Begini Cara Membersihkan Belek Mata pada Anak Kucing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 September 2021
Begini Cara Membersihkan Belek Mata pada Anak KucingBegini Cara Membersihkan Belek Mata pada Anak Kucing

Kamu bisa membersihkan belek mata pada anak kucing dengan cara membasahi bola kapas kemudian dengan perlahan membersihkan area mata yang kotor tersebut. Hindari menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas pada kucing kecuali dokter hewan secara khusus menginstruksikan kamu untuk melakukannya. Pastikan tanganmu bersih demikian juga peralatan yang digunakan.”

Halodoc, Jakarta –  Mata kucing yang sehat biasanya terlihat jernih dan cerah. Seperti halnya pada manusia, belek mata adalah kondisi yang wajar. Namun, belek mata bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan bila produksinya terlalu banyak.

Masalah mata pada kucing bisa ditandai dengan kucing yang selalu menggosok-gosok matanya, menyipitkan mata, atau berkedip berlebihan. Belek mata pada anak kucing bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah pada peliharaan. Yuk, simak di sini bagaimana cara membersihkan belek mata pada anak kucing!

Menyiapkan Perlengkapan dan Memastikannya Bersih

Tadi sudah disebutkan sebelumnya kalau belek mata pada anak kucing adalah sesuatu yang normal. Belek mata yang normal biasanya berwarna putih jernih, atau hijau kekuningan. Kamu bisa membersihkan belek mata pada anak kucing dengan cara membasahi bola kapas kemudian dengan perlahan membersihkan area mata yang kotor tersebut. 

Baca juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Hindari menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas pada kucing kecuali dokter hewan secara khusus menginstruksikan kamu untuk melakukannya.

Berikut adalah tahapan yang bisa kamu ikuti saat hendak membersihkan belek mata pada anak kucing:

1. Mintalah seseorang untuk memegang kucingmu saat kamu hendak membersihkan matanya. 

2. Meskipun tidak ada waktu yang ideal untuk membersihkan mata si kucing, cobalah untuk membersihkan mata peliharaanmu saat mereka sedang tidak bermain. 

3. Pastikan tanganmu bersih demikian juga peralatan yang kamu gunakan. Siapkan air yang sudah disterilkan, handuk bersih atau bola kapas. Gunakan bola kapas yang baru untuk masing-masing mata supaya tidak menyebarkan kotoran dan kuman dari satu mata ke mata lainnya.

4. Mulailah membersihkan dari sudut dalam mata kucing ke luar mata supaya menghilangkan belek mata dengan lebih efektif.

Jika kamu merasa saran ini kurang membantu, kamu bisa mengontak dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi cara aman lainnya membersihkan belek mata pada anak kucing. 

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina?

Belek Mata Menjadi Tanda Gangguan Kesehatan

Pada beberapa kondisi tertentu, belek mata pada anak kucing bisa menjadi tanda gangguan kesehatan tertentu. Untuk itu, perhatikan dengan baik tanda-tanda lainnya juga. Berikut ini adalah tanda-tandanya, yaitu: 

1. Keluarnya cairan dari mata berlangsung lebih dari beberapa hari.

2. Jumlah cairan mata meningkat.

3. Warna atau konsistensi kotoran atau belek mata berubah menjadi tidak biasanya.

4.Mata menjadi bengkak, keruh, atau tidak dapat dibuka.

5. Keluarnya cairan dari mata disertai dengan tanda penyakit lain seperti bersin, keluarnya cairan dari hidung, nafsu makan menurun, dan kelesuan.

Dalam kasus infeksi dan peradangan ringan, pengobatannya mungkin sesederhana menggunakan salep antibiotik yang dimasukkan ke dalam mata atau antibiotik oral. Pada kasus yang lebih serius, intervensi bedah mungkin diperlukan.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Jika mata kucing bengkak dan nyeri, kamu dapat menggunakan kompres hangat di atas mata, obat pereda nyeri, dan/atau obat mata yang melebarkan pupil. Penting untuk diingat, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk penanganan yang tepat.

Masalah pada mata dapat dengan cepat menyebabkan rasa sakit pada kucing dan kerusakan mata yang tidak dapat diperbaiki.

Itulah informasi tentang belek mata pada anak kucing. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata kucing dengan menjaga sistem kekebalannya tetap kuat. Sebagian besar masalah mata kucing terkait dengan virus herpes, dan sistem kekebalan yang kuat akan mencegah atau meminimalkan masalah. 

Selain itu, kunci untuk kesehatan mata kucing adalah mengenali kecenderungan genetik dan tekanan lingkungan sejak dini. Memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya juga dapat menghindari kucing peliharaan dari sakit mata. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Maddie’s Fund.org. Diakses pada 2021. Eye Discharge in Cats
Vetericyn Animal Wellness. Diakses pada 2021. How to Properly Clean Your Cat’s Eyes
Pets.WebMD. Diakses pada 2021. Eye Discharge in Cats

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan