Busui, Ini 6 Cara Mengatasi Payudara Lecet Secara Alami

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juni 2024

“Terdapat enam cara yang dapat dilakukan guna mengatasi payudara lecet akibat menyusui. Salah satunya adalah memilih posisi menyusui yang ideal.”

Busui, Ini 6 Cara Mengatasi Payudara Lecet Secara AlamiBusui, Ini 6 Cara Mengatasi Payudara Lecet Secara Alami

Daftar isi:

Cara Mengatasi Payudara Lecet Akibat Menyusui 

Rekomendasi Salep untuk Mengatasi Puting Lecet


Halodoc, Jakarta – Seorang ibu tentu akan mengusahakan segalanya untuk kebaikan buah hatinya. Termasuk dalam berusaha untuk memberikan ASI eksklusif pada anak hingga dirinya genap berusia dua tahun. Kendati demikian, selama masa menyusui, pastinya ada tantangan yang juga perlu dihadapi oleh seorang ibu. Salah satunya adalah munculnya rasa sakit pada payudara. Perlu diketahui bahwa sakit di payudara ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.  

Namun, yang umum terjadi pada ibu adalah payudara yang lecet akibat menyusui. Puting susu bisa terluka saat menyusui anak, apalagi ketika gigi Si Kecil mulai tumbuh. Ibu pasti merasakan bagaimana sakit dan sulitnya melakukan hal ini.

Saat puting payudara lecet, tentu ibu jadi serba salah. Sebab, anak butuh diberikan asupan ASI, tetapi di sisi lain, rasa sakit juga membuat ibu tidak tahan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak informasinya di sini! 

Cara Mengatasi Payudara Lecet Akibat Menyusui

Mulai dari memilih posisi menyusui yang ideal hingga menggunakan pelembap, berikut cara mengatasi payudara lecet:

1. Pilih Posisi Menyusui yang Ideal

Ketika akan menyusui Si Kecil, pastikan agar ibu dan bayi dalam posisi yang nyaman. Posisi paling ideal adalah Si Kecil harus menghadap ke arah payudara. Dan buat posisi ibu agar puting pas di mulut bayi. Jika menyusui sambil berbaring di tempat tidur, ibu juga mesti memutar posisi berbaring sesuai dengan di payudara sebelah mana Si Kecil menyusu.

2. Istirahatkan Puting Susu

Jika puting susu terluka, sebaiknya hindari mengenakan bra dan terkena gesekan pakaian sementara waktu. Bila puting susu sudah terluka, biarkan puting tersebut terkena udara bebas sejenak setelah menyusui. Lindungi puting susu dari gesekan pakaian untuk sementara waktu.

3. Keringkan Payudara

Gunakan nursing pad untuk mengeringkan payudara yang basah setelah menyusui. Jika nursing pad yang digunakan sudah basah sebaiknya langsung ganti yang baru. Penggunaan nursing pad seharusnya tetap bersih dan tidak lembap agar tidak menjadi sarang bakteri.

4. Oleskan ASI

Obat alami dari puting susu yang terluka adalah ASI itu sendiri. Jadi oleskan ASI pada luka di puting. Selanjutnya, biarkan ASI yang dioleskan kering dengan sendirinya agar proses penyembuhan luka berjalan optimal.

5. Gunakan Pelembap

Puting susu sebenarnya dilindungi oleh kelenjar keringat dan kelenjar minyak kulit. Maka dari itu, penggunaan pelembab yang mengandung lanolin bisa mencegah dan menyembuhkan luka pada puting susu. Bersihkan dulu puting susu sebelum mulai menyusui lagi.

6. Mandi dengan Air Hangat 

Ibu juga dapat mandi dengan air hangat setiap selesai menyusui. Selanjutnya, ibu bisa menggunakan kompres hangat dan lembab ke area payudara yang sakit untuk membantu penyembuhannya. Selain itu, ibu juga dapat membeli pembalut yang dirancang khusus untuk payudara dan puting.  

Rekomendasi Salep untuk Mengatasi Puting Lecet

Puting yang lecet dapat menimbulkan sensasi perih pada bagian dada. Nah, berikut adalah obat yang dapat membantu untuk mengatasi puting lecet:

1. Mom Uung Nipple Cream 15 ml

Rekomendasi salep puting lecet pertama adalah Mom Uung Nipple Cream. Produk ini memiliki kegunaan untuk merawat puting yang lecet. Memiliki kandungan sunflower oil, vitamin E, jojoba oil, coconut oil, dan shea butter, salep ini juga membantu untuk meminimalisir sensasi perih pada puting.

Untuk pemakaiannya, cukup oleskan salep di area puting secukupnya.

Rentang harga: Rp62.200 per botol.

Dapatkan Mom Uung Nipple Cream 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Nestacort 2.5% Cream 5 gr

Selanjutnya adalah krim salep Nestacort yang memiliki kandungan aktif hydrocortisone acetate untuk mengatasi luka pada puting. Tidak hanya itu, salep puting lecet ini juga memiliki kegunaan lain sebagai anti inflamasi, dan dapat mengobati alergi pada kulit.

Merupakan obat wajib apotek, salep ini bisa dibeli dengan maksimal 1 tube. Ibu bisa mengoleskan salep ini pada area kulit yang terinfeksi sebanyak 2 kali sehari.

Rentang harga: Rp11.200 per botol.

Dapatkan Nestacort 2.5% Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Hydrocortisone Cream 1 % 5 g

Rekomendasi lain adalah Hydrocortisone Cream yang merupakan salep dengan zat aktif hydrocortisone acetate. Kandungan dalam salep puting lecet ini berfungsi sebagai antiinflamasi, antialergi, dan anti pruritus. Oleh karena itu, obat ini dapat membantu untuk mengatasi eksim, kemerahan, serta gatal-gatal pada kulit.

Pemakaian salep ini pun cukup mudah. Ibu hanya perlu mengoleskan salep ini pada kulit yang terinfeksi sebanyak 1-2 kali per harinya.

Rentang harga: Rp11.200 per tube.

Dapatkan Nestacort 2.5% Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Bepanthen Baby 20 g

Bepanthen Baby memiliki kegunaan utama untuk merawat kulit bayi dan melindungi bayi dari gesekan selama pemakaian popok. Meskipun begitu, salep ini juga dapat digunakan untuk merawat puting ibu selama menyusui.

Salep ini memiliki kandungan panthenol, petrolatum, dan beeswax yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Untuk penggunaan pada ibu, dapat membersihkan area puting terlebih dahulu sebelum mengoleskan salepnya.

Rentang harga: Rp74.100 per tube.

Dapatkan Bepanthen Baby 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Pure Mom Nipple Cream 15 g

Rekomendasi salep puting lecet yang terakhir adalah Pure Mom Nipple Cream. Krim ini memiliki kandungan aktif provitamin b5 dan olive oil sehingga dapat digunakan pada kulit yang sensitif untuk melindungi puting ibu menyusui.

Cara penggunaanya, ibu hanya perlu mengoleskan salep dengan merata di area sekitar puting. Pastikan untuk membersihkan puting terlebih dahulu.

Rentang harga: Rp74.100 per tube.

Dapatkan Pure Mom Nipple Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi payudara lecet akibat menyusui. Jika ibu masih memiliki kekhawatiran atau pertanyaan terkait kesehatan anak maupun diri sendiri, segeralah menghubungi dokter spesialis. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis untuk mendapatkan informasi medis yang ibu butuhkan. Ibu juga bisa menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. Nipple Fissure: Symptoms, Treatment, Prevention, and More. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Nipple Fissure. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan