Berapakah Total Kandungan Protein dalam Satu Buah Pisang?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Desember 2022

“Protein pisang berkisar 1.6 gram per 128 gram buah. Salah satu manfaatnya yakni membantu menjaga rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga dapat mencegah makan berlebihan.”

Berapakah Total Kandungan Protein dalam Satu Buah Pisang?Berapakah Total Kandungan Protein dalam Satu Buah Pisang?

Halodoc, Jakarta – Pisang mengandung berbagai macam nutrisi baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah protein. Asupannya berkisar 1.6 gram per 128 gram buah.

Protein pisang dapat membantu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini bisa mencegah seseorang makan dalam jumlah berlebihan. Cocok dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalani diet untuk menurunkan bobot tubuh.

Tak hanya protein pisang, buah ini juga memiliki asupan lain yang tentunya menyehatkan. Di antaranya serat, karbohidrat, vitamin C, magnesium, folat, riboflavin dan kalium.

Kandungan Dalam Buah Pisang dan Manfaatnya

Tak hanya protein, dalam 126 gram pisang mengandung padat nutrisi. Di antaranya:

  • Kalori sebanyak 112 kilo kalori.
  • Karbohidrat sebanyak 29 gram.
  • Serat sebanyak 3 gram.
  • Vitamin C sebanyak 12 persen dari rekomendasi harian (RDI).
  • Riboflavin sebanyak 7 persen dari RDI.
  • Folat sebanyak 6 persen dari RDI.
  • Niacin sebanyak 5 persen dari RDI.
  • Tembaga sebanyak 11 persen dari RDI.
  • Kalium sebanyak 10 persen dari RDI.
  • Magnesium sebanyak 8 persen dari RDI.

Adapun manfaat dari nutrisi yang disebutkan di atas, yakni:

1. Sebagai Sumber Energi

Pisang mengandung karbohidrat yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Asupan tersebut akan dipecah dan diolah menjadi glikogen. Ini adalah bentuk glukosa yang disimpan di otot dan hati sebagai energi tubuh saat beraktivitas.

2. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kesehatan pembuluh darah di dalam tubuh dapat terjaga dengan baik berkat kandungan kalium di dalam pisang. Nutrisi ini berperan dalam mengangkut oksigen ke otak, menstabilkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah Rusaknya Sel dan Jaringan Tubuh

Antioksidan yang terkandung di dalam pisang efektif mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat paparan radikal bebas. Dengan begitu, potensi penyakit kronis seperti kanker bisa menurun.

4. Mengurangi Mual saat Hamil

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat menurunkan frekuensi mual dan muntah saat hamil. Di dalamnya juga terdapat kalium yang bisa menggantikan elektrolit yang hilang akibat muntah.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Pisang adalah sumber prebiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaaan. Asupan tersebut efektif mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan efek samping obat antibiotik.

Selain itu, pisang mengandung serat yang dapat meningkatkan kesehatan usus. Asupan tersebut dapat melunakkan tekstur tinja, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan

Itulah manfaat protein pisang dan kandungan lain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Di balik manfaat yang diberikan, bengkoang berpotensi menimbulkan reaksi alergi jika digunakan oleh pengidap alergi. 

Gejala reaksi alergi dapat berupa kemerahan, rasa gatal dan sensasi terbakar di area kulit. Segera hentikan pemakaian dan segera buat janji medis jika mengalami kondisi tersebut. 

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

janji medis artikel tes covid, atau mengenai pemeriksaan diagnosis

Referensi:
Fat Secret. Diakses pada 2022. Protein dalam Pisang.
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas.
WebMD. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Bananas.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan