Bisakah Bahan Herbal Bantu Redakan Nyeri Haid?

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Mei 2024

“Jahe, teh chamomile, dan kayu manis dipercaya dapat redakan nyeri haid. Namun, sebaiknya hubungi dokter terlebih dahulu untuk mendapat penanganan yang lebih tepat dengan menggunakan obat yang telah teruji secara klinis.”

Bisakah Bahan Herbal Bantu Redakan Nyeri Haid?Bisakah Bahan Herbal Bantu Redakan Nyeri Haid?

DAFTAR ISI

  1. Benarkah Konsumsi Bahan Herbal Bisa Meredakan Nyeri Haid?
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Nyeri Haid Hebat
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG
    3. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG
    5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Nyeri haid sering kali sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bagi wanita. Kondisi nyeri tersebut bisa muncul secara tiba-tiba dan mengakibatkan rasa sakit.

Meskipun nyeri tersebut merupakan hal yang normal, tetapi pada beberapa kondisi rasa nyeri tersebut dapat lebih sakit dari biasanya.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tingkat stres, kondisi kesehatan, hingga makanan yang dikonsumsi.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, bahan herbal sering dijadikan cara alternatif guna meredakan nyeri haid.

Namun, apakah konsumsi bahan herbal ini benar-benar efektif dalam meredakan nyeri haid? Simak faktanya berikut ini!

Benarkah Konsumsi Bahan Herbal Bisa Meredakan Nyeri Haid?

Salah satu solusi untuk mengatasi haid yang semakin populer adalah dengan mengonsumsi bahan herbal. Hal tersebut dijadikan cara alternatif selain menggunakan obat-obatan secara medis.

Nah, berikut beberapa bahan herbal yang dipercaya dapat mengurangi nyeri haid, yaitu:

  • Jahe.
  • Kayu manis.
  • Teh chamomile.
  • Biji adas.

Itulah bahan herbal yang diklaim bisa redakan nyeri haid. Namun, perlu diingat bahwa tidak setiap orang cocok untuk mengonsumsi bahan herbal tersebut.

Selain itu, dokter juga kurang menyarankan hal tersebut karena bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan apabila mengidap kondisi kesehatan tertentu.

Sebaiknya, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika kamu mengalami nyeri haid yang parah.

Dokter dapat meresepkan obat yang telah teruji secara klinis untuk bisa atasi nyeri haid yang berlebihan.

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Nyeri Haid Hebat

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami nyeri haid atau rasa sakit ketika menstruasi yang hebat dan semakin mengganggu, segera hubungi dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Halodoc untuk mendapat penanganan yang tepat.

Sebab, nyeri haid yang parah akan sangat mengganggu aktivitas apabila dibiarkan secara terus-menerus. Hal itu juga bisa menjadi tanda adanya gangguan menstruasi. 

Selain itu, ditakutkan nyeri tersebut semakin parah dan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter Marsell Phang Sp.OG merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar haid, terlebih jika kamu mengalami nyeri haid yang berlebihan.

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Catat, Ini 6 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Haid.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Effendy Gunawan Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Dokter Effendy Gunawan Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun yang ia miliki, dr. Effendy Gunawan Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar nyeri haid yang parah.

Ia juga bisa memberikan saran terkait program hamil, gangguan haid dan hormon, kesuburan, kesehatan kandungan dan kehamilan berisiko tinggi. 

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc jika kamu mengalami nyeri haid yang hebat dan berkepanjangan.

Ia juga bisa memberikan saran terkait masalah reproduksi lainnya dan berbagai informasi mengenai kesehatan kandungan.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kemudian, kamu juga bisa menghubungi dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG  saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang cara menangani gangguan haid, termasuk haid yang terasa sangat nyeri.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Terdapat berbagai jenis obat yang bisa digunakan untuk atasi nyeri haid. Nah, Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Haid yang Ampuh untuk kamu.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG  saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar nyeri haid yang parah.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu atasi nyeri haid yang parah. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar kondisi tersebut dapat segera ditangani dengan tepat. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Jangan khawatir, privasi kamu juga pasti aman dan terjaga di Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Menstrual Cramp Remedies.
Verywell Health. Diakses pada 2024. Herbs for Menstrual Cramps.
MedPark Hospital. Diakses pada 2024. Diet and menstruation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan