Berapa Jumlah Kalori pada Seporsi Salad Buah?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 November 2022

“Salad buah merupakan jenis makanan sehat karena terdiri dari beberapa jenis buah. Kalori salad buah tergantung pada pilihan buah dan dressing yang dicampur.”

Berapa Jumlah Kalori pada Seporsi Salad Buah?Berapa Jumlah Kalori pada Seporsi Salad Buah?

Halodoc, Jakarta – Sudah banyak yang mengetahui bahwa buah-buahan segar merupakan makanan sehat, yang mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Banyak cara untuk mengonsumsi buah-buahan, salah satunya dengan menjadikannya salad buah.

Salad buah merupakan jenis camilan sehat yang mengombinasikan beberapa jenis buah dan bahan makanan sehat lainnya dalam satu mangkuk. Jumlah kalori salad buah tergantung pada jenis buah apa yang dipilih, seberapa besar porsi, dan dressing yang dipilih. 

Baca Juga: Resep Salad Buah Kekinian dan Cara Membuatnya

Jumlah Kalori Salad Buah

Pada dasarnya, jumlah kalori salad buah tergantung apa saja buah yang dipilih. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, jumlah kalori setiap buah per 128 gram adalah sebagai berikut:

  • Semangka: 46 kalori.
  • Stroberi: 53 kalori.
  • Bluberi: 84 kalori.
  • Apel: 57 kalori.
  • Pisang: 134 kalori.
  • Jeruk: 81 kalori.
  • Ceri: 87 kalori.

Itu baru kalori yang berasal dari pilihan buah. Seperti yang sudah tertera, salad buah belum lengkap jika tanpa dressing. Sebaiknya gunakan dressing yang lebih rendah kalori supaya jumlah kalori salad buah tidak terlalu tinggi. Beberapa pilihan dressing yang rendah kalori yaitu:

  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis: 4 kalori.
  • 1 sendok makan jus apel dan raspberry: 7 kalori.
  • 1 sendok makan jus jeruk: 7 kalori.
  • 1 sendok makan jus nanas: 9 kalori.
  • 2 sendok makan krim non-dairy: 15 kalori.
  • 2 sendok makan yoghurt plain tanpa lemak: 19 kalori:
  • 2 sendok makan yoghurt dengan rasa tanpa lemak: 30 kalori

Artinya, secangkir salad buah segar dengan beberapa jenis buah yang dicampur menjadi satu mengandung rata-rata sekitar 77 kalori. Dengan begitu, salah satu buah memang cocok dijadikan menu diet.

Perlu diketahui, buah-buahan segar memiliki tingkat kepadatan energi yang rendah. Namun, mereka memiliki jumlah vitamin, mineral, dan serat yang tinggi setiap porsinya, meskipun kalorinya rendah. 

Secara umum, semakin banyak serat yang terkandung dalam makanan tertentu, maka semakin mengenyangkan. Makanan dengan banyak serat membutuhkan waktu untuk dikunyah dan ditelan agar terurai lebih lambat di dalam tubuh, sehingga mencegah rasa lapar.

Cara Mudah Membuat Salad Buah

Sebenarnya resep salad buah tergantung selera setiap orang. Namun, yang penting untuk diingat adalah memastikan pilihan buah dan campurannya tetap sehat, dengan tidak menambahkan pemanis tambahan.

Berikut ini cara mudah membuat salad buah:

Siapkan bahan-bahan untuk salad buah, yaitu:

1 cangkir stroberi

1 cangkir raspberry

1 cangkir anggur

1 cangkir apel potong dadu

1 cangkir irisan pisang (atau buah apapun yang kamu suka)

½ cangkir yoghurt (sesuai selera)

½ cangkir jus apel (sesuai selera)

Setelah semua bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya:

  • Tempatkan semua buah yang sudah disiapkan dalam mangkuk.
  • Masukan yoghurt atau jus lemon (atau keduanya).
  • Siap disajikan.

Salad buah yang segar sebaiknya dikonsumsi paling lama 4 jam setelah disajikan. Namun, jika ingin mempertahankan kesegarannya lebih lama, maka potongan-potongan di wadah tertutup dan masukkan ke lemari es. Kamu bisa menambahkan saus atau dressing tepat sebelum memakannya.

Buah-buah yang sudah dipotong dapat kamu simpan pada lemari es selama 3 hingga 4 hari. Tapi jika kamu melihat buah-buahan mulai melunak, sebaiknya ubah buah-buahan tersebut menjadi smoothie.

Itulah yang perlu diketahui tentang kalori salad buah. Jika kamu memiliki masalah kesehatan terkait gizi dan nutrisi, sebaiknya segera temui dokter di fasilitas kesehatan. Kamu juga bisa membuat janji medis dengan dokter di fasilitas kesehatan pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Menu Salad yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Downshiftology. Diakses pada 2022. CLASSIC FRUIT SALAD
Healthfully. Diakses pada 2022. Fresh Fruit Salad Nutrition
All Recipes. Diakses pada 2022. Perfect Summer Fruit Salad

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan