Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Medis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juli 2024

“Ada banyak pilihan cara menghilangkan flek hitam di wajah, seperti dengan perawatan laser, mikrodermabrasi, chemical peeling, dan krioterapi. Agar lebih efektif dan tepat dengan kondisi kulitmu, konsultasikan pada dokter sebelum memulai perawatan.”

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara MedisCara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Medis

Halodoc, Jakarta – Flek hitam pada wajah, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit memproduksi melanin dalam jumlah yang berlebihan. Umumnya, penyebab utama munculnya flek hitam ini adalah paparan sinar UV dari matahari.

Meskipun tidak berbahaya, hiperpigmentasi dapat mengurangi rasa percaya diri. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa pilihan perawatan medis yang bisa kamu jalani untuk mengatasinya. 

Namun, perlu kamu catat, setiap perawatan medis memiliki resikonya tersendiri. Oleh sebab itu, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai perawatan medis untuk flek hitam. Simak penjelasannya berikut ini!

Pilihan Cara Menghilangkan Flek Hitam

Jika kamu sedang mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah, kamu bisa mencoba beberapa perawatan ini:

1. Krim Pencerah Kulit Resep

Krim pencerah resep bekerja dengan cara memutihkan kulit. Biasanya, krim pencerah bekerja secara bertahap dan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengurangi munculnya flek hitam.

Hydroquinone misalnya, yang merupakan bahan aktif dalam krim, dapat mencegah kulit memproduksi melanin. Namun, penggunaannya harus dalam pengawasan dokter. 

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui merek krim penghilang flek hitam yang bisa kamu coba: “Ini Rekomendasi Obat Penghilang Flek Hitam di Apotik yang Bisa Dicoba”. 

2. Perawatan Laser

Selain dengan krim, perawatan laser juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Prosedur ini menggunakan energi cahaya khusus yang terkonsentrasi. Beberapa perawatan laser menargetkan pigmen itu sendiri, sementara yang lain bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit demi lapisan.

Dengan metode ini, lapisan kulit yang gelap akan dihilangkan. Ada beberapa jenis perawatan laser sebagai cara menghilangkan flek hitam. Solusi ini bekerja lebih cepat daripada krim kulit resep. 

Namun, ada beberapa risiko yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Pembengkakan.
  • Kemerahan.
  • Kulit terasa tertarik.
  • Jaringan parut,
  • Infeksi.
  • Perubahan tekstur kulit.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat membaca artikel berikut ini: “Terapi Laser untuk Hilangkan Flek Hitam, Efektifkah?”

3. Chemical Peeling

Produk chemical peeling biasanya menggunakan berbagai jenis asam lembut untuk memecah sel-sel kulit mati, atau lapisan atas kulit. Menghapus lapisan ini dapat membantu memperlihatkan kulit yang lebih sehat dengan warna yang lebih merata di bawahnya.

Walaupun banyak perawatan chemical peeling yang aman, perawatan ini juga memiliki risiko iritasi kulit. Umumnya, prosedur chemical peeling menggunakan bahan-bahan seperti:

  • Asam alfa hidroksi (AHA).
  • Asam azelaic.
  • Asam beta hidroksi (BHA).
  • Asam glikolat.
  • Asam laktat.
  • Asam mandelic.
  • Asam salisilat.

Produk chemical peeling biasanya dapat kamu beli tanpa resep. Meskipun demikian, akan lebih baik jika kondisi kulit dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Sangat penting untuk tidak terlalu sering menggunakan chemical peeling, karena kulit membutuhkan waktu untuk pulih dari gempuran bahan kimia. Menggunakan produk terlalu sering dapat menyebabkan iritasi atau peradangan.

Beberapa orang juga memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap produk kimia yang berbeda. Jika kamu mengalami efek samping, hentikan penggunaan produk tersebut.

4. Mikrodermabrasi

Pilihan cara menghilangkan flek hitam lainnya adalah mikrodermabrasi. Selama perawatan ini, dokter kulit menggunakan perangkat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit.

Perawatan ini mendorong pertumbuhan kolagen baru, yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik hitam di kulit.

Selain membantu menghilangkan flek hitam, prosedur ini juga dapat mengatasi sejumlah masalah kulit lainnya. Baca selengkapnya pada artikel ini: “5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Mikrodermabrasi”.

5. Krioterapi

Krioterapi menggunakan nitrogen cair atau gas karbon dioksida bertekanan rendah untuk mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk hiperpigmentasi atau flek hitam. 

Prosedur ini melibatkan pembekuan jaringan kulit untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Setelah krioterapi, kulit sering mengalami pengelupasan dan dapat memperlihatkan penampilan yang lebih cerah dan merata. 

Itulah beberapa pilihan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara medis.

Untuk mengetahui prosedur mana yang tepat, kamu dapat menghubungi dokter kulit di Halodoc untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan memeriksa kondisi kulit kamu dan menentukan perawatan yang tepat.

Agar kulit tetap terjaga, kamu juga dapat membeli obat flek hitam dan produk perawatan kulit lainnya dari Toko Kesehatan Halodoc. Tidak perlu khawatir, produk terjamin asli dan akan dikirim dari apotek terpercaya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Dark Spots On The Skin: Causes And How To Treat Them.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Dark Spots on the Face.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan