Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Agustus 2023

“Flek hitam di wajah merupakan efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan KB. Ada beberapa cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB, seperti menghindari paparan matahari dan menggunakan obat topikal.”

Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KBBegini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

Halodoc, Jakarta – Meskipun sangat bermanfaat untuk mengendalikan kehamilan, pil KB bisa menyebabkan efek samping yaitu flek hitam di wajah.

Namun, ibu tidak perlu khawatir karena ada cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB. 

Kontrasepsi oral, seperti pil KB, bisa menyebabkan hormon estrogen meningkat, yang akan menyebabkan produksi pigmen. Hal ini yang membuat flek hitam muncul di wajah atau disebut juga dengan melasma. 

Hal ini tentu akan mengganggu penampilan dan bisa membuat ibu tidak percaya diri. Cari tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB di sini! 

Hubungan Antara Pil KB dengan Flek Hitam di Wajah

Melasma adalah perubahan warna kulit wajah yang semakin gelap. Meskipun penyebab pastinya belum ada yang tahu, tapi hal itu berkaitan dengan berlebihnya produksi pigmen melanin.

Lapisan luar kulit kamu, epidermis, mengandung sel yang disebut melanosit. Sel-sel ini menyimpan dan memproduksi melanin. Semakin banyak melanin yang ada di kulit, semakin gelap kulit kamu.

Nah, paparan ultraviolet dari sinar matahari dan hormon dalam kontrasepsi tertentu bisa membuat melanosit bereaksi dengan memproduksi lebih banyak melanin. Inilah yang menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah.

Berbagai jenis kontrasepsi hormonal yang mengandung progesteron dan estrogen bisa menyebabkan flek hitam pada wajah atau melasma. Contohnya:

  • Kontrasepsi oral, seperti pil KB.
  • IUD.
  • Patch KB.

Melasma biasanya berkembang di area wajah, seperti dahi, hidung, bagian atas bibir dan pipi. Wanita yang berkulit sawo matang atau gelap lebih berisiko mengalaminya.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

Flek hitam pada wajah yang muncul akibat KB sebenarnya bisa menghilang dengan sendirinya segera setelah kamu menghentikan penggunaan kontrasepsi hormonal tersebut.

Namun, bila tidak mungkin menghentikannya, coba bicarakan pada dokter untuk mengganti metode kontrasepsi yang lain.

Selain itu, menjaga kulit dari paparan sinar matahari juga bisa menjadi cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB.

Dokter juga bisa merekomendasikan kombinasi pengobatan yang meliputi obat topikal resep dan krim pencerah wajah. 

Nah, berikut beberaoa cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB:

1. Melindungi wajah dari matahari

Karena paparan sinar matahari bisa memperburuk dan memicu munculnya flek hitam pada wajah, sebaiknya hindari paparan radiasi inframerah dan UV.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melindungi wajah dari sinar matahari:

  • Oleskan tabir surya ke wajah dan leher setiap hari.
  • Kenakan topi dan kacamata hitam saat pergi ke luar rumah.
  • Cobalah untuk tetap berada di tempat teduh saat kamu berada di luar pada hari yang cerah.
  • Pilih pakaian yang tipis dan longgar yang melindungi bahu dan dada kamu saat berada di luar pada hari yang cerah.

2. Obat topikal

Ada beberapa krim pencerah kulit yang bisa dokter rekomendasikan untuk mengatasi melasma, antara lain:

  • Hydroquinone, ini adalah krim pencerah yang paling sering digunakan untuk mengatasi melasma.
  • Tretinoin yang dicampur dengan kortikosteroid. Tretinoin adalah retinoid yang berasal dari vitamin A yang bermanfaat untuk membantu mengurangi flek hitam. Sedangkan kortikosteroid bisa mengurangi peradangan.
  • Krim kombinasi hydroquinone, tretinoin dan kortikosteroid juga adalah salah satu perawatan paling efektif untuk melasma.

Beberapa penelitian kecil juga menunjukkan bahwa produk perawatan kulit bebas dengan bahan-bahan tertentu berikut cukup efektif untuk mengurangi flek hitam pada wajah:

  • Ascorbic acid (Vitamin C).
  • Asam alfa hidroksi.
  • Azelaic acid.
  • Asam glikolat.
  • Ekstrak licorice.
  • Niacinamide.

Kamu juga bisa cek kandungan skincare lainnya di Ini Rekomendasi Skincare Untuk Hilangkan Flek Hitam.

3. Perawatan klinik

Bila cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB di atas tidak efektif, dokter kulit mungkin akan menawarkan perawatan medis seperti:

  • Mikrodermabrasi. Perawatan ini menggunakan aplikator khusus untuk mengelupas epidermis dengan lembut. Hal ini akan meremajakan kulit dan bisa mengurangi flek hitam pada wajah.
  • Chemical peeling. Perawatan ini memanfaatkan asam untuk mengelupas kulit, dari lapisan terluar hingga lapisan tengah. Tergantung pada tingkat keparahan melasma kamu, dokter mungkin akan melakukan peeling ringan, sedang, atau dalam.
  • Laser skin resurfacing. Seperti mikrodermabrasi dan chemical peeling, laser dapat menghilangkan lapisan terluar kulit. Ini juga merangsang kolagen dan pertumbuhan kulit di bawah lapisan epidermis.

Daripada mengobati, lebih baik cari tahu Cara Ampuh Mencegah Flek Hitam di Wajah.

Itulah cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB. Bila kamu ingin bertanya mengenai masalah kulit yang kamu alami, kamu bisa hubungi dokter kulit di Halodoc yang siap memberikan saran dan penanganan yang tepat.✔️

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Can Certain Birth Control Medications Cause Melasma?
Verywell Health. Diakses pada 2023. Can Birth Control Cause Melasma?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan