Cara Memilih Minyak Rambut yang Tepat untuk Pria

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 September 2024

“Memilih minyak rambut yang tepat sangat bergantung pada jenis rambut. Ada beberapa jenis minyak rambut yang dapat digunakan pria, yaitu minyak kelapa, tea tree oil, minyak argan, atau minyak jarak.”

Cara Memilih Minyak Rambut yang Tepat untuk PriaCara Memilih Minyak Rambut yang Tepat untuk Pria

DAFTAR ISI

Tips Memilih Minyak Rambut yang Sesuai dengan Kebutuhan


Halodoc, Jakarta – Ketakutan pria dan wanita terhadap masalah rambut umumnya sama, yaitu rambut rontok. Hanya saja, pria umumnya lebih cuek soal urusan merawat rambut. Padahal, pria juga perlu merawat rambut, misalnya dengan memanfaatkan khasiat minyak rambut. 

Minyak rambut merupakan salah satu perawatan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Melakukan perawatan dengan minyak rambut, dapat mencegah dan mengatasi ketombe, memperkuat folikel rambut, serta mengurangi produksi sebum di kulit kepala. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah minyak rambut cocok untuk kulit kepala dan jenis rambutmu? Simak ulasan berikut!

Tips Memilih Minyak Rambut yang Sesuai dengan Kebutuhan

Memilih minyak rambut tentu tak bisa sembarangan. Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis rambut (ikal, berminyak, tebal, atau keriting). Karena pada dasarnya, setiap jenis minyak memiliki vitamin dan khasiat yang berbeda. 

Selain itu, saat memutuskan untuk menggunakan minyak di kulit kepala, kamu perlu melakukan pengujian. Ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada reaksi alergi di kulit kepala nantinya.

Nah, berikut ini minyak yang disarankan sesuai jenis dan kebutuhan rambut pria:

1. Minyak kelapa untuk semua tekstur rambut

Minyak kelapa dapat digunakan untuk setiap tekstur rambut pria. Minyak yang satu ini mengandung antioksidan dan vitamin E yang tinggi, sehingga membantu kamu terhindar dari risiko kerusakan dan kerontokan rambut

Pada pria, mengoleskan minyak kelapa 1 sampai 2 kali seminggu sudah cukup untuk menutrisi rambut. Oleskan dengan lembut dari kulit kepala hingga ujung rambut, kemudian cuci setelah 20 menit. 

Membiarkan minyak kelapa di kepala selama semalaman juga akan memberikan hasil yang lebih baik.

Jika kamu mengalami masalah rambut rontok, berikut “Ini 5 Rekomendasi Vitamin Rambut Rontok untuk Mencegah Kebotakan”.

2. Minyak wijen untuk mengatasi kulit kepala dan rambut kering

Minyak wijen mengandung antioksidan, vitamin, asam lemak omega, dan mineral sebagai magnesium, protein, dan kalsium. 

Selain itu, minyak ini memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi yang dapat mengobati berbagai masalah, yang berhubungan dengan rambut dan kulit kepala. 

3. Tea tree oil untuk menumbuhkan rambut

Tea tree oil bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti kebotakan dan kekeringan. Sebab penggunaan minyak ini diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Selain itu, tea tree oil jadi salah satu pilihan minyak rambut untuk menghilangkan ketombe. Ini berkat kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya, yang secara efektif dapat melawan jamur penyebab ketombe. 

Jika kamu memiliki masalah rambut seperti kebotakan dan kekeringan, maka kamu dapat mengatasinya dengan tea tree oil.

4. Esensial lavender untuk atasi kulit kepala gatal

Minyak esensial lavender memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri serta jamur di kulit kepala. 

Dengan mengoleskan minyak ini secara rutin ke rambut dan kulit kepala, maka masalah seperti gatal dan ketombe dapat teratasi. Tak hanya itu, minyak esensial lavender juga mampu mengatasi berbagai infeksi lain yang menjadi pemicu kebotakan pada pria. 

5. Minyak jarak untuk mencegah kerontokan

Minyak jarak bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Kamu bisa mengaplikasikan minyak ini sebulan sekali, untuk meningkatkan pertumbuhan rambut  dan mencegah kerontokan rambut.

6. Minyak argan untuk melembabkan rambut

Jika kamu memiliki rambut kering, maka minyak argan cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Minyak argan mengandung asam linoleat dan oleat yang telah terbukti dapat melumasi batang rambut, serta membantu mempertahankan kelembaban kulit kepala.

Selain itu, minyak argan juga mengandung vitamin E yang berkhasiat mengurangi kekeringan, mencegah rambut kusut, dan meningkatkan kilau rambut. 

Merawat rambut dengan minyak esensial dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dengan efek samping yang sangat kecil. Selain itu, perawatan dengan minyak rambut relatif mudah dilakukan oleh pria. 

Jika kamu memiliki masalah rambut lainnya yang dirasa sampai mengganggu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter di Halodoc. Selain itu, kamu bisa juga membeli beragam produk perawatan rambut di Toko Kesehatan Halodoc

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Hair Oiling Benefits, Choosing Oil, and How to Do It.
Healthline. Diakses pada 2024. Essential Oils for Hair.
The Manual. Diakses pada 2024. The 5 Best Men’s Hair Oils to Answer Your Hair Problems.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan