Bolehkah Anjing Mengonsumsi Kacang-Kacangan?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   27 Mei 2021
Bolehkah Anjing Mengonsumsi Kacang-Kacangan?Bolehkah Anjing Mengonsumsi Kacang-Kacangan?

Halodoc, Jakarta - Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang aman untuk anjing, tapi ada juga yang beracun bagi anjing. Kacang dalam jumlah kecil dan dalam bentuk selai kacang tertentu bisa aman diberikan kepada anjing peliharaan. Hal yang paling penting, yaitu mengetahui semua faktor risiko dan potensi keracunan. 

Meskipun jumlah sedikit, hampir semua kacang mengandung tinggi lemak dan kalori. Bagi kebanyakan anjing, lebih baik menghindari pemberian kacang-kacangan. Berikan pilihan cemilan yang lebih aman yang mengandung sedikit kalori, rendah lemak dan garam, serta tidak membahayakan kesehatan anjing peliharaanmu. 

Baca juga: 7 Variasi Makanan Sehat untuk Anjing Agar Tidak Bosan

Kacang Mengandung Tinggi Kalori dan Lemak Bagi Anjing

Bagi anjing yang memiliki berat badan berlebih atau cenderung mengalami kenaikan berat badan, pemberian kacang harus dihindari. Kacang juga mengandung tinggi lemak yang dapat menyebabkan pankreatitis. Selain itu, kandungan lemak pada kacang-kacangan bisa menyebabkan gastrointestinal pada anjing dengan perut sensitif atau rentan mengalami pankreatitis. 

Pankreatitis adalah suatu kondisi di mana pankreas menjadi teriritasi dan meradang. Kondisi ini memerlukan perawatan dokter hewan. Gejalanya berupa nafsu makan berkurang, muntah, lesu, dan terkadang diare. Beberapa ras anjing rentan terhadap kondisi ini, dan diet tinggi lemak pada anjing sensitif terkadang bisa memicu iritasi. 

Jika ingin memberikan sedikit cemilan kacang-kacangan pada anjing, hindari kacang yang diolah yang biasa dimakan manusia. Kacang yang diolah dengan bahan seperti cokelat atau rempah-rempah seperti bawang putih dan merica akan mengandung tinggi garam. Bahan olahan tersebut dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal pada anjing. Selain itu, kandungan garam berbahaya untuk anjing dengan berbagai alasan. 

Baca juga: Anjing Kesayangan Pilih-Pilih Makanan, Ini Tips Mengatasinya

Beberapa anjing bisa mengalami tekanan darah tinggi akibat terlalu banyak garam. Untuk anjing yang rentan terkena kencing batu atau memiliki penyakit jantung atau ginjal, makanan tinggi garam bisa memperburuk kondisi ini. 

Bagaimana dengan kacang mentah? Perlu diingat, memberikan kacang mentah sebagai pilihan makanan adalah tindakan yang tidak bijaksana untuk anjing, meskipun diberikan sebagai camilan. 

Kacang mentah yang berjamur menimbulkan banyak masalah lain dan harus dijauhkan dari anjing. Racun jamur bisa menyebabkan banyak masalah lain dan harus dijauhkan dari anjing. Racun jamur bisa menyebabkan kejang, gangguan neurologis, dan masalah hati pada anjing. Faktanya, makanan berjamur dalam bentuk apapun tidak boleh diberikan pada anjing. 

Baca juga: Anjing Tidak Mau Makan? Ini Solusinya

Kacang yang Tidak Boleh Diberikan pada Anjing

Berikut ini kacang-kacangan yang paling diantisipasi agar tidak diberikan pada anjing, secara sengaja maupun tidak sengaja:

  • Almond. Melansir The American Kennel Club, almond tidak boleh diberikan pada anjing.
  • Kacang Brazil. Kacang ini mengandung lemak yang sangat tinggi, sehingga tidak disarankan untuk berikan kepada anjing. Kacang brazil bisa menjadi ancaman yang lebih besar bagi anjing dengan rasa yang lebih kecil, karena kacang bisa terjebak di sistem pencernaan.
  • Hazelnut. Sama seperti almond, kacang hazelnut bisa berbahaya jika diberikan pada anjing.
  • Kacang Macadamia. Kacang ini benar-benar beracun bagi anjing. Kacang ini bisa menyebabkan tremor, kelemahan, kelumpuhan, dan peradangan sendi. Jika anjing peliharaan kamu menelan atau menggigit kacang macadamia, hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk menanyakan tindakan penanganan terbaik. 
  • Kacang Kenari. Bentuk kenari yang besar dan tidak beraturan bisa berbahaya bagi anjing. Kacang-kacang ini adalah bahan utama yang bisa membuat anjing tersedak dan menghambat pencernaan anjing. 

Meskipun tidak semua kacang-kacang beracun bagi anjing, namun ada banyak pilihan camilan lain yang jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi anjing. Jadi, simpan kacang-kacangan untuk camilan pribadi kamu saja, ya!

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. Can Dogs Have Nuts?
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Nuts?
Pure Wow. Diakses pada 2021. What Nuts Can Dogs Eat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan