Cara Mengolah Buah Matoa dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Oktober 2021
Cara Mengolah Buah Matoa dan Manfaatnya Bagi TubuhCara Mengolah Buah Matoa dan Manfaatnya Bagi Tubuh

“Buah matoa berasal dari Papua Barat, Indonesia. Jenis buah ini dikenal memiliki rasa yang unik dan tekstur mirip rambutan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini juga tidak kalah dengan buah lainnya, sehingga bisa memberi manfaat kesehatan jika dikonsumsi. Manfaat yang bisa didapat adalah menjaga kesehatan jantung, kulit, serta melawan infeksi virus.

Halodoc, Jakarta – Buah matoa disebut memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Buah yang banyak ditemui di Papua Barat, Indonesia ini memiliki aroma dan tekstur yang mirip dengan rambutan. Bahkan, buah matoa dikenal dengan istilah “buah tiga rasa” karena buah ini memiliki rasa legit dan manis, seperti kelengkeng, rasa gurih khas buah durian, serta sensai memakannya yang mirip rambutan. 

Selain dari keunikan rasa dan teksturnya, buah yang satu ini ternyata menyimpan beragam nutrisi sehingga bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah matoa atau Pometia Pinnata berada dalam satu keluarga dengan buah leci dan kelengkeng. Buah ini sudah cukup lama digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Papua. 

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat agar Kulit Glowing

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Matoa 

Apa yang menyebabkan buah matoa menjadi jenis buah yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh? Jawabannya adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ada banyak kandungan nutrisi dalam buah ini, termasuk vitamin C dan E. Karena itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. 

Vitamin E dan C merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk mencegah risiko kerusakan akibat serangan radikal bebas. Itulah salah satu alasan yang membuat buah ini disarankan untuk dikonsumsi? Lantas, bagaimana cara mengolah buah ini? Sebenarnya tidak perlu terlalu dipersulit. 

Dengan kekayaan rasa dan tekstur buahnya yang unik, matoa bisa dikonsumsi secara langsung setelah dikupas. Hal ini juga disebut bisa menjaga rasa khas dari buah ini serta manfaat sehat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Rutin mengonsumsi buah matoa disebut bisa meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, karena memiliki kandungan vitamin C. 

Manfaat Sehat Lain yang Harus Diketahui 

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah matoa bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal itu bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti: 

  1. Melawan Infeksi Virus 

Salah satu manfaat sehat dari matoa adalah melawan infeksi virus. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini bisa membantu kekebalan tubuh yang berperan dalam melawan virus penyebab penyakit. 

  1. Meredakan Stres 

Selain memiliki rasa yang enak, buah matoa ini ternyata bisa membantu menurunkan stres. Kandungan vitamin E dalam buah ini disebut bisa berperan sebagai pereda stres. 

Baca juga: 7 Cara Atasi Kulit Kusam

  1. Menjaga Kesehatan Jantung  

Mengonsumsi matoa juga sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. Hal itu berkat kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimiliki. Makanan yang kaya akan vitamin E disebut bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh serta kandungan vitamin C yang berperan dalam melancarkan peredaran darah. 

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit  

Mengonsumsi buah bisa membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk buah matoa. Kandungan vitamin dalam buah ini bisa menjaga kesehatan kulit serta menghindari risiko gangguan, seperti kulit kering dan kusam. 

Baca juga: 7 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

Kalau sakit dan butuh saran ahli, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini, lebih mudah untuk menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan hal yang ingin ditanyakan dan dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di ponselmu! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
DrHealthBenefits. Diakses pada 2021. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua).
Window of World. Diakses pada 2021. 4 Benefits of Matoa Fruit You Need To Know. 
USS Feed. Diakses pada 2021. 7 Fakta Buah Matoa yang Punya Tiga Rasa. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan