Bingung Cara Grooming Kucing yang Tepat? Hubungi Dokter Hewan Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Mei 2024

“Banyak pemilik kucing yang bingung cara grooming karena kurangnya pengetahuan atau pengalaman. Jangan khawatir, kamu bisa menghubungi dokter hewan di Halodoc untuk tahu tips melakukan grooming kucing yang tepat.”

Bingung Cara Grooming Kucing yang Tepat? Hubungi Dokter Hewan IniBingung Cara Grooming Kucing yang Tepat? Hubungi Dokter Hewan Ini
  1. Dokter Hewan di Halodoc yang Bisa Berikan Tips Grooming Kucing

Halodoc, Jakarta – Grooming kucing adalah perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu maupun kulit kucing. Prosesnya meliputi menyisir bulu, membersihkan telinga, memotong kuku, dan memandikan kucing. 

Grooming juga membantu mengurangi rambut yang rontok, mencegah pembentukan bola rambut di perut kucing, dan memperkuat ikatan antara pemilik dan kucingnya. Selain itu, grooming juga memungkinkan pemilik untuk memantau kesehatan kucing, seperti mendeteksi tanda-tanda kutu atau masalah kulit lainnya.

Dokter Hewan di Halodoc yang Bisa Berikan Tips Grooming Kucing

Banyak pemilik kucing yang masih bingung cara melakukan grooming karena mungkin mereka kurang memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam merawat kucing.

Selain itu, setiap kucing memiliki karakter dan kebutuhan grooming yang berbeda-beda, sehingga pemilik perlu memahami kucing mereka secara individual. 

Beberapa pemilik juga mungkin merasa khawatir atau takut melukai kucing saat melakukan grooming, terutama saat memotong kuku atau membersihkan telinga. 

Selain itu, beberapa kucing mungkin tidak suka atau tidak terbiasa dengan grooming, sehingga membutuhkan kesabaran ekstra dan pendekatan yang tepat. 

Jika kamu termasuk yang masih bingung untuk melakukan grooming, kamu bisa menghubungi dokter hewan di Halodoc.

Mereka bisa memberikan tips grooming yang tepat agar kucing kesayanganmu bersih dan sehat.

Berikut beberapa dokter hewan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 11 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan rating terbaik sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. drh. Indardi

Kamu dapat menghubungi drh. Indardi yang merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor pada tahun 2007. 

Saat ini, dokter Indardi membuka praktik di Serang, Banten, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun sebagai dokter hewan, drh. Indardi bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara meng-grooming kucing yang tepat.

Selain itu, dokter Indardi juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan anjing, kucing, burung, ayam, bebek dan hewan ternak. 

Chat drh. Indardi mulai dari Rp 40.000,- di Halodoc.

Setelah tahu cara grooming yang tepat, kamu juga perlu tahu Seberapa Seringkah Kucing Harus Dimandikan agar bulu dan kulitnya senantiasa sehat. 

2. drh. Ami Kosriami Rahayu

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi drh. Ami Kosriami Rahayu. Ia adalah lulusan Institut Pertanian Bogor pada tahun 2007. 

Saat ini, drh. Ami Kosriami Rahayu membuka praktik di Serang, Banten, dan masih tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Berbekal pengalaman selama 17 tahun, drh. Ami Kosriami Rahayu bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara melakukan grooming pada kucing.

Dokter Ami Kosriami Rahayu juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan anjing, kucing, burung, ayam, bebek dan hewan ternak.

Chat drh. Ami Kosriami Rahayu mulai dari Rp 50.000,- di Halodoc.

3. drh. Reh Malem Br Tarigan

Dokter Reh Malem Br Tarigan merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor pada tahun 2003. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Dengan pengalamannya selama 19 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar tips grooming kucing.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan anjing, kucing, burung, ayam, bebek dan hewan domestik maupun eksotik.

Chat drh. Reh Malem Br Tarigan mulai dari Rp 50.000,- di Halodoc.

Selain memandikan kucing, kamu juga perlu tahu Kuku Kucing Harus Rutin Dipotong supaya tidak terlalu panjang.

4. drh. Kusuma Catur Wahyudi

Kamu juga bisa menghubungi drh. Kusuma Catur Wahyudi. Ia adalah alumnus Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada pada 2011. 

Dokter Kusuma Catur Wahyudi adalah seorang anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan kini berpraktik di Kediri, Jawa Timur.

Dengan pengalaman selama 11 tahun, drh. Kusuma Catur Wahyudi memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara tepat melakukan grooming kucing.

Ia juga memberikan konsultasi seputar kesehatan hewan ternak, burung, ayam, bebek, kucing dan anjing.

Chat drh. Kusuma Catur Wahyudi mulai dari Rp 45.000,- di Halodoc. 

5. drh. Arya Mahdi M.Si

Pilihan lainnya, yaitu drh. Arya Mahdi M.Si. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana pada tahun 1996.

Dokter Arya Mahdi M.Si kini berpraktik di Badung, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter hewan selama 25 tahun, drh. Arya Mahdi M.Si mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang grooming kucing yang tepat..

Sebagai dokter hewan, ia juga bisa memberikan saran terkait kesehatan anjing, kucing, hewan ternak, hewan domestik dan eksotik. 

Chat drh. Arya Mahdi M.Si dari Rp 50.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter hewan yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang cara grooming kucing yang tepat.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Aspca. Diakses pada 2024. Cat Grooming Tips.
Rspca. Diakses pada 2024. Grooming your cat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan