxil merupakan antibiotik yang biasa diresepkan dokter untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri. Termasuk infeksi bakteri di tenggorokan, saluran kemih, kulit, dan jantung.

Sebagai antibiotik, cefadroxil bekerja dengan cara menghambat perkembangan bakteri. Seperti obat-obatan lainnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan dan menyimpan cefadroxil.

Begini Cara Penggunaan Cefadroxil

Cefadroxil adalah obat resep, yang artinya harus digunakan sesuai dosis dan instruksi dari dokter. Jadi, pastikan untuk menggunakan cefadroxil persis seperti yang diarahkan oleh dokter.

Jangan gunakan obat ini lebih banyak, sedikit, sebentar, atau lama dari yang direkomendasikan dokter. Jika dokter menginstruksikan untuk menghabiskannya walau gejala sudah menghilang, maka habiskanlah.

Pada label kemasan obat juga biasanya tertera petunjuk penggunaan. Kamu bisa baca dengan saksama petunjuk yang disediakan, atau tanyakan pada apoteker yang melayani.

Cefadroxil dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Namun, jika kamu memiliki riwayat masalah pencernaan, sebaiknya konsumsi obat ini setelah makan.

Untuk cefadroxil cair atau suspensi, pastikan untuk mengocok botol obat sebelum menggunakannya. Hanya gunakan sendok takar obat yang tersedia, agar dosis bisa ditakar dengan tepat. Hindari menggunakan sendok makan atau sendok lain.

Untuk anak-anak, dosis cefadroxil biasanya ditentukan dokter berdasarkan berat badan. Pastikan untuk mengikuti dosis yang diberikan oleh dokter, saat memberikan obat ini pada anak-anak.

Jangan melewatkan dosis yang sudah ditentukan dokter, karena dapat meningkatkan risiko infeksi yang resisten terhadap obat. Jika lupa, segera minum saat ingat, jika jarak waktu dengan dosis selanjutnya masih jauh.

Namun, jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya, sebaiknya lewati saja dosis yang terlewat. Jangan pernah menggandakan dosis karena lupa minum obat.

Cefadroxil dapat memengaruhi hasil tes medis tertentu. Jadi, pastikan untuk memberitahu dokter yang merawat bahwa kamu sedang menjalani pengobatan dengan obat ini.

Cara Penyimpanan Obat yang Benar

Tidak ada aturan khusus untuk menyimpan cefadroxil. Obat ini dapat disimpan di suhu ruangan. Namun, jauhkan dari tempat yang lembap, panas, jangkauan anak-anak, dan sinar matahari langsung.

Untuk cefadroxil bentuk cair atau suspensi, sebaiknya simpan di lemari es, tetapi bukan di freezer. Jika obat tidak lagi digunakan lebih dari 14 hari, sebaiknya buang.

Jangan menyimpan obat sisa yang sudah tidak lagi diperlukan atau sudah kedaluwarsa. Tanyakan pada apoteker atau perusahaan pembuat obat tentang bagaimana harus membuang obat yang tidak lagi digunakan.

Penting untuk Diperhatikan sebelum Konsumsi Obat

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat, ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini bisa didiskusikan dengan dokter sebelum mulai menjalani pengobatan dengan cefadroxil.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat cefadroxil:

1. Alergi

Beri tahu dokter jika kamu pernah mengalami reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat lain. Beri tahu juga jika kamu memiliki jenis alergi lain, seperti alergi makanan, pewarna, pengawet, atau hewan.

2. Anak-Anak

Sejauh ini, belum ada bukti yang kuat tentang masalah serius akibat penggunaan cefadroxil pada anak-anak. Namun, dosis obat untuk anak tentu berbeda dengan orang dewasa, jadi harus dikonsultasikan pada dokter.

3. Lansia

Hingga saat ini, belum ada bukti yang kuat tentang masalah serius akibat penggunaan cefadroxil pada lansia. Namun, lansia lebih cenderung memiliki masalah ginjal terkait usia, yang mungkin memerlukan kehati-hatian dan penyesuaian dosis untuk obat ini.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara pengggunaan dan penyimpanan cefadroxil. Dapat diketahui bahwa obat ini tidak boleh digunakan sembarangan.

Jika mengalami masalah selama pengobatan dengan obat ini, segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Cefadroxil (Oral Route).
Everyday Health. Diakses pada 2022. Cefadroxil (Duricef).
Rx List. Diakses pada 2022. DURICEF.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan