Cara Hilangkan Tahi Lalat, Medis dan Alami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Juli 2022

“Tahi lalat dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang dan dapat dihilangkan dengan beberapa cara. Nah, cara yang bisa dilakukan, antara lain pembedahan, menggunakan cairan nitrogen, atau pembakaran.”

Cara Hilangkan Tahi Lalat, Medis dan AlamiCara Hilangkan Tahi Lalat, Medis dan Alami

Halodoc, Jakarta – Adanya tahi lalat di wajah atau bagian tubuh yang terlihat lainnya, bisa jadi menurunkan kepercayaan diri. Beberapa orang bahkan mencari tahu cara yang efektif untuk menghilangkannya. 

Ada dua langkah yang bisa dipilih untuk menghilangkan tahi lalat yang menempel. Cara pertama adalah dengan medis, lalu yang lainnya adalah dengan metode alami.

Nah, untuk tahu cara ampuh menghilangkan sesuatu yang mengganggu pada kulit ini, baca di sini!

Cara Ampuh Hilangkan Tahi Lalat

Faktanya, seseorang bisa memiliki tahi lalat sebanyak 10-40 buah termasuk kondisi yang normal. Sebab, warna hitam pada kulit ini bersifat jinak dan tidak menimbulkan bahaya. 

Meski begitu, ada juga tahi lalat yang ganas, atau disebut juga kanker kulit melanoma. Tahi lalat ini harus segera dihilangkan dari tubuh. Bukan hanya yang ganas, tahi lalat jinak juga dapat dihilangkan jika ingin.

Lalu, bagaimana saja sih cara menghilangkan tahi lalat yang bisa dilakukan? Ada dua pilihan, yaitu operasi atau secara alami. Nah, berikut beberapa cara menghilangkan tahi lalat dengan metode operasi:

1. Bedah Cukur

Cara pertama untuk hilangkan tahi lalat adalah dengan bedah cukur. Metode ini umumnya dilakukan untuk tahi lalat yang berukuran kecil.

Untuk melakukannya, dokter akan membius area tahi lalat yang ingin dihilangkan. Lalu, sebuah pisau kecil digunakan untuk memotong hingga bagian bawahnya. Dengan begitu, tahi lalat dapat menghilang dari kulit.

2. Bedah Eksisi

Jika tahi lalat yang ingin dihilangkan cukup besar, bedah eksisi biasanya dipilih untuk mengatasinya. Cara ini hampir mirip dengan bedah cukur, area tahi lalat dibius lalu menggunakan pisau bedah untuk menghilangkannya. Bekas luka yang ada ditutup dengan jahitan.

3. Menggunakan Cairan Nitrogen

Tidak banyak orang yang tahu jika tahi lalat bisa dihilangkan dengan penggunaan cairan nitrogen. Cairan dingin ini disemprotkan dengan dosis kecil pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Proses ini dapat menghilangkan tahi lalat tapi meninggalkan luka lepuh. Namun, luka ini dapat hilang sendirinya.

4. Metode Pembakaran

Metode pembakaran juga dapat menghilangkan tahi lalat yang tidak diinginkan. Tahi lalat akan ditempelkan logam panas dengan tenaga listrik, agar lapisan atasnya terbakar. Memang tidak ada efek samping yang timbul, tetapi harus dilakukan berulang kali.

Ada juga lho berbagai cara rumahan untuk hilangkan tahi lalat, seperti:

5. Bawang Putih

Cara alami untuk menghilangkan tahi lalat adalah dengan bawang putih. Tempelkan bawang putih dan tutup dengan perban, lalu diamkan semalaman. Lakukan cara ini hingga tahi lalat menghilang.

6. Cuka Sari Apel

Kamu juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan tahi lalat. Kandungan asam malat dan tartaratnya dapat menghilangkan warna hitam pada kulit yang tidak diinginkan. Oleskan sedikit cuka ke tempat yang diinginkan, lalu diamkan sejenak dan bersihkan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat, baik secara medis maupun alami. Pertama-tama bisa memilih cara rumahan dengan bahan alami. Jika tidak efektif, barulah pilihan medis bisa dilakukan jika benar-benar ingin.

Selain itu, kamu juga bisa lho memesan tindakan medis untuk menghilangkan tahi lalat melalui fitur janji medis dari Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam kemudahan dalam akses kesehatan bisa digunakan melalui smartphone. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Should Know About Mole Removal.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Can I get rid of a mole by myself?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan