Benarkah Sari Kacang Hijau Bisa Mencegah Diabetes?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Agustus 2021
Benarkah Sari Kacang Hijau Bisa Mencegah Diabetes?Benarkah Sari Kacang Hijau Bisa Mencegah Diabetes?

“Kacang hijau adalah salah satu makanan yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat kacang hijau adalah mampu cegah diabetes, terutama pada seseorang yang memiliki risiko tinggi. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi jenis kacang ini secara rutin setiap harinya agar tubuh tetap sehat.”

Halodoc, Jakarta – Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat terjadi seumur hidup. Maka dari itu, penting untuk melakukan segala cara agar dapat mencegah diabetes sebelum terjadi. Salah satu cara yang yang dikabarkan ampuh untuk mencegah diabetes adalah mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sari kacang hijau. Namun, benarkah cara ini benar-benar mampu mencegah diabetes? Ketahui jawabannya di sini!

Manfaat Sari Kacang Hijau untuk Cegah Diabetes

Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi seimbang dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain sehat, rasa kacang hijau saat diolah menjadi bubur juga sangat enak dan kamu tidak perlu takut untuk mengonsumsinya secara rutin. Disebutkan juga sari kacang hijau sangat baik untuk mencegah banyak penyakit, salah satunya diabetes.

Baca juga: Ini Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Bagaimana cara kacang hijau dapat cegah diabetes? Kacang hijau mampu menurunkan kadar gula darah yang merupakan penyebab utama dari diabetes. Bukan hanya diabetes, gula darah yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan banyak penyakit kronis lainnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah tetap diambang aman.

Kacang hijau dapat mencegah diabetes karena beberapa sifatnya yang membantu untuk menjaga kadar gula darah tetap rendah. Hal ini karena kandungan di dalamnya yang kaya serat dan protein, sehingga mampu untuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Disebutkan juga kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin di dalamnya dapat membantu insulin untuk bekerja lebih efektif.

Diketahui juga jika kacang hijau dapat mencegah diabetes dengan menurunkan berat badan, lho!

Sari kacang hijau kaya kandungan serat dan protein yang membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Seperti yang diketahui, obesitas dan diabetes saling berkaitan satu sama lain. Dengan mengonsumsi kacang hijau, kamu bisa menekan hormon rasa lapar melalui kandungannya yang kaya serat dan protein.

Baca juga: 9 Manfaat Kacang Hijau yang Luar Biasa

Bahkan, beberapa penelitian menyebut jika serat dan protein dapat mendorong pelepasan hormon yang dapat membuat kamu merasa kenyang, seperti peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin. Dengan membatasi nafsu makan, tentu asupan kalori yang berlebih dapat dihilangkan, sehingga berat badan menurun dan angka ideal yang diinginkan dapat tercapai.

Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi kacang hijau sebagai cara cegah diabetes karena kandungannya yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Selain menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kadar gula darah, makanan ini juga mampu melindungi tubuh dari serangan panas dan menjaga kesehatan pencernaan. Cobalah mempertimbangkannya untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin setiap hari.

Baca juga: Cicip Bubur Kacang Hijau, Ini Manfaatnya

Kamu juga dapat bertanya langsung pada dokter dari Halodoc terkait manfaat lainnya dari kacang hijau guna cegah diabetes dan segala penyakit kronis lainnya. Dengan mendapatkan langsung jawaban dari ahli medis, kamu tidak perlu ragu lagi untuk melakukannya. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans.
Food to Live. Diakses pada 2021. What Are Mung Beans: Benefits, Nutrition Facts, and Recipes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan