Benarkah Ayam Probiotik Lebih Sehat? Cek Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Juni 2023

“Ayam probiotik adalah ayam broiler biasa yang diberi pakan bakteri Lactobacillus. Dengan tambahan bakteri baik, para ahli menganggap kinerja pencernaan ayam jadi lebih baik sehingga nilai gizinya pun jadi lebih baik.”

Benarkah Ayam Probiotik Lebih Sehat? Cek FaktanyaBenarkah Ayam Probiotik Lebih Sehat? Cek Faktanya

Halodoc, Jakarta – Ayam merupakan jenis unggas yang sangat populer sebagai bahan pangan sehari-hari. Dengan beragam manfaat kesehatan, ayam tidak hanya menjadi sumber protein dan energi. Ia juga bisa membantu pembentukan otot, menjaga kesehatan jantung, dan memperkuat tulang. Jadi tidak heran kalau ayam menjadi pilihan menu sehat banyak orang.

Tapi, memilih ayam tidak bisa sembarangan. Ayam dengan jenis atau perawatan tertentu bisa membuat kualitasnya lebih baik sehingga lebih sehat untuk kamu konsumsi. Salah satunya adalah ayam probiotik. 

Bagi sebagian orang, kata probiotik ini sudah tidak asing karena sering kamu gunakan untuk menjaga kesehatan. Nyatanya ayam juga bisa mendapat manfaat dari pemberian probiotik. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak jawabannya berikut ini!

Apakah Probiotik Bermanfaat bagi Kesehatan Ayam?

Probiotik merupakan bakteri baik yang secara alami berada di dalam tubuh untuk melawan bakteri jahat. Selain di dalam sistem pencernaan manusia, bakteri baik ini juga terkandung dalam jenis makanan tertentu seperti makanan terfermentasi. Selain itu, probiotik juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. 

Probiotik juga sama bermanfaatnya untuk kesehatan pencernaan unggas. Hewan seperti ayam dan bebek bisa mengonsumsi probiotik dalam makanannya sejak mereka menetas. Dengan ini, jumlah bakteri baik di dalam pencernaan mereka bisa bertambah dan kesehatannya bisa terjaga. 

Tidak hanya itu, berikut ini manfaat pemberian probiotik lainnya yang sudah terbukti dari penelitian: 

  • Membantu penyerapan nutrisi pada ayam sehingga mereka bisa mendapatkan nutrisi maksimal dari jumlah makanan yang tidak terlalu banyak.
  • Mengurangi bau feses ayam sehingga tidak menarik banyak lalat di area kandang.
  • Membantu proses pengomposan karena feses lebih mudah terurai.
  • Mencegah pertumbuhan patogen dan bakteri jahat di dinding pencernaan.
  • Mendorong pertumbuhan dan perkembangbiakkan ayam.
  • Meningkatkan sistem imun sehingga berat badan ayam normal.

Mau tahu makanan yang banyak mengandung probiotik? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Makanan Probiotik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Apakah Ada Perbedaan Ketika Mengonsumsi Ayam Probiotik?

Dalam segi rasa, ayam probiotik tidak akan memiliki perbedaan ketika kamu konsumsi. Namun, ada beberapa aspek lainnya yang bisa terpengaruh, seperti:

1. Memperkecil risiko salmonella

Penelitian menyatakan bahwa dengan adanya bakteri baik yang aktif di dalam tubuh, jumlah bakteri jahat bisa berkurang, salah satunya adalah salmonella.

Ini merupakan bakteri yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Ayam probiotik akan memiliki risiko lebih kecil untuk terkena salmonella dan menularkannya pada manusia. 

2. Kualitas telur lebih baik

Induk ayam yang diberikan probiotik akan hidup dengan lebih sehat. Karena itu, ia juga akan menetaskan telur yang secara ukuran lebih besar, memiliki cangkang lebih kuat, serta kualitas yang lebih baik. Jenis telur ini tentunya akan lebih sesuai sebagai menu sehat untuk kamu konsumsi sehari-hari.

3. Mengurangi risiko penyakit

Penyakit yang bisa tertular pada manusia tidak hanya berasal dari dalam tubuh ayam saja, tetapi juga dari lingkungannya. Ayam yang tinggal di kandung penuh lalat atau hewan sakit lebih berpotensi menularkan berbagai jenis penyakit pada manusia.

Jika kandang lebih bersih dan ayam lebih sehat, orang yang mengonsumsinya juga tidak akan tertular infeksi bakteri tertentu dari ayam.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mencari tahu tentang Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Unggas.

Itulah serba-serbi ayam probiotik yang perlu kamu ketahui. Untuk menunjang kesehatan tubuh selain dari makanan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen probiotik. 

Jangan ragu untuk langsung beli produk kesehatan melalui aplikasi Halodoc secara praktis. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Probiotics.
Poultry World. Diakses pada 2023. Poultry probiotic to prevent salmonella infection.
Backyard Poultry. Diakses pada 2023. Prebiotics and Probiotics for Chickens.
Nourish by WebMD Diakses pada 2023. Health Benefits of Chicken.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan