Berbagai Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Juli 2022

“Selain rasanya yang lezat, kacang pistachio memiliki berbagai keistimewaan bagi tubuh. Manfaat kacang pistachio yaitu meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan berkat kandungan antioksidan di dalamnya.”

Berbagai Manfaat Kacang Pistachio untuk KesehatanBerbagai Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kacang pistachio berasal dari pohon pistachio. Kacang ini biasanya berwarna hijau dan memiliki rasa yang manis. Meskipun disebut sebagai kacang, tapi secara keilmuan pistachio termasuk biji-bijian. Cara mengonsumsi kacang ini harus dengan membuka cangkang kerasnya terlebih dulu. 

Selain rasanya yang lezat, kamu juga dapat memperoleh manfaat kesehatan dari mengonsumsi makanan sehat ini. Lantas, apa saja manfaat kacang pistachio ini?

Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat kacang pistachio untuk kesehatan:

  1. Mengandung Banyak Antioksidan

Pigmen yang memberi warna hijau pada kacang pistachio memiliki sifat antioksidan dan memiliki manfaat bagi tubuh. Dari semua kacang, pistachio memiliki banyak senyawa antioksidan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang pistachio mengandung rendah lemak dan kalori, tapi kaya akan potasium. Kacang ini juga banyak mengandung pitosterol, yang mampu mendukung kesehatan kardiovaskular. Kacang pistachio juga merupakan sumber asam amino L-arginin yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Pistachio bisa dibilang sebagai satu-satunya kacang yang memiliki tingkat lutein dan zeaxanthin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kedua antioksidan tersebut berperan penting dalam melindungi kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

  1. Membantu Mengelola Berat Badan Sehat

Kacang ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan kacang lainnya. Di samping itu, pistachio juga kaya serat, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. 

Menariknya lagi, kacang pistachio juga mengandung energi bersih yang dapat dimetabolisme. Artinya, tubuh tidak mencerna dan menyerap semua kalori dari kacang ini. 

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih, mengalami pengurangan indeks massa tubuh dan lingkar pinggang saat mengkombinasikan pola diet dengan konsumsi kacang pistachio. 

  1. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian pada orang dewasa, mengonsumsi kacang pistachio dapat menurunkan respons gula darah secara keseluruhan. Manfaat serupa juga terlihat dalam penelitian yang meneliti efek gula darah kacang pistachio pada pengidap diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa kacang pistachio memberi manfaat dalam manajemen gula darah pada pengidap diabetes.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi kacang pistachio telah terbukti mampu meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus. Seperti yang diketahui, bakteri baik pada usus bermanfaat dalam proses pencernaan. Sehingga kacang ini dapat bertindak sebagai prebiotik.

  1. Enak untuk Disantap

Kacang pistachio yang telah dipanggang dapat dinikmati dengan berbagai cara. Misalnya sebagai camilan yang dimakan langsung, dicampur dalam salad, atau sebagai topping piza. 

Seperti kacang lainnya, kacang pistachio juga dapat dijadikan selai. Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam gelato atau menaburkannya di atas cheesecake. Intinya, makanan ini bisa dijadikan sebagai camilan yang enak dan sehat.

Itulah yang perlu diketahui mengenai manfaat kacang pistachio untuk kesehatan. amun, konsumsi kacang sering kali membuat khawatir sebagian orang, terutama mereka yang alergi makan kacang. 

Orang yang memiliki alergi terhadap kacang sebaiknya menghindari mengonsumsi kacang pistachio. Gejala alerginya biasanya berkembang dalam beberapa menit. Anak kecil, beberapa orang tua, dan mereka yang memiliki masalah menelan juga sebaiknya menghindari asupan kacang ini  karena berisiko tersedak. 

Jika kamu mengalami reaksi alergi yang parah setelah mengonsumsi kacang pistachio, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. 

Kamu juga bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu untuk mendapatkan saran penanganan segera. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang untuk saat-saat diperlukan!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Pistachios
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Health Benefits of Pistachios
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Top 5 health benefits of pistachio nuts

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan