Berbagai Fakta Menarik tentang Burung Pipit

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Agustus 2021
Berbagai Fakta Menarik tentang Burung PipitBerbagai Fakta Menarik tentang Burung Pipit

“Burung kecil yang merdu, burung pipit yang biasa membangunkan kamu setiap hari dengan berkicau di luar balkon dan jendela perlahan mulai punah.  Kapan terakhir kali kamu melihat mereka? Kamu mungkin tidak ingat karena mereka tidak lagi menjadi pemandangan yang umum.”

Halodoc, Jakarta – Berbeda dengan suasana desa, kamu mungkin akan sering mendapati burung pipit, tetapi tidak di kota metropolitan. Singkatnya, perkembangan kota, urbanisasi, dan gedung yang menjulang membuat burung kecil ini telah kehilangan ruang bersarang mereka.

Jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya, burung pipit termasuk burung dengan ukuran tubuh yang kecil, yaitu hanya 10 sentimeter dengan berat hanya sekitar 5 gram. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian. Kamu bisa melihatnya dari bentuk paruhnya yang pendek tetapi runcing. Fungsi utamanya tentu saja untuk memudahkan burung pipit menghancurkan biji-bijian yang ia makan. 

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Makanan untuk Burung Pipit?

Jika ingin mencari burung ini, kita akan lebih mudah menemukannya di daerah persawahan yang dekat dengan sumber makanannya. Selain persawahan, perkebunan juga menjadi tempat hidup burung pipit karena terdapat banyak tanaman biji bijian.

Burung pipit biasanya membuat sarang di pohon guna melindungi dirinya dari predator, seperti kadal, ular, atau jenis reptil lainnya. Ketinggian pohon yang dijadikan sarang antara 4 hingga 6 meter. Sarang burung pipit umumnya dibuat dari rumput kering atau jerami padi. Jenis pohon yang banyak dijadikan sarang burung ini adalah cemara, pohon jambu, dan pohon kelapa.

Fakta Menarik Burung Pipit

Ternyata, burung kecil ini juga punya keunikan, lho! Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Tidak Tahan Terhadap Cuaca Dingin

Ternyata, mayoritas burung pipit tidak tahan terhadap cuaca dingin. Burung ini bergantung pada habitat yang hangat demi bisa bertahan hidup. Meski begitu, di kawasan Australia bagian utara ternyata ada jenis burung pipit yang mampu beradaptasi.

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

  • Hidup Secara Berkelompok

Kamu bisa melihatnya ketika musim panen padi tiba. Saat musim panen, burung satu ini akan bergerombol dan mencari makan di sawah. Tak mengherankan jika sering ditemukan perangkap untuk menangkap burung pipit yang dibuat oleh petani agar padi hasil panen tidak dimakan. 

  • Berkembang Biak dengan Cepat

Burung pipit memiliki akan bertelur setiap tahun. Burung betina bertelur sebanyak tiga hingga lima telur. Masa inkubasinya berlangsung selama 12 hingga 15 hari. Baik burung jantan maupun betina akan menjaga telur tersebut hingga menetas. Sementara itu, burung pipit kecil akan siap meninggalkan sarang sekitar 15 hari setelah dilahirkan.

  •  Memiliki Masa Hidup yang Singkat

Sayangnya, burung pipit memiliki masa hidup yang bisa dikatakan cukup singkat. Burung kecil ini hanya mampu bertahan hidup sampai usia empat atau lima tahun di alam bebas.

Baca juga: Inilah Alasan Burung Kakatua Termasuk Hewan yang Dilindungi

  • Termasuk Unggas Karnivora

Tergantung spesiesnya, setiap spesies burung pipit mungkin memiliki variasi yang berbeda dalam makanan (perbedaan jenis makanan). Kebanyakan, makanan utama adalah biji-bijian, tetapi ada juga spesies yang bersifat omnivora, pemakan serangga dan invertebrata serta tanaman.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di  Journal of Evolutionary Biology, perbedaan jenis pakan ada kaitanya dengan morfologi atau bentuk paruh burung pipit yang berbeda pada spesies tertentu. Meski begitu, ada juga beberapa spesies pemakan biji-bijian yang memakan serangga dan invertebrata  dalam porsi yang lebih banyak selama musim kawin. Burung pipit bisa memakan berbagai macam makanan termasuk biji-bijian, beri, buah-buahan, lalat, nyamuk, laba-laba, ulat, belalang, dan banyak lagi.

  • Tidak Menghindari Manusia

Tahukah kamu bahwa burung pipit lebih senang tinggal di dekat pemukiman manusia? Ini karena mereka mendapatkan makanan dengan lebih mudah. Bahkan, beberapa orang sengaja menyediakan makanan untuk burung-burung ini, meski mereka hidup bebas. 

Itu tadi beberapa fakta unik burung pipit yang bisa kamu ketahui. Senang ya, rasanya punya hewan peliharaan? Jangan khawatir kalau ternyata hewan kesayanganmu sedang sakit atau mengalami gejala yang tidak biasa. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi: 

Daily Journal. Diakses pada 2021. 5 interesting facts about sparrows.

India TV News. Diakses pada 2021. World Sparrow Day: 10 interesting facts about one of our oldest feathered companions.

Rimbakita. Diakses pada 2021. Burung Pipit – Taksonomi, Morfologi, Habitat, Makanan, Jenis & Fakta Unik Emprit.

De León, L. F., Podos, J., Gardezi, T., Herrel, A., & Hendry, A. P. 2014. Diakses pada 2021. Darwin’s finches and their diet niches: the sympatric coexistence of imperfect generalists. Journal of evolutionary biology, 27(6), 1093-1104.

Animal Network. Diakses pada 2021. Finch.

VCA Hospital. Diakses pada 2021. Feeding Finches.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan