Begini Cara Mudah Mengecilkan Perut di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Februari 2022

“Sedang mencari cara mengecilkan perut dengan mudah? Sebenarnya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan. Mulai dari memperbanyak asupan serat dan protein, berjalan kaki, hingga kelola stres dengan baik.”

Begini Cara Mudah Mengecilkan Perut di RumahBegini Cara Mudah Mengecilkan Perut di Rumah

Halodoc, Jakarta – Banyak orang mencari cara mengecilkan perut karena tidak percaya diri dengan penampilan. Namun sebenarnya, masalah kesehatan di balik ini jauh lebih perlu diwaspadai.

Lemak perut disebut juga visceral fat. Ini merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi lainnya. Lantas, apa yang bisa dilakukan? Yuk, simak tipsnya!

Cara Mengecilkan Perut di Rumah dengan Mudah

Meskipun menghilangkan lemak di perut bisa jadi sulit, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut. Berikut cara mengecilkan perut yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah:

1. Makan Lebih Banyak Serat

Makan lebih banyak makanan berserat dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Misalnya roti gandum, oatmeal, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Jalan Kaki Setiap Hari

Jika kamu tidak memiliki rutinitas olahraga yang baik, berjalan kaki bisa jadi solusi. Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry pada 2014 menemukan bahwa wanita yang melakukan program jalan kaki selama 50-70 menit, 3 hari per minggu selama 12 minggu, secara signifikan memangkas lemak perut mereka.

Hal ini dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak banyak bergerak. Jadi, jika kamu malas olahraga, cobalah untuk setidaknya banyak berjalan setiap harinya. 

3. Coba Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan bisa jadi cara mengecilkan perut yang efektif. Sebab, latihan kekuatan membantu kamu membangun otot, yang akan menggantikan lemak tubuh. Karena otot aktif secara metabolik, kamu akan terus membakar kalori setelah berolahraga, sehingga mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan.

Sebagai permulaan, cobalah angkat beban setidaknya 2 hari per minggu. Misalnya dengan gerakan deadlift atau bench press, lalu tingkatkan repetisi latihan tersebut. 

4. Konsumsi Lemak Sehat

Tidak selamanya lemak itu buruk. Konsumsi lemak sehat justru bisa jadi cara mengecilkan perut, lho. Misalnya minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, ikan berlemak, dan telur.

5. Perbanyak Asupan Protein

Protein tidak hanya membantu kamu tetap kenyang, tetapi juga bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan otot saat melakukan latihan kekuatan. Protein membantu otot tumbuh lebih besar dan lebih kuat, mendorong keluar lemak tubuh dalam prosesnya. 

6. Perbaiki Kualitas Tidur

Tidur sangat penting dalam hal keberhasilan penurunan berat badan. Dalam hal ini, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Jika kamu kurang tidur, akan ada lebih banyak waktu untuk ngemil dan membuat keputusan yang tidak sehat yang dapat memengaruhi penurunan berat badan.

Meskipun akan bervariasi pada setiap orang tentang berapa banyak tidur yang sebenarnya dibutuhkan, durasi tidur ideal biasanya tujuh atau delapan jam setiap malamnya. 

7. Kurangi Konsumsi Alkohol

Mengurangi konsumsi minuman beralkohol juga merupakan cara mengecilkan perut yang efektif. Sebenarnya, semua minuman manis harus dibatasi, tetapi alkohol adalah yang paling utama harus dikurangi. Sebab, alkohol dapat mencegah penurunan berat badan dengan berbagai cara.

8. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat mengacaukan setiap bagian tubuh. Ini juga bisa menjadi hambatan saat kamu ingin menurunkan berat badan atau mengecilkan perut. Sebab, stres dapat memicu kamu makan lebih banyak. 

Jika kamu merasa stres saat makan, mundurlah sejenak dan pikirkan, apa yang menyebabkan stres, dan apa yang dapat dilakukan? Temukan cara untuk memperbaiki solusinya atau bicarakan dengan ahlinya daripada terus melampiaskan stres ke makanan.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut yang dapat dilakukan di rumah. Meski sepertinya mudah, perlu niat yang kuat dan kedisiplinan untuk membuat cara-cara tersebut berhasil. 

Jika kamu membutuhkan saran dari ahlinya, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter kapan saja.

Referensi:
The Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry. Diakses pada 2022. Effect of Walking Exercise On Abdominal Fat, Insulin Resistance And Serum Cytokines In Obese Women.
Healthline. Diakses pada 2022. 19 Effective Tips to Lose Belly Fat (Backed by Science).
Prevention. Diakses pada 2022. 12 Science-Backed Ways to Lose Belly Fat for Good, According to Weight Loss Experts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan