Bukan Hanya Sakit, Ini 9 Gejala Cedera ACL yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Desember 2022

“Rasa sakit pada lutut memang merupakan gejala cedera ACL. Selain itu, robekan pada ligamen yang terjadi juga bisa menyebabkan bengkak, memar, ketidakstabilan pada lutut, dan masih banyak lagi.”

Bukan Hanya Sakit, Ini 9 Gejala Cedera ACL yang Perlu DiketahuiBukan Hanya Sakit, Ini 9 Gejala Cedera ACL yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Cedera anterior cruciate ligament (ACL) merupakan salah satu cedera yang umum terjadi. ACL adalah salah satu ligamen yang menghubungkan tulang paha bagian bawah dengan tulang kering. Ligamen ini juga menjaga lutut kamu tetap stabil.

Kamu bisa mengalami cedera ACL bila kamu melakukan gerakan tiba-tiba atau berbelok dengan tajam dan cepat saat berlari atau melompat. Salah satu tanda atau gejala yang pasti akan muncul saat mengalami cedera tersebut adalah rasa sakit pada lutut. Rasa sakitnya bahkan bisa membuat kamu sulit untuk berjalan.

Namun, bukan hanya rasa sakit saja, masih ada beberapa gejala cedera ACL lainnya yang juga bisa terjadi. Yuk, cari tahu di sini!

Gejala ACL yang Perlu Diwaspadai

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa terjadi bila kamu mengalami cedera ACL:

1. Bunyi atau sensasi ‘letupan’

Banyak orang yang mengalami cedera ACL mengaku mendengar bunyi atau merasakan sensasi “letupan” di lutut.

2. Rasa nyeri yang hebat

Robek atau keseleonya ACL juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat hingga membuat kamu tidak mampu melanjutkan aktivitas. Rasa sakitnya mungkin juga akan terasa lebih buruk saat berjalan atau menaiki tangga.

3. Bengkak setelah cedera

Pembengkakan sering terjadi segera setelah cedera. Dalam beberapa kasus, pembengkakan bisa berkembang hingga 24 jam kemudian. Gejala cedera ACL ini bisa berlangsung hingga seminggu.

4. Perasaan lutut seperti mau terlepas

Cedera ACL juga bisa menyebabkan ketidakstabilan pada lutut, seperti perasaan goyang atau lutut mau terlepas. Ketidakstabilan tersebut mungkin sangat terasa selama melakukan aktivitas yang membebani sendi lutut, seperti berjalan menuruni tangga dan berputar dengan satu kaki.

5. Rentang gerak terbatas

Bila mengalami cedera ACL, kamu mungkin akan kesulitan untuk meluruskan lutut yang terkena.

6. Rasa hangat dan lembut saat disentuh

Gejala cedera ACL lainnya yang bisa terjadi adalah lutut yang terkena akan terasa hangat dan lembut, serta nyeri saat disentuh.

7. Ketidakmampuan menahan berat badan

Pada cedera tingkat II atau III, rasa sakit dan bengkak mungkin sangat parah, sehingga menyulitkan kamu untuk berdiri atau berjalan tanpa bantuan atau pincang.

8. Memar

Memar bisa terjadi di sekitar area lutut.

8. Mati rasa

Dalam beberapa kasus, seperti robekan ACL yang parah, seseorang mungkin akan mengalami mati rasa di bawah kaki, tepatnya di bawah lutut.

Tanpa pengobatan, pembengkakan dan nyeri di lutut biasanya bisa mereda selama beberapa minggu. Namun, ketidakstabilan pada lutut seringkali berlangsung lebih lama.

Ketidakstabilan tersebut bisa menyulitkan kamu untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, bahkan melakukan aktivitas normal sehari-hari. Terutama untuk berdiri dari posisi duduk atau menuruni tangga.

Nah, jika kamu mengalami Nyeri dan Bengkak Akibat Cedera ACL, Segera Hubungi Dokter Ini untuk mendapat penanganan yang tepat.

Cara Mengobati Cedera ACL

Sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak setelah mengalami cedera ACL, kamu bisa melakukan perawatan R-I-C-E di rumah, yaitu:

  • Rest (istirahat). Kamu perlu banyak beristirahat dan membatasi beban pada lutut agar cepat sembuh.
  • Ice (kompres es). Cobalah mengompres lutut dengan kompres es setidaknya setiap dua jam selama 20 menit setiap kalinya.
  • Compression (kompresi). Membalut lutut dengan perban elastis.
  • Elevation (meninggikan). Berbaringlah dengan mengganjal lutut di atas bantal agar posisinya sedikit lebih tinggi.

Selain melakukan metode R-I-C-E, kamu juga bisa menjalani terapi rehabilitasi untuk mengobati cedera ACL. Terapis fisik akan mengajari kamu beberapa gerakan latihan yang bisa dilakukan, baik dengan pengawasan lanjutan atau di rumah.

Kamu juga bisa mengenakan penyangga (brace) atau knee support untuk menstabilkan lutut dan menggunakan kruk untuk sementara waktu untuk mengurangi beban pada lutut kamu.

Bila cedera ACL parah atau ada lebih dari satu ligamen yang terluka, operasi perlu dilakukan.

Itulah penjelasan mengenai gejala cedera ACL. Bila kamu mengalami cedera lutut yang menyebabkan tanda-tanda atau gejala cedera ACL, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Kamu bisa berobat ke dokter spesialis ortopedi terbaik melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Chat dengan dokter spesialis saraf untuk mengetahui gejala cedera ACL di Halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. ACL injury.
Sports Health. Diakses pada 2022. ACL Tear Symptoms

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan