Cara Mudah Menjaga Asam Urat Tetap Normal

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 April 2024

“Untuk mencegah asam urat kambuh, kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti membatasi makanan tinggi purin dan membatasi gula berlebih. Kamu juga dapat mengatasi asam urat dengan obat-obatan seperti Voltaren Emulgel 10 g, Salonpas Koyo 10 Patch, sampai dengan Dolo-Neurobion 10 Tablet yang bisa kamu beli di Halodoc. ”

Cara Mudah Menjaga Asam Urat Tetap NormalCara Mudah Menjaga Asam Urat Tetap Normal

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah produk limbah dari sisa pencernaan makanan yang mengandung purin. Ketika dikonsumsi terlalu banyak, tubuh tidak bisa membuang limbah ini dengan cepat sehingga menumpuk di dalam darah.

Nah, asam urat yang semakin menumpuk dapat mengeras dan membentuk kristal. Akibatnya, seseorang bisa mengalami nyeri sendi dan gejala asam urat lainnya. 

Untuk mencegah penyakit asam urat, tentunya kamu perlu menjaga kadar asam urat di angka normal. Berikut cara mudah menjaga asam urat tetap normal.

Tips Menjaga Asam Urat Tetap Normal

Melansir dari Healthline, berikut tips menjaga kadar asam urat tetap normal:

 1. Batasi makanan tinggi purin

Sumber utama asam urat terkandung dalam makanan yang tinggi purin, seperti daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna. Jika kamu ingin mencegah penyakit asam urat kambuh, sebaiknya hindari makan jeroan, ikan, kerang, dan daging merah. Kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang tanah juga perlu dihindari karena termasuk makanan yang mengandung purin.

2. Batasi gula berlebih

Asam urat sering dikaitkan dengan makanan tinggi protein. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan gula yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab yang potensial. Gula tambahan seperti sirup jagung, fruktosa tinggi yang sering ditambahkan dalam makanan olahan terbukti dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi.

Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah yang tanpa di jus atau membuat smoothies dengan pemanis alami seperti madu. Jangan lupa untuk minum banyak cairan untuk membantu ginjal mengeluarkan asam urat lebih cepat.

3. Hindari konsumsi alkohol

Minum alkohol dapat membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Hal ini dapat memicu kadar asam urat yang tinggi, karena ginjal harus terlebih dahulu menyaring produk alkohol yang masuk ke dalam darah, bukan asam urat dan limbah lainnya. Beberapa jenis minuman alkohol juga tinggi purin sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat berkali-kali lipat.

4. Menurunkan berat badan

Sel lemak yang banyak tersimpan di dalam tubuh bisa menumpuk asam urat lebih banyak. Selain itu, kelebihan berat badan membuat ginjal lebih sulit menyaring asam urat. Menurunkan berat badan dengan cara yang sehat bisa menurunkan risiko ini.

5. Perbanyak serat

Makan lebih banyak serat akan membantu tubuh menyingkirkan asam urat. Serat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin. Serat juga membantu tubuh mengenali rasa kenyang lebih cepat sehingga menurunkan risiko makan berlebihan.

6. Mengurangi stres

Stres, kebiasaan tidur yang buruk, dan terlalu sedikit olahraga dapat meningkatkan peradangan yang memicu naiknya kadar asam urat. Temukan koping stres yang tepat seperti berolahraga, melakukan hobi, bicara dengan teman dan jangan ragu meminta bantuan saat sedang kesulitan.

Hindari pula kebiasaan tidur larut yang bisa memicu insomnia. Sebelum tidur, pastikan suasana kamar nyaman dengan tempat tidur yang bersih dan matikan lampu. Hindari pula penggunaan handphone atau alat elektronik lainnya dua hingga tiga jam sebelum tidur. 

Tidur dan bangun pada waktu yang konsisten setiap hari untuk membentuk siklus tidur yang baik. Kurangi asupan kafein setelah makan siang supaya kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Rekomendasi Obat untuk Membantu Mengatasi Asam Urat 

Saat asam urat menyerang, kamu dapat meredakannya dengan konsumsi obat-obatan di bawah ini: 

1. Voltaren Emulgel 10 g

Rekomendasi obat asam urat yang pertama ini berjenis topikal untuk pemakaian luar. 

Voltaren Emulgel 10 g tergolong non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dengan kandungan zat aktif diclofenac. Voltaren Emulgel digunakan untuk mengobati peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot, dan sendi. Selain itu, reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik lokal juga dapat teratasi. 

Kamu dianjurkan untuk mengoleskan Voltaren Emulgel 10 g 3-4 kali sehari di area yang mengalami nyeri. Jangan lupa mencuci tangan sebelum pemakaian dan gosokkan secara lembut pada bagian tubuh yang membutuhkan. 

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube. 

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Salonpas Koyo 10 Patch

Rekomendasi obat untuk asam urat yang satu ini berjenis Plester pereda nyeri. Salonpas Koyo 10 Patch memiliki kandungan methyl salicylate, mentol, dan camphor yang dapat membantu meredakan nyeri dan menenangkan otot. 

Berbagai jenis kondisi mulai dari nyeri otot, sendi, kelelahan leher, sampai dengan tegang bisa teratasi dengan Salonpas Koyo. 

Sebelum pemakaian, kamu dianjurkan untuk membersihkan bagian tubuh yang sakit, lalu keringkan. Kemudian lepaskan kertas dan tempelkan Salonpas Koyo. Lepaskan setelah delapan jam pemakaian. 

Penting untuk diingat juga, kamu tidak bisa memakai obat ini lebih dari 3-4 kali sehari. Selain itu, hindari penggunaan pada kulit yang luka atau pada pengidap alergi aspirin atau salisilat. 

Rentang harga: Rp6.500 – Rp10.500 Per Sachet

Dapatkan Salonpas Koyo 10 Patch di Toko Kesehatan Halodoc

3. Ibuprofen 200 mg 3 Strip (10 Tablet/Strip) – Hemat Borongan

Ibuprofen 200 mg 3 Strip dapat membantu mengatasi asam urat karena memiliki efek anti peradangan, analgesik, dan antipiretik.

Obat ini bekerja meredakan rasa nyeri dan inflamasi di  gejala osteoartritis, dan gejala juvenile artritis reumatoid (rematik kronik yang sering terjadi pada anak di bawah 16 tahun). 

Tapi tak hanya itu, kondisi seperti demam pada anak, dan nyeri  saat setelah pencabutan gigi, setelah bedah, serta sakit kepala juga dapat diredakan obat ini. 

Untuk aturan pakainya sendiri,  Ibuprofen 200 mg 3 Strip memiliki dosis berikut:

  • Osteoartritis dan artritis reumatoid: 12 mg-18 mg 3 kali sehari.
  • Orang dewasa dan Anak 8-12 tahun: 2-25 mg 3 sampai 4 kali sehari.
  • Anak 3-7 tahun: 1-125 mg 3 sampai 4 kali sehari.
  • Anak 1-2 tahun: 5 mg 3 sampai 4 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp6.400 – Rp11.200 per 3 strip

Dapatkan Ibuprofen 200 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Farsifen Plus 10 Tablet

Farsifen Plus memiliki kandungan paracetamol, ibuprofen dan, kafein yang dapat meringankan rasa nyeri saat sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, nyeri haid, dan menurunkan demam. 

Rasa sakit akibat asam urat dapat diatasi karena kandungan paracetamol-nya bekerja meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri. Sementara Ibuprofen memiliki efek analgesik, antiinflamasi, dan antipiretik dan kafein bekerja memulihkan sakit kepala. 

Untuk aturan pakainya, orang dewasa dan anak di atas 12 tahun dapat mr dosis 1 kaplet untuk diminum 3-4 kali sehari sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp7.900 per strip.

Dapatkan Farsifen Plus 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Dolo-Neurobion 10 Tablet

Rekomendasi obat untuk mengatasi asam urat yang terakhir adalah Dolo-Neurobion 10 Tablet. Obat ini bekerja sebagai pereda nyeri dan sekaligus vitamin neurotropik. 

Dengan kandungan paracetamol, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 di dalamnya,  Dolo-Neurobion bisa membantu meredakan rasa nyeri karena neuritis dan neuralgia. 

Efek analgesik-nya dapat menghambat prostaglandin agar nyeri ringan sampai sedang bisa berkurang. Sementara vitamin B1 memetabolisme karbohidrat, vitamin B6 memetabolisme protein dan asam amino, serta vitamin B12 yang bisa memelihara keutuhan jaringan saraf.

Untuk aturan pakainya, obat ini boleh diminum sebelum atau sesudah makan 2 sampai 3 kali sehari sebanyak satu tablet.  

Kisaran harga: Rp27.100 per strip.

Dapatkan Dolo-Neurobion 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat yang dapat membantu mengatasi asam urat. Temukan juga beragam obat, produk kesehatan, dan produk kesehatan di  Toko Kesehatan Halodoc.  Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Natural Ways to Reduce Uric Acid in the Body.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to lower uric acid levels naturally.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan