Cara Aman untuk Mencoba Olahraga Ekstrim

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juli 2022

“Olahraga ekstrim berbeda dengan olahraga pada umumnya. Ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan supaya tetap aman dan terhindar dari cedera.”

Cara Aman untuk Mencoba Olahraga EkstrimCara Aman untuk Mencoba Olahraga Ekstrim

Halodoc, Jakarta – Seru, menantang, dan memacu adrenalin adalah alasan mengapa orang tertarik mencoba olahraga ekstrim. Namun, terdapat risiko yang tinggi di balik olahraga tersebut. Itu sebabnya, kamu wajib mengenakan pelindung dan mematuhi tata caranya. 

Jika dilakukan secara tepat, olahraga ekstrim tetap aman dan mampu memberikan segudang manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatannya yaitu meningkatkan detak jantung, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan pasokan oksigen ke paru-paru. Seluruh efek ini mampu membuat tubuh lebih segar. 

Tips Aman Melakukan Olahraga Ekstrim

Menurut laporan United States Parachuting Association, jumlah orang yang meninggal karena olahraga ekstrim terjun payung mencapai lebih dari 20 orang setiap tahunnya. Itu sebabnya, kamu perlu mempersiapkan dengan matang sebelum mencoba olahraga ekstrim. Berikut beberapa tips melakukan olahraga ekstrim supaya tetap aman:

1. Dengarkan Instruksi dari Ahlinya

Sebelum melakukan bungee jumping, biasanya kamu akan diberi tahu tentang tata cara melakukannya. Misalnya seperti posisi tangan yang baik, cara menjatuhkan diri yang benar, dan kiat-kiat lainnya. Instruksi ini penting kamu lakukan untuk mengurangi ketegangan dan risiko cedera. 

2. Perhatikan Persyaratannya

Tips lainnya adalah perhatikan seluruh persyaratan untuk melakukan olahraga ekstrim tertentu. Jika kamu telah memenuhi syarat, artinya kamu bisa mencobanya. Untuk mencoba skydiving misalnya, usia minimum 18 tahun, berat badan tidak melebihi 125 kg, dan tidak mempunyai masalah kesehatan tertentu. Jika kamu tidak memenuhi persyaratan, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tersebut.

3. Kenakan Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan

Mulai dari jenis pakaian dan perlengkapan lainnya perlu kamu persiapkan sebelum berolahraga ekstrim. Untuk melakukan olahraga snowboarding misalnya, kamu perlu menggunakan pakaian yang tebal serta jaket windproof agar. Selain pakaian, ada beberapa aksesoris yang harus kamu kenakan, seperti helm, kacamata khusus, sarung tangan, dan sepatu boots

4. Jangan Lewatkan Latihan

Hampir semua olahraga ekstrim membutuhkan latihan. Misalnya diving, pelatih tentu akan mengajari kamu cara bernapas dengan menggunakan peralatan diving dan gaya renangnya. Sedangkan untuk surfing, kamu akan diajari cara berdiri di atas papan seluncur.

Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter kapanpun kamu butuhkan. Jangan tunda agar keluhan yang kamu alami tidak semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2022. 5 Ways to Avoid Sports Injuries.
EHS Today. Diakses pada 2022. Preventing Extreme Sport Injuries.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan