Cara Menggunakan Miracle Fruit untuk Program Diet

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 November 2022

“Miracle fruit merupakan buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tidak banyak orang yang tahu cara mengonsumsinya saat diterapkan dalam program diet.”

Cara Menggunakan Miracle Fruit untuk Program DietCara Menggunakan Miracle Fruit untuk Program Diet

Halodoc, Jakarta – Miracle fruit memiliki nama ilmiah synsepalum dulcificum, merupakan salah satu buah dengan segudang manfaat kesehatan. Tanaman yang termasuk keluarga beri ini berasal dari Afrika, seperti Kongo dan Nigeria.

Konsumsi dari buah ini semakin populer karena potensi manfaat yang bisa diberikan. Jika kamu ingin makan buah ini dan memasukkannya pada makanan saat diet, ada beberapa cara pengolahan yang membuatnya lebih nyaman untuk dinikmati.

Berbagai Cara Mengolah Miracle Fruit untuk Diet

Buah ajaib ini kaya akan kandungan miraculin, termasuk dalam jenis glikoprotein, protein dengan molekul gula yang terdapat dalam asam amino. Nah, miraculin dapat mengikat reseptor rasa, sehingga dapat mempermanis rasa asam pada beberapa makanan, seperti lemon dan acar.

Sifat pengubah rasa miraculin ini membuat miracle fruit sebagai bahan kuliner serta dapat digunakan untuk diet. Maka dari itu, perlu tahu berbagai cara yang bisa dilakukan agar mengonsumsi buah ini lebih nikmat pada santapan diet.

Mencampur dengan Buah-Buahan Lainnya

Salah satu cara menikmati miracle fruit adalah dengan beberapa buah lainnya, seperti tomat dan stroberi. Meski tidak membuat makanan yang sudah manis menjadi lebih terasa, buah ini dapat mengurangi rasa asam pada makanan lainnya sehingga lebih nikmat untuk disantap.

Kemampuan dari kandungan miraculin pada miracle fruit dapat menutupi rasa asam pada makanan lainnya. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi pengganti gula rendah kalori yang ideal, sehingga baik dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Bahkan di negara asalnya, Ghana, miracle fruit digunakan untuk mempermanis makanan dan minuman yang asam. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari beberapa makanan tetapi tidak suka rasa asamnya, konsumsi bersamaan dengan buah ajaib ini patut dicoba.

Tingkat Keamanan dalam Konsumsi Miracle Fruit

Masih sedikit sekali studi yang mengevaluasi efektivitas dari manfaat dan tingkat toksisitas dari buah ini. Beberapa negara seperti Jepang dan yang terdaftar di Uni Eropa sudah memperbolehkan miraculin sebagai bahan tambahan makanan. Namun, berbeda terbalik dengan Amerika Serikat yang masih belum menyetujuinya.

Ada penelitian lainnya yang menunjukkan jika ekstrak dari tanaman ini dapat mengurangi kadar gula darah. Maka dari itu, seseorang yang memiliki kondisi kadar gula darah rendah dan diabetes perlu berhati-hati saat mengonsumsi buah ini, atau bahkan membutuhkan izin dari dokter.

Maka dari itu, penelitian lebih lanjut dari miracle fruit mesti dilakukan secara mendalam, sehingga keamanannya saat dikonsumsi dapat dipastikan. Terlebih pada seseorang yang mengidap diabetes karena dapat mengurangi kadar gula darah, tentunya dapat membahayakan.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait miracle fruit, baik secara manfaat, keamanan, dan hal lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. This Traditional African Fruit May Be a ‘Miracle’.
Web MD. Diakses pada 2022. Miracle Fruit – Uses, Side Effects, and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan