Berbagai Fungsi Tepung Maizena dalam Pembuatan Kue

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Desember 2022

“Fungsi tepung maizena untuk membuat kue cukup banyak. Tepung ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.”

Berbagai Fungsi Tepung Maizena dalam Pembuatan KueBerbagai Fungsi Tepung Maizena dalam Pembuatan Kue

Halodoc, Jakarta – Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari endosperma biji jagung. Ini sering jadi bahan pengental dalam makanan seperti saus, sup, dan semur. Beberapa koki juga menggunakan tepung ini sebagai pengganti tepung lain untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan dalam resep tertentu. 

Dalam membuat kue, tepung maizena sangat berguna. Dari segi kesehatan juga tepung ini banyak manfaatnya. Penasaran? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Fungsi Tepung Maizena dalam Pembuatan Kue

Selain untuk aneka masakan, tepung ini juga punya banyak fungsi dalam pembuatan kue. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Jadi Bahan Pengganti Telur

Tepung ini adalah kunci dalam membuat kue vegan, atau kapan pun kamu tidak memiliki telur. Campurkan 1 sendok makan tepung ini dengan 3 sendok makan air hangat dan kamu akan mendapatkan pengganti telur yang bagus untuk biskuit, cake, atau roti.

2. Campur dengan Tepung Serbaguna saat Tidak Punya Tepung Kue

Tidak ada tepung untuk kue? Tidak masalah. Kamu bisa mencampurkan tepung ini dengan sedikit tepung serbaguna dan baking powder untuk membuat pengganti tepung kue saat dalam keadaan darurat.

3. Mengentalkan Isian Pai Buah

Apa rahasia isian pai yang kental dan hampir seperti gel? Tentu saja tepung maizena. Saat buah dimasak dalam pai, ia mengeluarkan jus. Tanpa sedikit tepung ini, pai akan berubah menjadi bubur yang pekat. 

4. Anti-Caking Agent

Tepung ini juga bertindak sebagai anti-caking agent atau pencegah bahan makanan menggumpal. Dengan menjaga kelembapan dan kondensasi agar tidak mencapai apa pun yang dicampur dengannya, tepung ini membantu mencegah gumpalan pada makanan yang digiling halus seperti gula.  

Manfaatnya untuk Kesehatan

Selain serbaguna, tepung ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu Mengelola Hipoglikemia

Tepung ini dapat membantu mengelola hipoglikemia, seperti pada pengidap diabetes tipe 1 dan 2. 

2. Membuat Cairan Lebih Mudah Ditelan

Orang yang mengalami kesulitan menelan (disfagia) mungkin dapat menggunakan tepung ini untuk meningkatkan kekentalan cairannya agar lebih mudah menelan.

Disfagia adalah suatu kondisi yang menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Cairan yang kental juga membantu mencegah aspirasi dan meningkatkan keamanan menelan.

Mau tahu perbedaan tepung aci dengan tepung sagu? Baca selengkapnya di artikel ini: “Apa Itu Tepung Aci? Ini Manfaat dan Perbedaannya dengan Tepung Sagu“.

3. Alternatif yang lebih sehat untuk Sirup Jagung

Beberapa makanan olahan dan bahkan resep rumahan menggunakan sirup jagung sebagai bahan pengental. Terkadang, tepung ini bisa digunakan sebagai pengganti sirup jagung. Substitusi ini dapat memberikan manfaat kesehatan, meski bukti yang mendukung manfaat ini terbatas.

4. Alternatif Bebas Gluten

Orang yang alergi gandum atau yang memiliki penyakit celiac, sensitivitas gluten non-celiac, atau yang mengikuti diet bebas gluten karena alasan lain dapat menggunakan tepung maizena sebagai pengganti tepung dalam resep. 

Misalnya, dalam resep yang mengharuskan kamu menggunakan tepung terigu untuk melapisi makanan sebelum digoreng atau mengentalkan saus, kamu bisa menggunakan tepung maizena sebagai alternatif.

Namun, penting untuk memilih tepung ini dengan hati-hati dan mencari yang secara khusus menunjukkan bahwa itu bebas gluten. Sebab, tepung ini rentan terhadap kontaminasi silang. Banyak merek yang membuat tepung ini juga membuat jenis tepung lainnya. 

Jika peralatan yang sama untuk membuat dan memproses tepung maizena dan biji-bijian yang mengandung gluten, tepung ini mungkin tidak benar-benar bebas gluten.

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Respons glikemik yang lambat terhadap tepung ini dapat membantu mengurangi nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi asupan energi secara keseluruhan.

Itulah pembahasan mengenai fungsi tepung maizena dalam pembuatan kue dan manfaatnya bagi kesehatan. Jika kamu mengalami masalah kesehatan karena konsumsi tepung apapun, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dan menjalani pemeriksaan.

Referensi:
All Recipes. Diakses pada 2022. 12 Surprising Ways to Use Cornstarch.
Bob’s Red Mill. Diakses pada 2022. Baking with Cornstarch: Everything You Need to Know.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Cornstarch Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan