Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Permanen

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Agustus 2024

“Lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda memang bisa bikin kamu tidak percaya diri. Untungnya, ada tips menghilangkannya secara alami, seperti cukup tidur, atau mengoleskan bahan alami lainnya.”

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara PermanenCara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Permanen

DAFTAR ISI

  1. Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam
  2. Penyebab Kantung Mata Hitam yang Dapat Dihindari
  3. Hubungi Dokter Ini untuk Tips Menghilangkan Mata Hitam

Halodoc, Jakarta – Lingkaran hitam di bawah kelopak mata bawah sering terjadi pada pria dan wanita. Masalahnya, kehadiran kantung mata ini kerap membuat penampilan kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Namun untungnya, banyak cara menghilangkan kantung mata hitam yang bisa kamu lakukan. Salah satu penyebab dari kantung mata menghitam ini adalah kelelahan.

Karena itu, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya karena kondisi ini tidak memerlukan perhatian medis. Perawatan untuk bengkak juga bervariasi dan kamu bisa melakukannya di rumah.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Cara menghilangkan kantung mata hitam sebenarnya mudah dan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, ada beberapa cara sederhana untuk membantu mengatasi kondisi ini. Caranya, antara lain: 

1. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Ini dapat mengurangi munculnya bengkak dan membantu menghilangkan lingkaran hitam.

Bungkus beberapa es batu dengan lap bersih dan oleskan ke mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama.

Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau jika es mencair.

2. Penuhi Waktu Tidur

Memenuhi waktu tidur juga dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam di mata. Sebab kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak pucat, membuat lingkaran hitam lebih jelas. Cobalah untuk penuhi waktu tidur, tujuh hingga delapan jam sehari. 

3. Tinggikan Kepala Saat Tidur

Kurang tidur dapat berperan dalam menghasilkan kantong gelap di bawah mata, terkadang cara tidur juga.

Cobalah untuk tinggikan kepala dengan beberapa bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata. Sebab kondisi ini bisa membuatnya terlihat bengkak. 

4. Gunakan Kantong Teh

Menempelkan kantong teh dingin ke mata juga dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata hitam.

Pasalnya, teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit.

Rendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama lima menit. Biarkan mereka dingin di lemari es selama 15 hingga 20 menit.

Setelah dingin, oleskan teh celup ke mata tertutup selama 10 hingga 20 menit. Setelah dilepas, bilas mata dengan air dingin.

5. Oleskan Kentang yang Diiris Tipis ke Setiap Mata

Kentang mengandung enzim yang disebut Catecholase, yang mengandung sifat pencerah kulit yang membantu mengurangi lingkaran di bawah mata. Kamu bisa mengoleskan minyak ringan, seperti minyak kelapa untuk melakukan pijat mata agar mengalirkan cairan. 

6. Hindari Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari yang meningkat bisa menjadi alasan lingkaran hitam tampak tidak berkurang, tidak peduli berapa lama kamu istirahat.

Ini karena sinar matahari meningkatkan kandungan melanin di kulit, sehingga membuat pigmen tampak lebih gelap.

Oleh karena kulit di sekitar mata jauh lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya, ia bisa menjadi tempat pertama yang menunjukkan produksi melanin ekstra.

Maka itu, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung atau pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Penyebab Kantung Mata Hitam yang Dapat Dihindari

Selain kelelahan, kantung mata hitam juga dapat disebabkan oleh penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit di bawah mata mulai mengendur dan menipis, sehingga pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat. Hal tersebut menyebabkan tampilan bahwa mata menggelap.

Sementara itu, penyebab lainnya dari kantung mata hitam yang sebenarnya dapat dihindari yaitu:

  • Menggosok mata: Menggosok dan menggaruk mata dapat menyebabkan bagian bawah mata membengkak dan pembuluh darah pecah.Maka itu, sebaiknya hindari menggosok atau menggaruk mata, apalagi dengan cara yang keras.
  • Kurang tidur: Kebiasaan tidur yang buruk juga dapat menyebabkan kulit di bawah mata tampak pucat. Alhasil, pembuluh darah jadi terlihat melalui kulit. Sebaiknya cukupi kebutuhan tidur untuk mencegah kantung mata hitam muncul.
  • Hiperpigmentasi: Terlalu lama atau sering terpapar sinar matahari memicu tubuh membuat lebih banyak melanin, yaitu zat pigmen yang memberi warna pada kulit. Bila harus bekerja di bawah sinar matahari, sebaiknya kenakan kacamata hitam dan oleskan tabir surya pada wajah.
  • Dehidrasi: Ketika tubuh tidak cukup air, kulit di bawah mata bisa terlihat kusam. Penting untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk mencegah hal tersebut terjadi. 
  • Faktor gaya hidup: Penggunaan alkohol berlebihan dan merokok termasuk yang sering menyebabkan kantung mata hitam. Maka itu ada baiknya untuk berhenti atau mengurangi penggunaan alkohol dan merokok.

Hubungi Dokter Ini untuk Tips Menghilangkan Mata Hitam

Apabila kamu memiliki mata panda dan tak kunjung hilang meski sudah menjalani berbagai perawatan, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc.

Mereka bisa memberikan saran perawatan yang tepat serta meresepkan obat jika dibutuhkan.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien di Halodoc.

Berikut daftar dokternya:

1. dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E

Dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2007 dan 2015..

Saat ini, dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E sedang menjalani praktik di Manado, Sulawesi Utara. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 16 tahun, dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara menghilangkan mata panda.

Bukan cuma itu, ia juga dapat memberikan konsultasi seputar kulit sensitif, ruam kulit dan gigitan serangga, estetika, kulit anak dan bayi, serta masalah jerawat. 

Chat dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E dari Rp 60.000,- di Halodoc.

2. dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dokter Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2012 dan Universitas Udayana pada 2020. 

Ia kini berpraktik di Surabaya, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 11 tahun, dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan untuk menghilangkan mata panda.

Ia juga bisa memberikan solusi terkait penyakit kelamin, kulit anak dan bayi, jerawat, ruam kulit dan gigitan serangga, serta estetika. 

Chat dr. Monica Rosalind Kawilarang Sp.D.V.E mulai dari Rp 60.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit yang bisa kamu hubungi untuk bertanya seputar perawatan untuk menghilangkan mata panda. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Heveya. Diakses pada 2024. Panda Eyes, Dark Circles Under the Eyes – Causes & Treatment.
Women’s Health. Diakses pada 2024. 9 Ways To Get Rid of Dark Circles Under Your Eyes This Winter.
Healthline. Diakses pada 2024. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
Medical News Today. Diakses pada 2024. What causes dark circles under the eyes?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Dark Circles Under Eyes

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan