Berbagai Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 November 2021
Berbagai Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan TubuhBerbagai Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

“Mengonsumsi berbagai buah-buahan pada dasarnya baik untuk kesehatan. Salah satu buah yang patut kamu coba adalah buah pir. Buah berwarna kuning kehijauan ini memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya menjaga kesehatan usus, menurunkan risiko diabetes tipe 2, hingga menjaga kesehatan jantung.”

Halodoc, Jakarta – Pir adalah buah yang manis, ukuranya sedikit lebih besar dari apel dan memiliki kulit yang sedikit lebih tipis. Kulit buah pir biasanya kuning kehijauan, dan dagingnya putih dan lembut. Buah pir juga memiliki biji yang biasanya tidak bisa dimakan. 

Selain rasanya yang lezat, buah pir juga kaya akan antioksidan esensial dan serat makanan. Buah pir dikemas dengan banyak nutrisi dalam 100 kalori yang bebas lemak dan bebas kolesterol. 

Pantas saja jika buah ini sering dimasukkan dalam diet dan pola makan sehat.  Sebab mengonsumsi buah pir dapat menunjang penurunan berat badan dan mengurangi risiko terkena kanker, diabetes, dan penyakit jantung

Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Mengonsumsi semua jenis buah dan sayuran dapat mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan. Begitu juga dengan buah pir. Buah ini menyediakan banyak sumber serat dan nutrisi penting lainnya. Berikut ini beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan:

  1.  Menjaga Kesehatan Usus

Buah pir adalah sumber serat larut dan tidak larut yang baik. Perlu diketahui, serat penting dalam kesehatan mikrobiota usus dan dapat mencegah obesitas serta diabetes tipe 2. 

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan flavonoid dan anthocyanin juga ditemukan dalam buah pir. Dengan mengonsumsi buah pir secara teratur, seseorang dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

  1. Baik untuk Manajemen Berat Badan

Buah pir mengandung rendah kalori dan tinggi serat dan air. Hal ini dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sebuah studi mengungkapkan, buah pir dapat membantu mengurangi porsi makan berlebih dan berat badan secara bertahap. 

Baca juga: Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa buah pir kaya akan flavonoid. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan serta menjaga kadar kolesterol.

Sebuah penelitian yang mengamati asupan buah, seperti pir, menemukan adanya hubungan dengan peningkatan lipid darah pada wanita. Hal tersebut menunjukkan mengonsumsi buah pir memiliki manfaat pada kesehatan jantung. 

  1. Memiliki Sifat Mencegah Kanker

Berkat kandungan anthocyanin dan asam sinamat, menjadikan pir sebagi buah yang dapat membantu mencegah munculnya kanker tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah pir, dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Termasuk kanker paru-paru, perut, dan kandung kemih. 

  1. Menunjang Detoksifikasi

Gerakan usus yang teratur dan optimal sangat penting untuk ekskresi racun harian dalam empedu dan tinja. Buah pir memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan begitu dapat membantu feses tidak keras dan membuang racun dari sistem pencernaan.

Menurut sebuah penelitian tentang manfaat kesehatan buah pir, menunjukkan bahwa efek pencaharnya berasal dari kandungan serat dan fruktosa yang tinggi. Fruktosa adalah gula alami yang ada di sebagian besar buah-buahan. 

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin A adalah nutrisi yang paling serbaguna. Ia bermanfaat untuk menjaga kulit, rambut, dan kuku agar tetap sehat dan indah. Nah, vitamin A juga ada dalam buah pir, bahkan dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. 

Buah pir juga diperkaya dengan nutrisi seperti zeaxanthin dan lutein yang berperan dalam sejumlah fungsi organ dan reaksi enzimatik. Kandungan tersebut juga membantu menjaga kulit awet muda, dan mengurangi bintik-bintik penuaan dan kerutan. 

Baca juga: Manfaat Konsumsi Buah Apel untuk Kesehatan

Jadi itulah  beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan. Jika kamu menginginkan tubuh yang sehat dan prima, maka tingkatkanlah asupan buah apa saja, termasuk buah pir. 

Bagi kamu yang mengalami masalah kesehatan akibat kekurangan nutrisi tertentu, sebaiknya segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about pears
BBC Good Food. Diakses pada 2021. Top 5 health benefits of pears

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan