Benarkah Makan Tahu Tempe Bisa Memicu Asam Urat Kambuh?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2023

"Pengidap penyakit asam urat perlu menghindari atau membatasi makanan yang mengandung purin tinggi, seperti tahu dan tempe. Pasalnya, makanan tinggi purin justru dapat memicu kekambuhan penyakit tersebut.”

Benarkah Makan Tahu Tempe Bisa Memicu Asam Urat Kambuh?Benarkah Makan Tahu Tempe Bisa Memicu Asam Urat Kambuh?

Halodoc, Jakarta – Orang yang mengalami gangguan asam urat sebaiknya menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Hindari mengonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan tempe. 

Pasalnya, kandungan purin dalam tahu dan tempe dapat memicu kekambuhan asam urat pada sendi.

Mau tahu bagaimana mekanisme tahu dan tempe dapat memicu kambuhnya asam urat? Ini penjelasannya!

Tahu Tempe Menyebabkan Asam Urat Kambuh

Tahu dan tempe merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan asam urat kambuh karena tingkat purin yang ada di dalamnya cukup tinggi. Tahu dan tempe mengandung purin karena proses fermentasi yang terjadi saat pembuatannya. 

Proses fermentasi ini menghasilkan purin sebagai produk sampingan. Kedua makanan ini juga mengandung protein yang tinggi. Sementara protein mengandung purin dalam struktur kimianya.

Kebanyakan ahli menyatakan jika makanan yang terbuat dari kedelai tersebut masih aman bila dikonsumsi dalam tahap wajar bagi pengidap. Tidak semua pengidap asam urat dapat mengalami kekambuhan setelah mengonsumsi tahu dan tempe. 

Sebab, dalam tahu dan tempe terdapat kandungan yang dapat meningkatkan ekskresi pada asam urat. Sehingga tahu dan tempe tidak selalu berperan dalam meningkatkan risiko kekambuhan penyakit tersebut. 

Makanan mengandung purin lainnya, seperti kerang dan daging, dapat menyebabkan peningkatan pada kadar asam urat di tubuh. 

Namun, ketika mengonsumsi tahu dan tempe, terjadi efek yang berbeda. Makanan tersebut mempunyai risiko yang lebih kecil untuk menyebabkan kristal natrium yang terbentuk di sendi. 

Mau tau pilihan obat yang dapat dikonsumsi saat asam urat kamu sedang kambuh? Ini rekomendasinya:

Selain Tahu Tempe, Ini Makanan Lain yang Perlu Dihindari

Selain tahu dan tempe, masih banyak jenis makanan lainnya yang dapat menyebabkan kekambuhan pada asam urat. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan ini supaya tidak terjadi kekambuhan. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari:

1. Daging merah

Daging merah, baik itu kambing atau sapi, dapat menyebabkan asam urat kambuh. Makanan ini mengandung purin yang tinggi, sehingga sangat dilarang untuk pengidap asam urat. Sebaiknya ganti nutrisi yang ada pada daging merah dengan daging ayam atau daging ikan. 

2. Makanan laut atau seafood

Kamu juga sebaiknya menghindari makanan laut atau seafood, karena didalamnya terkandung purin yang sangat tinggi. 

Seafood yang sebaiknya dihindari yaitu udang, kepiting, lobster, kerang, hingga sarden. Kamu masih diperbolehkan untuk mengonsumsi salmon walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit.

3. Jeroan

Hati, ginjal, otak, dan jantung hewan memiliki kandungan purin yang tinggi dan sebaiknya dihindari.

Butuh rekomendasi pola makan sehat? Simak panduannya di artikel Penting Dicatat, Ini 5 Tips Terapkan Pola Makan Sehat.

4. Minuman beralkohol

Alkohol memang memiliki banyak dampak buruk jika terlalu sering dikonsumsi. Namun jika kamu mengidap asam urat, efek negatifnya mungkin dapat terasa tidak lama setelah mengonsumsinya. Untuk itu, batasi atau hindari konsumsi alkohol. 

5. Minuman manis

Minuman yang mengandung gula tambahan, seperti minuman ringan dan jus buah manis, dapat meningkatkan risiko asam urat. Sebaiknya pilih minuman yang rendah gula atau lebih baik lagi, air putih.

Dapatkan obat-obatan di atas melalui Toko Kesehatan Halodoc dengan praktis dan cepat. 100% produknya asli karena dikirim dari apotek tepercaya. 

6. Makanan olahan

Makanan olahan seperti daging asap, makanan instan, makanan siap saji, dan camilan yang digoreng cenderung mengandung bahan tambahan dan purin tinggi. Hindari konsumsi makanan ini sebisa mungkin.

Itulah informasi mengenai bagaimana makan tahu tempe bisa memicu penyakit asam urat. Jika kamu mengalami gejala kekambuhan setelah mengonsumsi tahu dan tempe, ada baiknya kamu segera tanyakan ke dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc.

Referensi:
Healingplantfoods.com. Diakses pada 2024. Tempeh: A Healthy But High-Purine Food.
Straits Times. Diakses pada 2024. Gout patients can eat soy products, local study finds.
US News Health. Diakses pada 2024. Food and Drink to Avoid – or at Least Limit – With Gout.Medial News Today. Diakses pada 2023. What to avoid and eat with gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan