Berapa Lama Masa Menstruasi pada Anjing Betina?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   01 Maret 2021
Berapa Lama Masa Menstruasi pada Anjing Betina?Berapa Lama Masa Menstruasi pada Anjing Betina?

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa anjing betina pun melalui siklus reproduksi? Kondisi ini dikenal juga sebagai heat cycle atau siklus estrus. Saat berada dalam masa ini, anjing betina bisa melakukan proses berkembang biak dengan anjing jantan.

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

Saat berada dalam masa heat cycle, anjing betina akan melalui beberapa fase. Salah satunya adalah estrus. Dalam kondisi ini, biasanya hormon estrogen dapat meningkat dan menurun dengan tajam. Setelah itu, sel telur matang dilepaskan dari ovarium. Lalu, berapa lama masa menstruasi yang dilalui oleh anjing betina? Simak ulasannya dalam artikel ini!

Masa Heat Cycle Anjing Betina

Merawat anjing bukan saja bagaimana kamu menyediakan makanan yang cukup dan lokasi yang nyaman saja. Saat memutuskan untuk memelihara anjing banyak hal yang perlu kamu ketahui mengenai kondisi hewan peliharaan. Salah satunya adalah memastikan anjing selalu mendapatkan pemeriksaan rutin di klinik hewan. 

Apalagi jika kamu memelihara anjing berjenis kelamin betina. Meskipun tidak sama dengan manusia, nyatanya anjing betina juga akan melalui siklus reproduksi atau yang dikenal sebagai heat cycle.

Agar kamu lebih mengerti mengenai kondisi kesehatan anjing betina kesayangan kamu, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai heat cycle dan temukan informasi mengenai lama “menstruasi” yang akan dialami oleh anjing betina!

Selama melalui heat cycle, anjing betina akan melalui 4 tahapan. Berikut ini adalah tahapan heat cycle pada anjing betina:

1.Proestrus

Tahapan ini adalah awal di mana anjing betina mulai mengeluarkan darah dari vagina atau yang disebut menstruasi. Namun, pada beberapa anjing, kondisi menstruasi dapat muncul dalam fase ini atau bahkan pada saat estrus. 

Masa proestrus umumnya akan dilalui selama 9 hari. Biasanya, saat anjing betina memasuki masa ini ada beberapa tanda yang menyertai. Mulai dari pembengkakan vulva, hingga munculnya bercak noda darah. 

Namun, jangan khawatir, banyak anjing betina yang akan membersihkan dirinya sendiri sebelum noda darah mengotori lingkungan rumah. Saat inilah, anjing betina akan terlihat menarik bagi anjing jantan. Biasanya, anjing betina akan banyak menolak dan menjadi lebih agresif saat ada anjing jantan yang mendekat.

Baca juga: Penyakit yang Dapat Dialami Anjing Setelah Melahirkan

2.Estrus

Nah, pada fase ini anjing memasuki masa kawin atau yang disebut dengan heat. Biasanya, bercak darah akan berkurang dan berubah menjadi kekuningan. Namun, pada beberapa anjing, dalam fase estrus darah akan masih terus muncul dan terus berkurang hingga akhir fase. Fase estrus akan berlangsung paling cepat 3 hari dan paling lama 21 hari. Namun, umumnya berlangsung selama 9 hari.

Pada masa ini, anjing betina masih menarik bagi anjing jantan dan akan menerima ajakan kawin sang jantan. Ovulasi dapat terjadi selama 2–3 hari setelah proses kawin.

Ada beberapa tanda yang akan dialami anjing betina terkait dengan masa estrus. Anjing betina akan mengalami perubahan perilaku, lebih sering melakukan buang air kecil, dan anjing akan lebih sering melakukan interaksi seksual dengan anjing jantan.

3.Diestrus

Tahap ini akan dilalui sebagai masa istirahat atau kehamilan bagi anjing betina. Jika anjing melalui masa kehamilan, maka kamu perlu melakukan pemeriksaan pada dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatan anjing. Namun, jika anjing tidak hamil, maka masa ini akan menjadi masa istirahat bagi anjing betina.

Kondisi istirahat akan ditandai dengan kondisi vulva yang kembali normal dan bercak darah maupun keputihan benar-benar akan hilang.

4.Anestrus

Jika anjing tidak hamil dan melalui masa istirahat, maka ada tahap anestrus. Fase ini merupakan fase perbaikan rahim. Tidak akan ada perilaku seksual maupun perubahan hormonal pada anjing betina. Kondisi ini akan berlangsung selama 90–150 hari sampai akhirnya kembali memasuki tahap heat cycle yang baru.

Baca juga: Manfaat Sterilisasi Anjing yang Perlu Dipahami

Tiap jenis anjing akan memiliki waktu yang berbeda untuk mengalami heat cycle pertamanya. Namun, umumnya anjing ukuran kecil akan mengalami heat cycle pertamanya saat berusia 6 bulan. Sedangkan anjing ukuran besar, bisa mengalami heat cycle pertamanya saat memasuki usia 2 tahun.

Untuk merawat anjing betina saat melalui heat cycle atau masa estrus mereka, sebaiknya siapkan diaper yang memang dikhususkan untuk anjing. Dengan begitu, anjing akan merasa lebih nyaman melalui heat cycle mereka.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Do Dogs Have Periods?
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How Long Does a Dog’s Heat Cycle Last?
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. How to Tell If Your Dog’s In Heat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan