Berbagai Fakta tentang Vaksin Rotavirus yang Perlu Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Februari 2024

“Vaksin rotavirus punya peranan yang krusial untuk mencegah keparahan diare akut pada anak-anak. Faktanya, vaksin ini telah teruji klinis keefektifannya untuk mencegah infeksi rotavirus.”

Berbagai Fakta tentang Vaksin Rotavirus yang Perlu DiketahuiBerbagai Fakta tentang Vaksin Rotavirus yang Perlu Diketahui

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Vaksin rotavirus merupakan salah satu vaksinasi tambahan yang berfungsi menjaga tubuh dari infeksi rotavirus. Rotavirus merupakan jenis virus menyerang saluran pencernaan dan dapat menyebabkan gejala diare pada bayi dan anak-anak.

Pemberian vaksin bertujuan untuk melindungi anak dari risiko diare akibat virus ini. Pasalnya, rotavirus dianggap berbahaya karena diare memiliki potensi tinggi untuk menyebabkan dehidrasi pada anak.

Fakta Seputar Vaksin Rotavirus

Vaksin rotavirus telah menjadi salah satu pilar utama untuk melindungi anak-anak dari risiko infeksi virus yang menyebabkan diare akut. Supaya ibu lebih memahaminya, berikut berbagai fakta seputar vaksin ini:

1. Diare akibat rotavirus bisa fatal

Rotavirus, virus yang menyebabkan diare pada anak-anak di bawah lima tahun, merupakan ancaman serius terhadap kesehatan balita. Tingkat kejadiannya cukup tinggi, terutama di daerah dengan sanitasi yang kurang baik.

Jika diare tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat mengakibatkan dehidrasi parah. Pada gilirannya, kondisi tersebut dapat menjadi fatal jika tidak ditangani dengan segera. 

Oleh karena itu, ibu wajib mencegah risiko ini dengan pemberian vaksin rotavirus pada anak-anak.

Selain diare, kenali Gejala Infeksi Rotavirus pada Anak lainnya berikut ini. 

2. Terbukti efektif secara klinis

Melalui serangkaian studi klinis, efektivitas vaksin rotavirus telah terbukti hasilnya.

Vaksin ini tidak hanya mengurangi tingkat kejadian infeksi, tetapi juga mampu mencegah anak-anak dari penyakit yang memerlukan perawatan medis di rumah sakit. 

Keberhasilan vaksin dalam mengatasi dampak serius dari infeksi rotavirus menegaskan bahwa pemberian vaksin sangat penting guna melindungi kesehatan anak-anak.

3. Tidak diberikan melalui suntikan

Tidak seperti mayoritas imunisasi dasar anak lainnya, metode pemberian vaksin ini diberikan secara oral. 

Hal ini tentu sangat mudah diberikan pada Si Kecil. Terutama untuk bayi dan balita yang cenderung resah terhadap prosedur suntikan. 

Proses pemberian yang lebih nyaman ini juga bisa meningkatkan penerimaan vaksin di kalangan anak-anak dan mempermudah upaya pencegahan penyakit rotavirus.

4. Perhatikan jadwal pemberiannya

Pemberian vaksin secara tepat waktu punya peran krusial dalam keberhasilan vaksin rotavirus. Dosis pertama, diberikan pada usia 6 minggu hingga 2 bulan.

Nah, pemberian dosis pertama ini membantu memulai pembentukan kekebalan. Dosis-dosis berikutnya diberikan dengan selang waktu tertentu untuk menciptakan perlindungan yang optimal. 

Mengetahui jadwal pemberian vaksin dan kepatuhan untuk melengkapinya sangat penting untuk memaksimalkan manfaat vaksinasi rotavirus.

Jika Si Kecil mengalami diare, ibu bisa segera menghubungi Rekomendasi Dokter Spesialis Anak ini untuk mengetahui pertolongan pertama yang tepat. 

5. Mencegah komplikasi serius

Vaksin rotavirus tidak hanya memberikan perlindungan terhadap infeksi, tetapi juga efektif dalam mengurangi keparahan penyakit.

Vaksin membantu mencegah dehidrasi, komplikasi serius yang sering terkait dengan infeksi Rotavirus. 

Anak-anak yang menerima vaksin memiliki tingkat keparahan penyakit yang lebih rendah. Itu mengapa, pemberian vaksin dapat memberikan ketenangan pikiran bagi orang tua dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak secara keseluruhan.

Dengan mengetahui berbagai fakta di atas, ibu diharapkan bisa lebih memahami pentingnya pemberian vaksin dalam menjaga kesehatan anak-anak. 

Vaksinasi bukan hanya langkah pencegahan, tetapi juga investasi kesehatan untuk  masa depan guna membentuk generasi yang lebih sehat. Penting untuk mengakses informasi yang akurat dan dapat dipercaya tentang vaksin ini.

Caranya ibu bisa menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc.

Dokter yang berpengalaman dapat memberikan jadwal pemberian vaksin yang akurat serta tips lain tentang persiapan sebelum menerima vaksin.

Vaksin Rotavirus Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Selain itu, jika jadwal Vaksin Rotarix anak telah tiba tetapi ibu tidak sempat untuk ke rumah sakit, jangan khawatir!

Halodoc menyediakan fasilitas Vaksinasi Rotavirus (Rotarix) melalui layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya).

Layanan dari Halodoc Home Lab akan mendatangkan petugas ke tempat atau di lokasi mana pun yang kamu pilih untuk pemberian vaksin.

Berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. Ini Daftar Dokter yang Tangani Layanan Vaksin Home Lab Halodoc.

✔ Protokol kesehatan ketat.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional, sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM.

✔ Hemat waktu dan biaya.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Booking Vaksin Rotavirus (Rotarix) di Rumah Lebih Mudah Lewat Halodoc.

Kamu juga bisa menghubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226 untuk melakukan pemesanan.

Atau klik gambar di bawah ini agar lebih mudah.

pesan vaksin rotarix di halodoc
Referensi
World Health Organization. Diakses pada 2024. Rotavirus.
American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2024. Rotavirus Vaccine: What You Need to Know.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Vaccines and Preventable Diseases Rotavirus.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan